23 C
Padang
Kamis, April 22, 2021
Beritasumbar.com

Triwulan Pertama Kota Sawahlunto Lelang 24 Proyek
T

Kategori -

Sebanyak 24 paket pekerjaan pada triwulan pertama tahun anggaran 2015 telah dilelang oleh Lembaga Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar).

“Sepuluh paket pekerjaan masih dalam tahap pembukaan dokumen untuk di evaluasi oleh panitia lelang di tiga kelompok kerja (pokja) yang ada,” kata Kepala LPSE Kota Sawahlunto, Eva Lidya, di Sawahlunto, Jumat (13/3).

Eva menjelaskan, sembilan di antaranya adalah proyek pembangunan dan peningkatan infrastrukur sarana prasarana jalan dan jembatan, yakni Pembuatan Drainase Ruas RT 05/RW 02 Durian I dengan pagu dana Rp 350 juta, Peningkatan Jalan Simpang Puskesmas menuju Microwave dengan pagu Rp 1,24 miliar, Pembangunan Jalan Pisang Kalek menuju Ngalau Penantian dengan pagu dana Rp 700 juta.

Selanjutnya, Eva menambahkan, Jembatan Surau Kopah Batu Tanjuang Kecamatan Talawi dengan pagu dana Rp 449,99 juta, Pemeliharaan Jalan Guguak Lalang menuju Bukik Gadang dengan pagu dana Rp 499,95 juta dan Jalan Batu Sampik menuju Sapan Bolang dengan pagu dana Rp 600 juta.

“Peningkatan Jalan Cemara menuju Air Dingin dengan pagu dana Rp 749,62 juta, Rehabilitasi dan Pemeliharaan Jalan Simpang Puskesmas Sikabu menuju Padang Elok Sumpahan dengan pagu dana Rp 999,94 juta, Jalan Bukit Gadang menuju Simpang Atar dengan pagu dana Rp 1,71 miliar juga masih dalam tahap evaluasi penawaran,” kata dia.

Kemudian, lanjut dia, satu proyek perencanaan yakni Belanja Jasa Konsultan Pembuatan Sistem Informasi data Kepegawaian (Simpeg) dan Sistem Informasi Penetapan Angka Kredit (Simpak) dengan pagu dana Rp 92,24 juta.

“Lima paket pekerjaan lainnya masih dalam proses masa sanggah, sisanya sudah selesai dilelang dan memasuki tahap penandatanganan perjanjian kontrak kerja,” kata dia.

Terkait jumlah rekanan yang masuk dalam “daftar hitam” akibat gagal mencapai mutu dan volume pekerjaannya tahun lalu, pihaknya menyatakan sampai saat ini masih nihil.

“Tapi di tahun ini, panitia lelang yang berasal dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sawahlunto, tidak dilibatkan oleh institusi itu dan lebih memilih untuk menguatkan pengawasan mutu pekerjaan rekanan,” jelas dia.

DPRD Sawahlunto meminta pelelangan paket proyek kota itu agar bisa dimulai di awal tahun anggaran.

Karena berdasarkan pengalaman tahun lalu, pekerjaan yang dilakukan rekanan sebagian besarnya tidak mampu menuntaskan kewajibannya seperti dituangkan di dalam kontrak perjanjian kerja.

Dari sebagian kecil yang dinyatakan tuntas, ternyata tidak memenuhi mutu dan kualitas spesifikasi teknis pembangunan fisik dan prasarana.

DPRD menilai, keterlambatan dimulainya pelelangan menjadi sebab utama, sehingga pihak rekanan harus berpacu dengan waktu yang sangat dekat dengan tutup tahun anggaran dan kondisi cuaca buruk yang biasa terjadi di kota itu pada akhir tahun.

Kondisi ini juga pernah diakui Wali Kota Sawahlunto, Ali Yusuf, dia meminta pihak terkait segera melakukan pembenahan sistem pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan oleh rekanan.

Agar proses pembangunan berjalan sesuai perencanaan dan termanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat kota itu.

Penulis: /EPR
Sumber:Antara
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...
- Advertisement -

Dipimpin Rektor UIN Imam Bonjol TSR Provinsi Sumbar Kunjungi Masjid Muttahiddin

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Hari ke lima Ramadhan, Tim Safari Ramadan (TSR) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang dipimpin oleh Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Eka Putra Wirman mengunjungi Masjid Muttahiddin Parambahan yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz, Sabtu (17/04).

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu. Pendaftaran...
- Advertisement -

Ustadz Irsyad Safar Serahkan Bantuan Pemprov Sumbar Untuk Masjid Baitussalam

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Wakil Ketua DPRD Sumbar Ustadz Irsyad Syafar gelar safari Ramadan ke Masjid Baitussalam, Kelurahan Koto Baru Balai Janggo, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Sabtu malam (17/4).

5 Bangunan Tak Berizin Di Segel Tim Penertiban Bangunan PUPR Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Sebanyak lima bangunan tak berizin dan melanggar peraturan perundang-undangan disegel oleh Tim Penertiban Bangunan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Payakumbuh, Senin (19/04).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...
- Advertisement -