27 C
Padang
Minggu, Januari 24, 2021
Beritasumbar.com

Setelah 6 Bulan Buron, Tersangka Korupsi RSSN Bukittinggi Serahkan Diri
S

Kategori -

Deni Setiawan, seorang tersangka dalam dugaan pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) catchlab di Rumah Sakit Stroke Nasional (RSSN) Kota Bukittinggi pada 2012, menyerahkan diri pada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat (Sumbar).

Deni Setiawan menyerahkan diri ke Kantor Kejati Sumbar di Jalan Raden Saleh, Kota Padang, setelah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) sekitar enam bulan.

“Tersangka menyerahkan diri didampingi penasihat hukumnya sekitar pukul 14.00 WIB,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sumbar, Ikwan Ratsudi, di Padang, Jumat (13/3).

Ia menjelaskan, tersangka yang merupakan Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) dalam proyek pengadaan alkes itu langsung menjalani pemeriksaan dari tim penyidik pidana khusus.

Sekitar pukul 16.00 WIB, tersangka langsung digiring ke Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Muaro Padang dengan status sebagai tahanan penyidik.

Deni menolak menjawab ketika ditanya wartawan tentang keberadaannya selama enam bulan dalam status DPO.

“Tanya jaksa,” katanya sambil berlalu menuju mobil tahanan.

Sedangkan penasihat hukum tersangka, Fauzi Novaldi, mengatakan, selama enam bulan itu kliennya tidak pernah melarikan diri.

“Klien kami tetap di rumah dan beraktivitas seperti biasa, seperti mengantar jemput anak sekolah. Hanya memang sudah tidak masuk bekerja,” katanya.

Ia mengklaim jika kliennya dapat bebas dari jeratan hukum. Hal itu dikarenakan pihaknya menemukan ketidakbenaran pada pihak distributor atas nama Johannes.

“Catchlab itu telah dilakukan uji kelayakan dan uji fungsi dan dikeluarkan suratnya. Jika jaksa menilai barang tersebut tidak berfungsi sama sekali, maka surat uji kelayakan dan uji fungsi dipertanyakan,” katanya.

Saat ini, katanya, pihaknya telah melaporkan Johannes kepada Polres Kota Bukittinggi atas tuduhan pemalsuan surat.

“Distributor itu kami laporkan dengan tuduhan pemalsuan surat, karena barang itu dinyatanya tidak berfungsi sama sekali. Saat ini yang bersangkutan oleh penyidik polisi telah ditetapkan sebagai tersangka,” katanya.

Ia berharap agar pihak kejaksaan memproses pokok perkara secara objektif, yang berkaitan dengan penilaian total loss terhadap barang.

“Jika memang dinilai barang itu tidak berfungsi sama sekali (total loss), seharusnya bukan hanya klien saya yang dijadikan tersangka, melainkan juga pengguna anggaran, kuasa pengguna anggaran, dan lainnya terkait proyek,” katanya.

Sebelumnya, Kejati Sumbar berhasil menangkap dua tersangka dalam kasus yang sama pada Rabu (11/3) sore di Jakarta Selatan.

Kedua tersangka adalah Sri Ambarwati selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam proyek dan Mawardi selaku rekanan.

Kedua tersangka itu telah terlebih dahulu ditahan di Lapas Muaro Kelas II A Padang sebagai tahanan penuntut umum.

Nama para tersangka telah dimasukkan ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak September 2014 dan ditetapkan sebagai tersangka pada Maret tahun yang sama.

Proyek pengadaan alkes catchlab di RSSN Kota Bukittinggi pada tahun 2012 itu memiliki anggaran sebesar Rp 16,8 miliar tahun anggaran 2011.

Dalam kasus itu negara diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp 14 miliar.

 

Penulis: */EPR
Sumber:Antara
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.
- Advertisement -

Pemuda Asal Lintau Ini Sukses Rintis Usaha Martabak Di Jambi

Pemuda yang memiliki nama lengkap Brian Fakhrul Razi ini, selain memiliki wajah yang rupawan dan sendu, ternyata adalah salah satu sosok pengusaha muda yang terbilang sukses di Jambi yang memiliki garis keturunan dari ibu asli dari Balai Tangah lintau.

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman melaksanakan aksi sosial peduli terhadap korban banjir Solok. Kegiatan aksi sosial itu dilaksanakan di jalan protokol Kota Pariaman, Senin, 18 Januari 2021.
- Advertisement -

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -