24 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Selain Sembako masyarakat Limapuluh Kota Juga Dapat BLT Pusat Dan Provinsi
S

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota bakal mendapatkan tambahan bantuan sosial. Selain berupa bantuan Sembako yang sudah dibagikan secara simbolis di Makodim 0306/50 Kota beberapa waktu lalu, dalam waktu dekat juga akan ada Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.
Khusus bantuan sembako, sudah disalurkan bagi 20.556 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan besaran bantuan Rp.200 ribu/KPM perbulan yang diserahkan secara simbolis di Makodim 0306/50 Kota beberapa waktu lalu.
Demikian Ketua Gugus Covid-19 Kabupaten Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi dalam rapat dengan pihak BRI, BNI dan PT. Pos seeya kepala OPD terkait di pendopo rumah dinas Bupati Limapuluh Kota, Senin ( 4/5).
“Selain bantuan sembako, masyarakat kita juga akan mendapatkan bantuan perlindungan sosial lainnya dalam bentuk BLT dari Pemerintah Pusat untuk 20.260 kepala keluarga (KK) dengan anggaran sebesar Rp.600 ribu/kk perbulan selama tiga bulan, serta BLT dari Pemprov Sumbar untuk 11.573 KK yang juga sebesar Rp 600 ribu/kk selama tiga bulan,” ungkap Irfendi.
Bupati Limapuluh Kota itu mengatakan, bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi untuk 31.833 kk yang terdampak Covid-19 tersebut harus melewati pendataan yang valid agar bansos tersebut diterima orang yang benar-benar berhak. Ia mengaku tidak mau ada orang yang taraf ekonominya lebih mapan memperoleh bantuan, sementara yang benar-benar miskin tidak mendapatkan.
baca juga: Beredar Informasi Ada Warga Limapuluh Kota Terpapar Covid-19, Ini Jawaban Dari Tim Gugus Tugas
“Kita tidak ingin data pendistribusian bantuan sosial ini bermasalah. Jangan sampai orang yang sudah meninggal masuk dalam pendataan, atau orang yang benar-benar miskin tidak masuk, sementara yang hidup lebih kaya masuk pendataan,” tegas Irfendi.
Lebih lanjut dikatakan, bila nantinya masih ada warga miskin yang tidak mendapatkan bansos dimaksud, ia meminta segera melaporkannya kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota untuk berikutnya ditindaklanjuti.
“Menyimak besarnya jumlah dan tetsebarnya orang yang didata, bukan menutup kemungkinan ada yang bermasalah. Ini harus kita antisipasi agar tidak menimbulkan masalah. Makanya, kalau nantinya ada yang tidak mendapatkan, segera lapor kepada jajaran perintah daerah,” tutur Irfendi.
Masih untuk.mengantisipasi masalah dalqm.penyaluran, Irfendi juga berharap agar pihak penyalur seperti BRI, BNI dan PT. Pos untuk senada menganjurkan warga yang tidak masuk pendataan supaya melapor.
“Kita sengaja membicarakan bantuan sosial ini dengan BRI, BNI dan PT. Pos selaku pihak yang menyalurkan bantuan sosial tersebut agar penyaluran terlaksana dengan baik dan lancar,” imbuh Irfendi.
Senada Kepala Cabang BRI Payakumbuh Niki menyebut perlunya penyampaian informasi terkait bansos itu ke tengah masyarakat. Sebab, selama ini tidak jarang adanya berita bohong tentang realisasi pencairan dana bantuan dimaksud.
“Masyarakat perlu mendapatkan informasi lengkap tentang bansos tersebut. Sebab, tak jarang adanya informasi yang tidak benar yang mereka peroleh di media sosial dan menimbulkan keresahan seperti isu BRI sudah mulai menyalurkan BLT, sedangkan faktanya belum ada pencairan,” ujar Niki.
Sementara pihak PT. Pos Payakumbuh yang diwakili Laksmini Murni menyebut, dalam penyaluran bansos tersebut PT. Pos direncanakan ikut menyalurkan BLT dari pemerintah pusat dan dari Pemprov Sumbar.”Untuk bantuan BLT, kita masih menunggu proses revisi datanya,” ujar Laksmini.
Ikut hadir dalam pertemuan itu pihak dari BNI diwakili Dona serta kepala OPD terkait.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Laga Divisi 3 Turnamen Nusa Bersinar Cup Di NDB Ditutup Wawako Erwin Yunaz

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz tidak setengah-setengah memberikan support kepada pemain dan panitia sejak Turnamen Nusa Bersinar CUP dihelat pertengahan Desember tahun lalu. Laga Divisi 3 yang dibuka dan diresmikan orang nomor dua di Kota Payakumbuh itu, juga ditutupnya dengan menyerahkan hadiah langsung kepada sang pemenang, Kamis (8/1) malam, di lapangan Badminton Outdoor Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -

Kinerja Penyelesaian Perkara Pengadilan Agama Tanjung Pati Di Tahun 2020 Alami Peningkatan

Selama tahun 2020,kinerja pengadilan agama Tanjung Pati di Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota mengalami peningkatan.

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan Pembentukan Kampung Dan Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti hasil rapat Evaluasi Penanganan Covid-19, Pemko Payakumbuh menggelar rapat persiapan pembentukan kampung tangguh dan program sekolah tangguh yang bertempat di Ruang Randang Kantor Wali Kota Payakumbuh, Jumat(8/1/2021).

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Bupati Limapuluh Kota Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Di Simalanggang

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi memberikan bantuan korban kebakaran rumah semi permanen, Selasa(12/1) di Nagari Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh.

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Kinerja Penyelesaian Perkara Pengadilan Agama Tanjung Pati Di Tahun 2020 Alami Peningkatan

Selama tahun 2020,kinerja pengadilan agama Tanjung Pati di Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota mengalami peningkatan.
- Advertisement -