24.8 C
Padang
Sabtu, Januari 16, 2021
Beritasumbar.com

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Rilis Website Sekolah Luar Biasa se-Sumatera Barat
D

Kategori -

PADANG (BeritaSumbar.com) – Sehubungan dengan diwajibkannya setiap sekolah memiliki website, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat meluncurkan website Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Sumatera Barat Barat pada Senin, 21 Desember 2020 dari pukul 09.00 –  12.00 WIB di Gedung 3 Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar.

Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh Kepala Baltekkomdik, Drs. Raymon, M.Pd yang juga selaku Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Luar Biasa beserta staf  dan MKKS SLB Sumatera Barat, digelar secara tatap muka dan virtual, dihadiri 30 orang Kepala SLB se-Sumatera Barat.

Raymon pada kata sambutannya di acara tersebut menyampaikan bahwa setiap SLB harus membuat website sekolah sebagai media komunikasi, informasi dan banyaknya manfaat lain dari website tersebut. Saat ini dari 152 SLB yang ada di Sumbar, sebanyak 43 SLB telah memiliki website sekolah, ia berharap seiring waktu berjalan akan diusahakan seluruh SLB Negeri dan Swasta memiliki website sekolah. Dengan adanya website sekolah masyarakat akan dapat mengetahui informasi lengkap tentang sekolahnya.

Sementara itu, Dr. Yuhefizar, M. Kom, Dosen Politeknik Negeri, salah seorang pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan, “Dalam website sekolah sebaiknya isi website tidak hanya konten dengan isi berita-berita saja, akan tetapi juga tentang segala proses yang dilakukan di sekolah, baik yang menyangkut peserta didik, tenaga pendidik, dan kependidikan, sarana prasarana dan lainya dalam jangkauan yang lebih luas lagi.”

“Website sekolah tersebut jangan sampai tidak aktif dan harus diperpanjang per tahunnya. Sebaiknya website sekolah dikelola dengan baik oleh operator khusus, sehingga website sekolah dapat di akses kapan saja, di mana saja. Operator juga dapat menjaga konten website dari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Yuhefizar.

Rini Yanty, S.Pd., Kepala SLB Autisma YPPA Padang saat ikut acara peluncuran website SLB se-Sumatera Barat oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat pada Senin 21 Desemner 2020 di Padang. (Dok. Istimewa)

Rini Yanty, S. Pd., Kepala SLB Autisma YPPA Padang, yang ikut jadi peserta pada acara tersebut mengatakan, “Menyimak apa yang disampaikan oleh Kepala Bidang PSPLB tersebut bahwa perlunya operator khusus untuk mengelola website sekolah, maka kami sebagai kepala sekolah berharap adanya kegiatan lanjutan dari launching website ini, salah satunya yaitu pelatihan operator bekelanjutan dan adanya semacam lomba website sekolah. Dengan demikian, makin ada motivasi dari sekolah untuk berkretivitas di website sekolah.”

“SLB Autisma YPPA  sudah memiliki website sekolah sejak 3 bulan yang lalu. Sekolah sudah merasakan manfaat website ini, salah satunya sekolah dikunjungi oleh wartawan dari Tribun Padang, sehubungan dengan artikel yang dibacanya. Wartawan tersebut melakukan wawancara dengan guru dan kepala sekolah, untuk mengekspos aktivitas sekolah kami,” kata Rini Yanty.

Rini Yanty juga mengatakan, “Dengan memiliki website sekolah, masyarakat yang ingin mencari informasi  tentang sekolah yang melayani Anak Berkebutuhan Khusus, khususnya melayani peserta didik autis, merekapun dapat membuka website sekolah kami.  Dalam mengelola website sekolah SLB Autisma YPPA juga sudah memiliki tenaga operator khusus, meski operator kami masih terus belajar. Harapan ke depannya Dinas Pendidkan segera mengadakan pelatihan operator secara berkelanjutan.”

(Rini Yanty)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.
- Advertisement -

Tokoh Masyarakat Latina Duduk Semeja Dengan Riza Falepi, Bahas Pembangunan Kedepan

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Camat David Bachri menjamu tokoh masyarakat Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) di salah satu rumah makan di Payakumbuh, Senin (11/1) siang.

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan

Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.

Dilaporkan LSM Ke Kejaksaan,PT.IMP,PT Trifillia Karya Bantah Tudingan Pelapor

Dilaporkan LSM ke Kejaksaan Tanah Datar,PT.Ikhwan Mega Power (IMP),PT.Trifillia Karya selaku pengembang dan pelaksana Proyek PLTMH Kalo Kalo Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo,bantah tudingan atas pelanggaran Undang-undang RI nomor 3 tahun 2020 tentang Minerba dan Perda Tanah Datar nomor 6 tahun 2011 tentang pajak Minerba serta merusak lingkungan hidup dan kerusakan jalan di Tanah Datar.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Napak Tilas Nagari Koto Gadang, Tanah Leluhur Boy Rafli Amar

Ketua Umum Gema Santri Nusa KH. Akhmad Khambali, SE, MM bersama elemen Santri, Aktivis, Jurnalis dan Tokoh Intelektual Sumatera Barat Melakukan Napak Tilas di Nagari Koto Gadang yg sdh byk Melahirkan Tokoh Nasional dan salah Satunya adalah Komjen Pol Dr.Drs.H. Boy Rafli Amar Dt Rangkayo Basa Kepala BNPT RI.

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -