25.1 C
Padang
Jumat, Januari 22, 2021
Beritasumbar.com

Triwulan Pertama Kota Sawahlunto Lelang 24 Proyek
T

Kategori -

Sebanyak 24 paket pekerjaan pada triwulan pertama tahun anggaran 2015 telah dilelang oleh Lembaga Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar).

“Sepuluh paket pekerjaan masih dalam tahap pembukaan dokumen untuk di evaluasi oleh panitia lelang di tiga kelompok kerja (pokja) yang ada,” kata Kepala LPSE Kota Sawahlunto, Eva Lidya, di Sawahlunto, Jumat (13/3).

Eva menjelaskan, sembilan di antaranya adalah proyek pembangunan dan peningkatan infrastrukur sarana prasarana jalan dan jembatan, yakni Pembuatan Drainase Ruas RT 05/RW 02 Durian I dengan pagu dana Rp 350 juta, Peningkatan Jalan Simpang Puskesmas menuju Microwave dengan pagu Rp 1,24 miliar, Pembangunan Jalan Pisang Kalek menuju Ngalau Penantian dengan pagu dana Rp 700 juta.

Selanjutnya, Eva menambahkan, Jembatan Surau Kopah Batu Tanjuang Kecamatan Talawi dengan pagu dana Rp 449,99 juta, Pemeliharaan Jalan Guguak Lalang menuju Bukik Gadang dengan pagu dana Rp 499,95 juta dan Jalan Batu Sampik menuju Sapan Bolang dengan pagu dana Rp 600 juta.

“Peningkatan Jalan Cemara menuju Air Dingin dengan pagu dana Rp 749,62 juta, Rehabilitasi dan Pemeliharaan Jalan Simpang Puskesmas Sikabu menuju Padang Elok Sumpahan dengan pagu dana Rp 999,94 juta, Jalan Bukit Gadang menuju Simpang Atar dengan pagu dana Rp 1,71 miliar juga masih dalam tahap evaluasi penawaran,” kata dia.

Kemudian, lanjut dia, satu proyek perencanaan yakni Belanja Jasa Konsultan Pembuatan Sistem Informasi data Kepegawaian (Simpeg) dan Sistem Informasi Penetapan Angka Kredit (Simpak) dengan pagu dana Rp 92,24 juta.

“Lima paket pekerjaan lainnya masih dalam proses masa sanggah, sisanya sudah selesai dilelang dan memasuki tahap penandatanganan perjanjian kontrak kerja,” kata dia.

Terkait jumlah rekanan yang masuk dalam “daftar hitam” akibat gagal mencapai mutu dan volume pekerjaannya tahun lalu, pihaknya menyatakan sampai saat ini masih nihil.

“Tapi di tahun ini, panitia lelang yang berasal dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sawahlunto, tidak dilibatkan oleh institusi itu dan lebih memilih untuk menguatkan pengawasan mutu pekerjaan rekanan,” jelas dia.

DPRD Sawahlunto meminta pelelangan paket proyek kota itu agar bisa dimulai di awal tahun anggaran.

Karena berdasarkan pengalaman tahun lalu, pekerjaan yang dilakukan rekanan sebagian besarnya tidak mampu menuntaskan kewajibannya seperti dituangkan di dalam kontrak perjanjian kerja.

Dari sebagian kecil yang dinyatakan tuntas, ternyata tidak memenuhi mutu dan kualitas spesifikasi teknis pembangunan fisik dan prasarana.

DPRD menilai, keterlambatan dimulainya pelelangan menjadi sebab utama, sehingga pihak rekanan harus berpacu dengan waktu yang sangat dekat dengan tutup tahun anggaran dan kondisi cuaca buruk yang biasa terjadi di kota itu pada akhir tahun.

Kondisi ini juga pernah diakui Wali Kota Sawahlunto, Ali Yusuf, dia meminta pihak terkait segera melakukan pembenahan sistem pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan oleh rekanan.

Agar proses pembangunan berjalan sesuai perencanaan dan termanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat kota itu.

Penulis: /EPR
Sumber:Antara
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.
- Advertisement -

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Kisruh Dana Covid- 19 TPA Annur Tanjung Bonai,Sebanyak 98 TPA Penerima Bantuan Lain Di Jadwalkan Rapat Bersama

Dugaan Dana Bantuan Covid- 19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur di Jorong Tanjung Tengah,Nagari Tanjung Bonai tidak transparan dan menimbulkan ke kisruhan penggunaan anggaran.sebanyak 98 TPA penerima bantuan lainnya dijadwalkan rapat bersama Camat Lintau Buo Utara.
- Advertisement -

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -