25 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

PUPR Payakumbuh Sediakan Kontak Layanan Aduan Berbasis Website Untuk Permasalahan Infrastruktur
P

Payakumbuh, BeritaSumbar.com ,(Liputan Khusus Dinas PUPR Payakumbuh)- Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus berbenah agar dapar memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat di daerah itu.
Salah satunya dengan memberikan ruang bagi masyarakat untuk mengadukan segala hal terkait infrastruktur melalui aplikasi berbasis web yang telah dapat diakses semenjak pertengahan Mei 2020. Banyak hal yang dapat diadukan oleh masyarakat di inovasi yang dinamai Sistem Informasi Pengaduan Infrastruktur (SINGATUR).

Kepala Dinas PUPR Kota Payakumbuh Muslim, ST. M.Si., di Payakumbuh, Rabu, mengatakan adalah aplikasi pengaduan infrastruktur yang dapat diakses oleh masyarakat melalui situs pengaduanpupr.payakumbuhkota.go.id.

“Ini mulai kami garap semenjak awal tahun 2020 dan diluncurkan pada pertengahan Mei 2020,” kata dia didampingi Kasubag Penyusunan Program fifella Aziza.

Ia mengatakan, banyak hal yang dapat diadukan oleh masyarakat melalui sistem pengaduan tersebut mulai dari air minum, drainase, irigasi, sungai, jalan, jembatan, jalan lingkung, kategori cipta karya yang dalam hal ini jalan perumahan dan bangunan, leges gambar, legalisasi aset tanah pemko.
“Lalu pengendalian dan pengawasan bangunan, pengujian bahan material, hingga pengujian mutu, lampu jalan, advice planning dan perizinan IMB,” ujar Muslim.

Ia mengatakan dalam menyiapkan sistem aplikasi berbasis web ini, Dinas PUPR dibantu oleh Dinas Kominfo. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan mampu menyerap aspirasi dan laporan warga terkait permasalahan infrastruktur yang ada.

“Sehingga nantinya juga berdampak kepada arah pembangunan dan tentunya kepuasan masyarakat,” sebutnya.
Terkait cara untuk mengadukan permasalahan infrastruktur dalam aplikasi ini, yang pertama masyarakat awalnya harus mengakses situs pengaduanpupr.payakumbuhkota.go.id melalui browser di gawai atau komputer.
Setelah itu, pelapor akan diarahkan untuk mengisi deskripsi laporan dan untuk diminta mendaftarkan akun dirinya dengan menyertakan e-mail dan data diri.
“Penggunaan aplikasi ini tidak sulit, karena setiap kolomnya sudah disediakan keterangan yang akan memandu pelapor. Untuk mendukung pengaduan dari masyarakat, dapat mencantumkan file pendukung seperti gambar, word atau PDF ke aplikasi,” sebutnya.
Apabila di kemudian hari masih ada yang dilaporkan, masyarakat bisa masuk kembali menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya.
“Nantinya berdasarkan kategori pengaduan yang disediakan dalam aplikasi ini nantinya masing-masing bidang di Dinas PUPR akan menindaklanjuti laporan yang masuk. Setelah itu, setiap aksi yang dilakukan dinas atas laporan tersebut akan dikirimkan umpan balik ke aplikasi SINGATUR serta e-mail pelapor,” ujarnya. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).
- Advertisement -

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).
- Advertisement -

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tentang Nama Nama Tokoh Yang Bakal Diusung PKS, Ini Kata Riza Falepi

Genderang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh sepertinya mulai dipanaskan. Hal ini terungkap dari wawancara bersama Riza Falepi, saat ditemui media di rumah dinas wali kota, Senin (25/1), Riza yang merupakan pengurus DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu akhirnya buka suara menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan Partai yang memiliki 5 kursi di DPRD Payakumbuh itu.

Edward DF Ketua Pelaksana Pelantikan Pengurus DPD LPM Kota Payakumbuh

Surat Keputusan (SK) Kepengurusan DPD LPM 2020-2025 yang terbentuk pada Musda beberapa waktu lalu sudah diterbitkan DPD LPM Provinsi Sumbar. Dalam waktu dekat kepengurusan tersebut akan dilantik.

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,

Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Payakumbuh gelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak se-Kota Payakumbuh di Aula Hotel Flamboyan, Kota Payakumbuh, Minggu (24/1).

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.
- Advertisement -