25 C
Padang
Sabtu, Mei 8, 2021
Beritasumbar.com

Pulang ke Rantau, Balik ke Kampung
P

Kategori -

Minggu terakhir bulan puasa hingga pekan pertama hari raya, kegiatan kita yang tinggal di kampung meningkat. Sebagian keluarga membersihkan rumahnya. Cat lama diganti. Pagar dan sofa dipugari. Demikian pula dengan aneka aksesoris ruang tamu. Sembari itu, aktivitas berbelanja pun meninggi dari hari-hari biasa. Hari raya akan tiba. Keluarga yang berada di rantau akan pulang. Tamu akan banyak. Makanya, perlengkapan kue demi kue dan aneka masakan khas hari raya mesti disiapkan.

Sebagian dari keluarga kita yang lain, yang tengah berada di rantau, sepanjang bulan puasa, dari pagi hingga petang memeras keringat, membanting tulang, menyiapkan sejumlah finansial untuk keperluan pulang kampung. Nah, Pulang kampung inilah yang ingin dibicarakan dalam tulisan ini. Mengapa pulang kampung itu penting? Untuk apa kita pulang kampung? Dan di mana kampung kita sebenarnya?

Ada dua ruang yang saling terkait ketika membicarakan pulang kampung ini. Ruang pertama bernama kampung asal; ranah kelahiran. Ruang kedua dikenal dengan rantau; tanah pencarian; tempat yang jauh dari kampung asal, di sana peruntungan diadu. Jadi, musabab pulang kampung ialah saat di mana seorang yang sudah lama berada di perantauan disergap kerinduan kembali menginjakkan kaki di kampung asal. Dalam lirik sejumlah lagu Minang, ranah tapian, kampuang mandeh, sering menjadi pemantiktaragak, rindu yang alang-kepalang mengusik jiwa. Merantau bukanlah untuk pergi dan hilang. Merantau mengandung tekad untuk suatu ketika akan pulang dengan warna hidup yang baru. Ayah dan ibu, adik dan kakak serta seluruh dunsanak dan orang sekampung akan dibuat bangga dengan keberhasilan si perantau. Jika peruntungan belum membaik, badan sedang melarat di rantau orang, kemungkinan besar, si perantau tidak akan pulang. Pulang tanpa warna keberhasilan dalam situasi ini menjadi aib, sesuatu yang memalukan. Jika keadaan badan sama saja dengan orang yang tinggal di kampung, apa artinya merantau?

Di sinilah letak pentingnya pulang kampung. Puncak pembuktian diri perantau terjadi ketika pulang kampung. Secara tidak langsung, akan terjadi ajang penguatan eksistensi antarperantau yang pulang. Akan ada tabiat berlomba-lomba menampakkan keberhasilan di perantauan. Orang di kampung diposisikan sebagai penyaksi yang menonton dengan bangga. Ota di lapau secara massif akan mengulas model-model keberhasilan sejumlah perantau yang dikategorikan “mandapek di rantau urang”. Pun tidak disisakan, siapa saja perantau yang masih tauncang, sedang jatuh tapai dan tidak bisa pulang di hari raya.

Untuk memuaskan hasrat eksistensi inilah pulang kampung menjadi kegiatan yang memiliki nilai tersendiri. Di ranah kebudayaan Minangkabau, tidak terdeteksi lagi, kapan tradisi merantau ini bermula. Gejala yang selalu tampak, setiap hari raya tiba, hanyalah keramaian yang gempita. Dapat disimpulkan, inilah saat-saat paling bahagia bagi seorang perantau sekaligus momen berharga bagi orang di kampung yang menanti.

Keramaian yang menggembirakan itu; kebersamaan yang dirindukan itu, biasanya tidak berlangsung lama. Standar waktu bagi perantau untuk betah di kampung paling lama satu pekan. Setelah sepekan berlalu, sanak saudara di kampung sudah mulai bertanya: kapan akan kembali ke rantau? Pada konteks inilah, sebuah pertanyaan muncul: di mana kampung si perantau sesungguhnya?

Bisa jadi, dengan sadar atau tidak, kita sesungguhnya tengah membalikkan makna pulang. Pulang hari ini bukan lagi ke kampung kelahiran, melainkan ke rantau. Ke kampung kita hanya untuk balik sejenak. Memutar ingatan masa lalu atau memberi penghargaan kepada ranah kelahiran. Setelah sanak saudara bertanya: kapan kembali ke rantau, tersirat pesan, bahwa kampung kita tidak patut kita huni bersama. Maka bersiap-siaplah kembali ke perantauan. Yang tahan tinggal di kampung hanya orang-orang yang kebal dengan “hujan batu”. Sementara, bagi anak-anak nagari yang tidak tahan dengan hujan batu itu, sebaiknya memang pergilah merantau. Di rantau orang, ada hujan emas yang menggiurkan.

Pertanyaan yang lain, yang juga sering muncul dalam lirik dendang saluang dan rabab, jika memang kampung itu penting, mengapa ditinggalkan? Benarkah dengan meninggalkan kampung itu artinya menampakkan sayang pada kampung, sayang jo kampuang ditinggakan? Inilah di antara cara berpikir di kebudayaan minang yang unik. Secara praktis, semestinya, jika memang sayang dengan kampung, berdiri dan tinggallah di kampung itu dengan kepala yang tegak. Bangunlah apa yang mungkin dan patut dibangun. Kembangkanlah segala potensi kampung yang ada. Gunakanlah pula segenap sumber daya untuk kemajuan kehidupan di kampung. Tagak kampuang paga kampuang.

Menghayati kampung perlu dibuktikan dengan eksistensi diri di realitas kampung. Bukan dengan pergi meninggalkan kampung itu. Merantau dalam pengertian ini sesungguhnya menutup kesempatan untuk terus-menerus menghayati kehidupan di kampung. Menyumbat pemahaman terhadap kehidupan seperti apa yang dicita-cita masyarakat di kampung. Merantau dalam pengertian mengisolasi diri dari kampung ini sepertinya harus dihentikan.

Apalagi bila muncul indikasi bahwa dengan keberhasilan di rantau lantas seseorang menjadi elit sosial yang dengan keberadaannya bisa saja membeli kampung asalnya? Status dan stratanya lebih tinggi dari orang yang tinggal di kampung. Setiap kali pulang kampung lebih banyak mencibir dengan sudut bibir yang miring. Mengumbar klaim demi klaim yang merendahkan kualitas kehidupan di kampung. Tidak sampai di situ, ketika klaim terhadap keadaan kampung yang buruk itu menguat, perantau elit itu menyatakan ketertarikannya untuk membantu. Dirinya dibutuhkan untuk memperbaiki keadaan. Setelah ia membantu, secara tersirat, orang kampung diminta mengelu-elukan tentang Si Anu yang telah pulang membawa keberhasilan.

Pada akhirnya, apapun yang terjadi di seputar konteks merantau dan pulang kampung ini, suasana kemenangan di hari raya tidak patut pula di rusak. Mari bergembira. Selanjutnya, kita tetap saja akan berhadapan dengan jutaan kepala yang sepanjang kehidupannya akan bersilang-pintang dari kampung ke rantau dan dari rantau ke kampung. Ini akan selalu menandai pergerakan kebudayaan Minangkabau. Tinggal menyuling inti dari pemaknaan kampung halaman dan tanah perantauan. Bagaimana potensi keduanya di padu-padankan dengan budaya kekinian di Minangkabau.

Jika tidak demikian, makna pulang kampung akan jadi dangkal. Potensi merantau pun hannya akan menjadi keramaian sesaat. Setelah interaksi terjadi, terutama ketika berkumpul di hari raya, setiap kepala itu kembali lagi ke kesunyiannya masing-masing. Tidak akan pernah ditemukan kearifan budaya, untuk apa kampung ditinggalkan? Merantau tidak lagi menampakkan visi membangun kampung. Lebih sumbang maknanya ketika pulang itu tidak lagi ke kampung kelahiran, melainkan ke tanah perantauan. Padahal, jika dibongkar sebongkah lagi, kita di bumi Tuhan ini sesungguhnya sedang sama-sama merantau. Kampung halaman kita sama, sehamparan surga di kampung akhirat. Kiranya, berhari raya menyentuh pemaknaan yang satu ini. Paling tidak, pikiran kita sama- sama tertuju pada kepulangan yang sesungghnya itu. Selamat Berhari Raya. Mari berbagi maaf lahir dan batin. (*)

