24.7 C
Padang
Sabtu, Juli 31, 2021
Beritasumbar.com

Sawahlunto Gelar Diskusi Publik Bersama Jimly Asshiddiqie
S

Kategori -

Penerapan penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan mengedepankan etika, dinilai lebih tepat dibandingkan dengan mengedepankan hukum. Pasalnya, penerapan hukum memakan waktu yang lebih panjang.

Penerapan penyelenggaraan pemerintahan berbasis etika, berbeda dengan dengan sanksi hukum. Etika lebih mengedepankan mendidik dan membina yang melanggarnya.

“Meski tidak meninggalkan hukum, saat ini sebagian negara besar telah mengedepankan kode etik dalam penyelenggaraan pemerintahan,” ujar Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Jimly Asshiddiqie, dalam diskusi publik, yang digelar di Hall PTBA – UPO Sawahlunto, Kamis (20/11).

Jimly mencontohkan, kasus yang menimpa mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Malaranggeng, yang langsung mengundurkan diri. Dalam kasus tersebut, Andi Malaranggeng terlihat mengedepankan etika.

Meskipun, Andi Malaranggeng secara hukum belum memiliki vonis tetap, namun dengan legowo mengundurkan diri. Hal ini semesti patut diteladani pemimpin maupun pejabat yang ada di negeri ini.

Dalam pemerintahan daerah, lanjut Jimly, khususnya Kota Sawahlunto juga dapat diterapkan. Apalagi, Sawahlunto mengusung visi menjadi pemerintahan yang melayani.

Caranya, dengan membuat peraturan daerah yang terkait dengan etika penyelenggaraan daerah. Dengan tujuan utamanya untuk meningkatkan pelayanan yang efisien terhadap masyarakat.

Aturan atau kode etik tersebut, dapat dibuat dari tataran tingkat satuan kerja perangkat daerah (SKPD). “Jika hal ini dapat dibangun, Sawahlunto akan menjadi model bagai Indonesia ke depannya,” ujar Jimly.

Lebih luas pria yang pernah menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut mengungkapkan, penerapan kode etik harus dibarengi dengan pendidikan akhlak, membangun karakter yang baik berdasarkan berbagai norma yang ada.

Pria kelahiran Sumatera Selatan, 17 April 1956 itu mengatakan, jika hanya mengedepankan hukum, baik hukuman mati maupun hukuman penjara, malah kejahatan semakin merajalela.

Saat ini, 97 negara sudah menghapuskan hukuman mati. Karena dinilai tidak sesuai dengan nilai kemanusiaan dan tidak membuat jerah. Begitu juga dengan hukuman penjara, yang kini banyak dijadikan sekolah kriminal.

“Mungkin hanya di Sawahlunto penjara yang tidak penuh. Selebihnya over kapasitas, bahkan ada yang mencapai 300 persen dari kapasitas yang seharusnya. Ini menandakan penjara tidak membuat jera,” pungkas Jimly.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf mengatakan penyelenggaraan pemerintahan yang beretika, merupakan tuntutan zaman untuk pemerintahan yang bersih dan baik.

“Dan itu nantinya, dimulai dari lingkungan sendiri. Sebagai dasar dari pemerintahan yang bersih dan baik itu dasarnya berada pada etika, logika dan estetika,” ungkap Ali Yusuf.

Nantinya, terang bapak tiga anak kelahiran 11 Mei 1970 itu, dalam pembuatan peratuan daerah, salah satu pasalnya akan menyinggung anti korupsi. Tentu semua itu melalui proses, dan tidak semudah membalik telapak tangan. (fadli/humas sawahluno)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

Wakosma 6A desak SEMA STIT SB Pariaman agar Segera melakukan Pemilihan

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Wakil kosma 6A Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Wakosma 6A-PAI), Bima Putra meminta agar pihak Senat Mahasiswa (Sema) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin (STIT SB) Pariaman dan rektorat segera melakukan pemilihan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) periode baru agar terciptanya regenerasi kepemimpinan.
- Advertisement -

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -