Payakumbuh, BeritaSumbar.com – Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan S.Ik.,M.H., didampingi Kasat Binmas AKP Hikmah S.Kom., M.Kom dan Kapolsek jajaran mengevaluasi kinerja sekaligus memberikan reward kepada 4 orang Bhabinkamtibmas yang berprestasi di Aula Polres, Senin, 30 September 2019.

Bhabinkamtibmas yang berdasarkan hasil analisa dan evaluasi (Anev) data statistik kegiatan mendapat reward karena paling aktif dalam menyentuh warga binaan adalah Aiptu Zulkifli (Polsek Kota Payakumbuh), Aipda Ferry Handa Marta (Polsek Situjuh), Aipda Ayun Mulyadi (Polsek Situjuh) dan Bripka Meirice Permana (Polsek Akabiluru).

Kasat Binmas AKP Hikmah menerangkan bahwa Anev terhadap kinerja Bhabinkamtibmas dilakukan setiap satu minggu guna mengukur kinerja Bhabinkamtibmas, memberikan teguran kepada Bhabinkamtibmas yang belum aktif dan memberikan reward kepada Bhabinkamtibmas yang rajin. “Pengukuran kinerja mingguan ini dilakukan baik dengan menghitung kuantitas kegiatan maupun kualitas kegiatan tiap-tiap Bhabinkamtibmas selama satu minggu”, ujar Hikmah.

Kapolres Payakumbuh mengapresiasi langkah Kasat Binmas yang proaktif dan inovatif dalam membangun sistem penilaian kinerja yang akuntabel. “Ini namanya menciptakan kultur organisasi yang kompetitif, bersaing secara sehat bukan karena kedekatan tapi berdasarkan kinerja, ukurannya jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Sistem ini dapat memacu tiap-tiap personil untuk lebih giat lagi dan tolak ukur penilaian terhadap manajemen Kapolsek dalam membina Bhabinkamtibmasnya“, ungkap Kapolres.

Dony menambahkan ” Bila dalam satu minggu ada Bhabinkamtibmas yang bisa melakukan kegiatan dalam jumlah yang banyak dan berkualitas, sementara Bhabinkamtibmas lainnya tidak bisa, berarti ada yang salah. Harusnya malu. Yang lain bisa kita ada Bhabinkamtibmas yang tidak bisa”

Usai memberikan reward, Dony menyampaikan pesan kepada Bhabinkamtibmas agar kegiatan Bhabinkamtibmas jangan hanya formalitas untuk menggugurkan kewajiban. Foto-foto dilaporkan lalu selesai. Keberadaan Bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat harus benar-benar dapat dirasakan manfaatnya. Bantu masyarakat, pecahkan permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat, ajak masyarakat untuk aktif menjaga Kamtibmas. (Rel/FRP)

loading...