26 C
Padang
Jumat, Mei 27, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Hakim Sarpin Somasi Mereka Yang Menghina Dirinya
H

Kategori -
- Advertisement -

Sarpin Rizaldi, hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, menebar ancaman.

Melalui pengacaranya, Hotma Sitompoel, hakim yang mengabulkan praperadilan Komjen Budi Gunawan itu melakukan somasi terbuka.

“Kami memberi somasi atau peringatan terbuka pada seluruh khalayak ramai, terutama pada pejabat atau mantan pejabat pada instansi pemerintahan, termasuk pakar hukum, agar tidak melakukan penilaian, pendapat, atau komentar yang menyudutkan klien kami dalam menjalankan profesinya,” kata Hotma di Mabes Polri Jumat (13/3).

Menurut Hotma, Sarpin adalah hakim yang telah bertugas selama 20 tahun di berbagai pengadilan di Indonesia dan memiliki rekam jejak yang baik dan tidak tercela serta tidak pernah dijatuhi hukuman atau sanksi dalam menjalankan profesinya.

“Komentar negatif itu patut diduga memenuhi unsur penghinaan, fitnah, dan pencemaran nama baik klien kami. Kami beri somasi mereka yang telah berkomentar negatif itu untuk meminta maaf secara terbuka melalui media cetak atau media elektronik paling lambat 7 hari sejak hari ini atau bila tidak akan kami laporkan polisi,” tegasnya.

Namun Hotma tidak menjelaskan berapa banyak mereka yang dibidik untuk segera meminta maaf atau dilaporkan polisi itu.

Meski begitu pihaknya telah mengumpulkan berbagai pemberitaan yang memuat pernyataan negatif dan memojokan Sarpin itu.

“Ada juga yang menyatakan itu mantan hakim agung. Apa dia senang kalau putusan dia saya komentari? Somasi ini supaya mereka semua menyadari bahwa komentarnya kelewatan dan itu bisa dipidana,” sambungnya.

Saat ditanya mengapa baru melakukan somasi saat ini, saat perkaranya juga sudah mulai dingin, Hotma menjawab, “seperti kiasan ya, sudah diludahi dan dicuci sama air sabun berapa kalipun ini sudah diludahi. Jadi tidak ada sudah mendingin.”

Selain melakukan somasi, Sarpin sebelumnya juga telah melaporkan dua orang dosen Universitas Andalas (Unand) Padang ke Mapolda Sumbar, pada 27 Februari lalu.

Dua orang yang dilaporkan atas pencemaran nama baik itu masing-masing Feri Amsari dan Charles Simabura.

“Somasi ini juga pararel dengan pelaporan yang di Padang itu,” lanjut Hotma.

 

Penulis: [FAR/L-8]
Sumber: Berita Satu
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img