24 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Sah, Hanya 4 Pasangan Cakada Mendaftar Ke KPU
S

Kategori -

Limapuluh Kota,-Pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota berakhir Minggu (6/9) ini. Selama pendaftaran dibuka, hanya 4 pasangan calon yang menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Limapuluh Kota.

Yakni pasangan Ferizal Ridwan (perorangan), Darman Sahladi-Maskar (koalisi parpol), Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus (koalisi parpol) dan pasangan Safaruddin Dt Bandaro Rajo- Rizki Kurniawan (koalisi parpol).

Pasangan Ferizal Ridwan-Nurkhalis, merupakan pasangan pertama yang mendaftar ke KPU Limapuluh Kota. Pasangan dengan dukungan 23240 itu, mendaftar pada Jumat (4/9) pagi. Ferizal Ridwan-Nurkhalis merupakan kolaborasi antara Wakil Bupati dengan mantan caleg DPD RI dengan lumbung suara di Kecamatan Lareh Sago Halaban-Kecamatan Mungka.

Pasangan kedua, yakni Darman Sahladi-Maskar Datuak Pobo. Pasangan tersebut, diusung Partai Demokrat-PAN dan Nasdem dengan total dukungan 9 kursi di parlemen. Darman Sahladi merupakan Ketua DPC Demokrat Limapuluh Kota serta anggota DPRD Sumbar 2 periode.

Sedangkan Maskar Datuak Pobo merupakan mantan Walinagari dan pengusaha bidang properti. Pasangan dengan lumbung suara Kecamatan Kapur IX dan Kecamatan Luak itu mendaftar pada hari kedua, Sabtu (5/9) pagi. Dihari yang sama, pasangan Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus merupakan pasangan ketiga yang mendaftar ke KPU Limapuluh Kota. Pasangan yang diusung Gerindra-PKB-Hanura tersebut, mendaftar pada Sabtu (5/9) siang dengan total 12 kursi dukungan di DPRD.

Muhammad Rahmad merupakan pengusaha sukses diberbagai sektor, pernah dipercaya untuk menulis naskah pidato kenegaraan Presiden SBY serta mencoba mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI Pileg 2014 lalu tetapi belum berhasil terpilih untuk mewakili Sumbar. Putra Guguak tersebut, juga dikenal dengan sejumlah pejabat tinggi negara dan elit-elit politik secara nasional.

Kemudian, pasangan wakilnya, Asyirwan Yunus merupakan mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota periode 2010-2015 dan pernah menjadi ketua partai politik di daerah tersebut. Pada Pilkada 2015 lalu, putra Pangkalan mencoba untuk menjadi calon Bupati Limapuluh Kota yang diusung Gerindra-PAN, tetapi kalah suara dengan Irfendi Arbi yang saat itu diusung PDIP-PPP-PKB. Pasangan

Pasangan Safaruddin Datuak Bandaro-Rizki Kurniawan merupakan pasangan terakhir yang mendaftar ke KPU Limapuluh Kota. Pasangan tersebut, diusung oleh Golkar-PPP-PKS dengan 12 dukungan kursi di DPRD. Safaruddin Datuak Bandaro Rajo merupakan anggota DPRD Sumbar, Ketua DPD Golkar Limapuluh Kota dan pernah jadi Ketua DPRD Limapuluh Kota. Sedangkan Rizki Kurniawan adalah pengusaha muda yang bergelut pada biro perjalanan haji dan umrah. Pasangan Safaruddin-Rizki memiliki kantong suara di Bukit Barisan dan Harau. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)
- Advertisement -

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.
- Advertisement -

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.

Bupati Limapuluh Kota Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Di Simalanggang

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi memberikan bantuan korban kebakaran rumah semi permanen, Selasa(12/1) di Nagari Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh.

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Kinerja Penyelesaian Perkara Pengadilan Agama Tanjung Pati Di Tahun 2020 Alami Peningkatan

Selama tahun 2020,kinerja pengadilan agama Tanjung Pati di Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota mengalami peningkatan.

Upacara Dan Tabur Bunga Peringatan Tragedi Titian Dalam

Kendati gerimis, namun upacara tabur bunga dalam rangka peringatan peristiwa gugurnya 9 Syuhada di Titian Dalam di Kenagarian Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, Senin (11/1) kemaren tetap berlangsung hikmat dan lancar.
- Advertisement -