25.2 C
Padang
Kamis, September 23, 2021
Beritasumbar.com

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Rilis Website Sekolah Luar Biasa se-Sumatera Barat
D

Kategori -

PADANG (BeritaSumbar.com) – Sehubungan dengan diwajibkannya setiap sekolah memiliki website, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat meluncurkan website Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Sumatera Barat Barat pada Senin, 21 Desember 2020 dari pukul 09.00 –  12.00 WIB di Gedung 3 Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar.

Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh Kepala Baltekkomdik, Drs. Raymon, M.Pd yang juga selaku Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Luar Biasa beserta staf  dan MKKS SLB Sumatera Barat, digelar secara tatap muka dan virtual, dihadiri 30 orang Kepala SLB se-Sumatera Barat.

Raymon pada kata sambutannya di acara tersebut menyampaikan bahwa setiap SLB harus membuat website sekolah sebagai media komunikasi, informasi dan banyaknya manfaat lain dari website tersebut. Saat ini dari 152 SLB yang ada di Sumbar, sebanyak 43 SLB telah memiliki website sekolah, ia berharap seiring waktu berjalan akan diusahakan seluruh SLB Negeri dan Swasta memiliki website sekolah. Dengan adanya website sekolah masyarakat akan dapat mengetahui informasi lengkap tentang sekolahnya.

Sementara itu, Dr. Yuhefizar, M. Kom, Dosen Politeknik Negeri, salah seorang pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan, “Dalam website sekolah sebaiknya isi website tidak hanya konten dengan isi berita-berita saja, akan tetapi juga tentang segala proses yang dilakukan di sekolah, baik yang menyangkut peserta didik, tenaga pendidik, dan kependidikan, sarana prasarana dan lainya dalam jangkauan yang lebih luas lagi.”

“Website sekolah tersebut jangan sampai tidak aktif dan harus diperpanjang per tahunnya. Sebaiknya website sekolah dikelola dengan baik oleh operator khusus, sehingga website sekolah dapat di akses kapan saja, di mana saja. Operator juga dapat menjaga konten website dari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Yuhefizar.

Rini Yanty, S.Pd., Kepala SLB Autisma YPPA Padang saat ikut acara peluncuran website SLB se-Sumatera Barat oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat pada Senin 21 Desemner 2020 di Padang. (Dok. Istimewa)

Rini Yanty, S. Pd., Kepala SLB Autisma YPPA Padang, yang ikut jadi peserta pada acara tersebut mengatakan, “Menyimak apa yang disampaikan oleh Kepala Bidang PSPLB tersebut bahwa perlunya operator khusus untuk mengelola website sekolah, maka kami sebagai kepala sekolah berharap adanya kegiatan lanjutan dari launching website ini, salah satunya yaitu pelatihan operator bekelanjutan dan adanya semacam lomba website sekolah. Dengan demikian, makin ada motivasi dari sekolah untuk berkretivitas di website sekolah.”

“SLB Autisma YPPA  sudah memiliki website sekolah sejak 3 bulan yang lalu. Sekolah sudah merasakan manfaat website ini, salah satunya sekolah dikunjungi oleh wartawan dari Tribun Padang, sehubungan dengan artikel yang dibacanya. Wartawan tersebut melakukan wawancara dengan guru dan kepala sekolah, untuk mengekspos aktivitas sekolah kami,” kata Rini Yanty.

Rini Yanty juga mengatakan, “Dengan memiliki website sekolah, masyarakat yang ingin mencari informasi  tentang sekolah yang melayani Anak Berkebutuhan Khusus, khususnya melayani peserta didik autis, merekapun dapat membuka website sekolah kami.  Dalam mengelola website sekolah SLB Autisma YPPA juga sudah memiliki tenaga operator khusus, meski operator kami masih terus belajar. Harapan ke depannya Dinas Pendidkan segera mengadakan pelatihan operator secara berkelanjutan.”

(Rini Yanty)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wakapolres Sijunjung Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Singgalang 2021

Sijunjung, Berita Sumbar--Waka Polres Sijunjung Kompol Syahrul Chan SH memimpin apel gelar pasukan operasi patuh singgalang 2021 di mapolres Sijunjung, Senin (20/9).
- Advertisement -

Pelatihan Bahasa Isyarat di MKS, Marfendi: Mungkin Pertama di Indonesia

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pelatihan bahasa isyarat dilaksanakan di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi diikuti berbagai kalangan, seperti dari pemerintahan kota, kepolisian dan perbankan. Wakil...

31 Orang Pengurus DWP Kankemenag Kota Padang Panjang Dikukuhkan

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga kukuhkan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Masa Bakti 2021 di Aula Kankemenag, Jum'at (17/09/2021).
- Advertisement -

Bupati Buka Acara Bimtek Pengelolaan Perpustakaan

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com,-Bupati Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, menghadiri dan membuka secara langsung Acara Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lima Puluh Kota, bertempat di aula pertemuan cahaya 2, hotel Sago bungsu, Lubuak Batingkok Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Selasa (21/9/2021).

Pelantikan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Padang Pariaman

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Padang Pariaman mengadakan pelantikan pengurus baru di Hall Saiyo Sakato, Senin, 20/09 atau 13 Shafar 1433...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lapas Padang dan Polresta Padang Sinergi Dalam Ungkap Jaringan Peredaran Narkoba

Padang,BeritaSumbar.com,-- Dalam rangka wujudkan komitmen Zero Narkoba, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang Era Wiharto lakukan sinergi bersama Sat Narkoba Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang mengungkap jaringan peredaran narkoba yang melibatkan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

LPPKI diterima Gubernur Sumatera Barat

Padang,BeritaSumbar.com,- Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN-LPPKI ) Azwar Siri.SH beserta unsur pengurus lainya diterima Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi Ansharullah di istana Gubernur Jalan Jendral Sudirman No 51 Padang, pada hari Rabu tanggal 14 September 2021.

Lapas Padang Terus Berbenah Antisipasi Gangguan Kamtib dan Penanggulangan Bencana

Padang,Beritasumbar.com,– Menindaklanjuti arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Reynhard Silitonga terkait peningkatan pengawasan dan pengamanan di Lapas dan Rutan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang

Komitmen Raih Zona Integritas, Kalapas Padang Tekankan Ini kepada Seluruh Petugas !!!

Padang,BeritaSumbar.com, - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang ikuti Monitoring dan Evaluasi Tugas dan Fungsi bersama Kepala Lapas (Kalapas) Era Wiharto di aula Lapas Kelas IIA Padang. Tampak hadir dalam kegiatan ini seluruh pejabat struktural eselon IV, eselon V, staf administrasi dan regu pengamanan.

Reido Deskumar Pimpin Gema Keadilan Sumatera Barat : Sumatera Barat Adalah Otaknya Indonesia

Padang,BeritaSumbar.com,- Gema Keadilan (GK) Sumatera Barat melaksanakan pelantikan Ketua dan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Periode 2021-2026. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual.

Dosen Unand Beri Pelatihan Teknik Relaksasi benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia

Dosen Universitas Andalas dari Fakultas Keperawatan, memberikan pelatihan tentang “Teknik Relaksasi Benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia” Kegiatan ini dilaksanakan di Panti jompo Wisma Cinta Kasih kota Padang. Dosen-dosen tersebut ialah Gusti Sumarsih Agoes, S.Kp, M.Biomed, Ns. Arif Rohman Mansur, M.Kep dan Ns. Windy Freska, M.Kep

Edukasi PHBS dan Pendirian Poskestren di Pondok Pesantren Batang Kabung Padang

Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan keagamaan Islam yang berbasis masyarakat. Pada umumnya kondisi kesehatan di lingkungan pondok pesantren masih memerlukan perhatian yaitu akses pelayanan kesehatan, berperilaku sehat maupun aspek kesehatan lingkungannya. Data Kementerian Kesehatan tahun 2012 menunjukkan bahwa jumlah populasi di Indonesia yang menderita penyakit kulit (scabies) masih sangat tinggi, yaitu 4,60 – 12,95%, dan tertinggi ditemukan di lingkungan pondok pesantren

Majelis Pertimbangan Kelitbangan Sumbar Rekomendasikan Pembatalan TdS 2021

Padang,BeritaSumbar.com,_ Dalam upaya menggerakkan sektor UMKM dan pariwisata, anggaran pelaksanaan iven balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2021 sebesar Rp4.9 Miliar, akan jauh lebih bermanfaat dan dirasakan masyarakat jika dialihkan untuk penanganan Covid-19 atau subsidi kepada pelaku UMKM terutama UMKM penunjang pariwisata yang terdampak pandemi atau kegiatan promosi pariwisata lainnya yang lebih memungkinkan

Ditengah Badai, JMG Tetap Peduli Masyarakat terdampak Covid-19

Padang,BeritaSumbar.com,- Tak terasa sudah 13 Tahun Jejak Media Group (JMG) yang menaungi Koran Jejak News dan media online jejak77.com berkiprah didunia jurnalistik. Berbagai rintangan dan tantangan dilalui JMG dalam kurun waktu 13 tahun tersebut.

Semakin Dekat Dengan Konsumen, Oli Mobil Evalube Perluas Layanan Ganti Oli Bersama Capella Daihatsu dan Isuzu

Padang, September 2021 – Oli mobil Evalube menghadirkan program kerja sama layanan ganti oli dengan Capella Daihatsu dan Isuzu. Hingga saat ini, layanan kerja sama ini sudah memberikan kemudahan bagi pelanggan yang tersebar di wilayah Sumatera (Medan, Padang, Aceh, Pekanbaru, dan Batam)
- Advertisement -