oleh: @zelfeniwimra

8yldGif2

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...
- Advertisement -

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Program Rumah Sakit Peduli Dari RSUD Sijunjung Direspon Positif Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Program Rumah Sakit Peduli yang diluncurkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung mendapat respon positif dari masyarakat sekitarnya, yang mana kepedulian para...
- Advertisement -

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Tidak Memiliki BPJS,Petani Nira Di Batu Bulat Yang Tersambar Petir Kesulitan Untuk Biaya Pengobatan

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Pasca Tersambar Petir Minggu 25/05/2021,Petani nira di Nagari Batu Bulat Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar tidak memiliki BPJS dan kesulitan untuk biaya pengobatan di RSUD M.Djamil Padang.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

MARI EFEKTIFKAN LAGI LIMBAGO USALI DI SETIAP NAGARI…!

"SEBAGAI salah seorang yang pertama menggulirkan wacana gagasan "Baliak Banagari"di tahun 1990-an silam (waktu itu beberapa kali saya tulis di Skh. Singgalang yang kemudian direspon banyak pihak sehingga bergulir menjadi polemik konstruktif-pen), menurut Mak Yum apa pangka bala (sumber utama malapetaka atau yang menyebabkan) gagalnya agenda Baliak Banagari yang telah dijalankan sejak tahun 2000?" tanya seorang peserta seminar nasional tentang Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Museum Adityawarman Padang, tahun 2016 lalu.

TAN GINDO; DALAM DILEMA KEHIDUPAN

“Sudah jatuh tertimpa tangga,dibunuh anak mati induknya, dibunuh induk mati anaknya,begitulah masalah kehidupan mejadi dilemamaka ambil lah hikamah dan kebijksanaankarena dia hanya seperti dua...

USTADZ GURU; SANG KOMANDAN

“Pandai mengeluh sudah bawaan manusiaTak dipelajari sepertinya dia datang sendiriTapi jiwa optimis harus dilatih dan ditumbuhkanSebab alam mengajarkan semua makluk bisa bertahanBahkan manusia bisa...

CURHAT NYI BLORO; RATU LAUT KIJING

“Berani karena benar, takut karena salah,Rajin pangkal pandai (pintar), bisa karena biasa,Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin,Maka pelajarilah sebab musababnya itu,& berharaplah takdir bisa...

BANGKITKAN KESADARAN !

“Dunia pasti berobah dan Kiamat pasti kan terjadi juaKebangkitan dan keruntuhan sebuah bangsa pasti silih bergantiBegitu juga bergulir para penguasa, atas nama jabatan dan...

SEBERKAS CAHAYA DI BUMI MEMPAWAH

“Segelap apapun dunia ini, pasti ada cahayaTergantung bagaimana kita menerimanyaKarena kita manusia dibekali akal fikiranOrang bijak kata; jika tak ada kayu rotanpun jadiMaka, setelah...

KERANJINGAN JADI PEJABAT

“Setiap (pejabat) ketua atau sejenisnya adalah PemimpinTapi setiap Pemimpin belum tentu jadi pejabat,Karena Pemimpin adalah amanah terberat dari-Nya,Maka, tidaklah sulit menjadi pejabat ini dan...

TAN GINDO; APA YANG ENGKAU CARI !?

“Mereka-dia yang berjasa dalam hidupmu,semua yang tersedia dalam jagat rayaSekecil apapun itu, sifat dan ragam bentuknyaSemua adalah ayat-ayat Tuhan yang berjalanBerbagai peristiwa adalah bentuk...

SEKOLAH MERDEKA-KU (2)

"Diri kita bukan hanya milik sendiri, tapi juga orang terdekat,bahkan, darah orang tua dan sanak saudara kita mengalir dalam nadi,namun ingat, ada teman-sahabat dan...
- Advertisement -