26 C
Padang
Minggu, Juli 25, 2021
Beritasumbar.com

Setelah 6 Bulan Buron, Tersangka Korupsi RSSN Bukittinggi Serahkan Diri
S

Kategori -

Deni Setiawan, seorang tersangka dalam dugaan pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) catchlab di Rumah Sakit Stroke Nasional (RSSN) Kota Bukittinggi pada 2012, menyerahkan diri pada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat (Sumbar).

Deni Setiawan menyerahkan diri ke Kantor Kejati Sumbar di Jalan Raden Saleh, Kota Padang, setelah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) sekitar enam bulan.

“Tersangka menyerahkan diri didampingi penasihat hukumnya sekitar pukul 14.00 WIB,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sumbar, Ikwan Ratsudi, di Padang, Jumat (13/3).

Ia menjelaskan, tersangka yang merupakan Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) dalam proyek pengadaan alkes itu langsung menjalani pemeriksaan dari tim penyidik pidana khusus.

Sekitar pukul 16.00 WIB, tersangka langsung digiring ke Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Muaro Padang dengan status sebagai tahanan penyidik.

Deni menolak menjawab ketika ditanya wartawan tentang keberadaannya selama enam bulan dalam status DPO.

“Tanya jaksa,” katanya sambil berlalu menuju mobil tahanan.

Sedangkan penasihat hukum tersangka, Fauzi Novaldi, mengatakan, selama enam bulan itu kliennya tidak pernah melarikan diri.

“Klien kami tetap di rumah dan beraktivitas seperti biasa, seperti mengantar jemput anak sekolah. Hanya memang sudah tidak masuk bekerja,” katanya.

Ia mengklaim jika kliennya dapat bebas dari jeratan hukum. Hal itu dikarenakan pihaknya menemukan ketidakbenaran pada pihak distributor atas nama Johannes.

“Catchlab itu telah dilakukan uji kelayakan dan uji fungsi dan dikeluarkan suratnya. Jika jaksa menilai barang tersebut tidak berfungsi sama sekali, maka surat uji kelayakan dan uji fungsi dipertanyakan,” katanya.

Saat ini, katanya, pihaknya telah melaporkan Johannes kepada Polres Kota Bukittinggi atas tuduhan pemalsuan surat.

“Distributor itu kami laporkan dengan tuduhan pemalsuan surat, karena barang itu dinyatanya tidak berfungsi sama sekali. Saat ini yang bersangkutan oleh penyidik polisi telah ditetapkan sebagai tersangka,” katanya.

Ia berharap agar pihak kejaksaan memproses pokok perkara secara objektif, yang berkaitan dengan penilaian total loss terhadap barang.

“Jika memang dinilai barang itu tidak berfungsi sama sekali (total loss), seharusnya bukan hanya klien saya yang dijadikan tersangka, melainkan juga pengguna anggaran, kuasa pengguna anggaran, dan lainnya terkait proyek,” katanya.

Sebelumnya, Kejati Sumbar berhasil menangkap dua tersangka dalam kasus yang sama pada Rabu (11/3) sore di Jakarta Selatan.

Kedua tersangka adalah Sri Ambarwati selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam proyek dan Mawardi selaku rekanan.

Kedua tersangka itu telah terlebih dahulu ditahan di Lapas Muaro Kelas II A Padang sebagai tahanan penuntut umum.

Nama para tersangka telah dimasukkan ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak September 2014 dan ditetapkan sebagai tersangka pada Maret tahun yang sama.

Proyek pengadaan alkes catchlab di RSSN Kota Bukittinggi pada tahun 2012 itu memiliki anggaran sebesar Rp 16,8 miliar tahun anggaran 2011.

Dalam kasus itu negara diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp 14 miliar.

 

Penulis: */EPR
Sumber:Antara
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Khutbah Arafah Di Masjid Namirah

Khutbah Arafah dari Masjid Namirah tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyyah/19 Juli 2021 Masehi disampaikan oleh Fadhilatu Syaikh Dr. Bandar bin Abdul Aziz Balilah Hafizhahullah (semoga Allah menjaganya).
- Advertisement -

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -