28.1 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

Presiden Joko Widodo Berkunjung ke KWBT Mandeh

Painan, (10/10) – Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di kawasan wisata bahari terpadu (KWBT) Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

“Sumatera Barat mempunyai daerah-daerah yang potensial untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata, khususnya wisata bahari di Mandeh. Bila dikelola dengan baik dan menjadi wisata keluarga, maka kawasan ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat menjadi lima kali lipat, ” kata Presiden di KWBT Mandeh, Sabtu.

Ia menilai kawasan wisata yang terletak di bagian Selatan Sumatera Barat itu sungguh luar biasa indahnya dan patut disyukuri anugerah yang diberikan Allah SWT itu.

Kepada Gubernur Sumbar dan Bupati Pesisir Selatan, ia meminta agar memusyawarahkan dengan masyarakat terkait kemana arah pembangunan atau akan dijadikan apa kawasan tersebut.

Di tempat itu, ia langsung memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk segera menyelesaikan infrastruktur KWBT Mandeh sesegeranya, paling lambat dalam dua tahun ini, terutama pembangunan jalan menuju dan keluar kawasan tersebut.

Menurutnya, kalau kawasan ini dijadikan satu paket destinasi wisata di Sumatera Barat maka orang akan berbondong bondong ke daerah itu terutama ke Mandeh, mempromosikannya juga akan menjadi lebih mudah.

Selain KWBT Mandeh, Sumatera Barat juga mempunyai banyak tempat wisata yang potensial, seperti Danau Singkarak, Danau Maninjau di Kabupaten Agam dan sebagainya.

Untuk lebih bagusnya dan mendukung segala potensi wisata tersebut, khas daerah jangan sampai hilang. Seperti halnya rumah bagonjong yang ada di Bukittinggi, hingga masa-masa mendatang, atap bagonjong pada rumah penduduk dan sebagainya agar terus dipertahankan keberadaannya.

Khas tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis yang datang ke objek wisata yang ada. Karena selain melihat keindahan alamnya, para turis akan melihat keunikan masing-masing daerah.

Selain itu, karamahtamahan masyarakat, terumata yang ada di sekitar tempat wisata juga tidak terlepas dari penilaian para turis dalam berkunjung. Apabila keramahtamahan masyarakatnya ada, maka para turis juga akan betah dan punya rencana untuk kembali berkunjung ke tempat itu.

Pada kesempatan yang sama hadir mantan Menteri PPN/Kepala Bappenas yang juga pencetus KWBT Mandeh yakni Andrinof Chaniago. Selain itu Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Kesehatan Nila F Moloek, Menteri Desa, DPT, dan Transmigrasi Marwan Jafar, Kepala Staf Presiden Teten Masduki. (Ant/Oleh Junisman)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

SMA N 2 Lintau Buo Lakukan Kerjasama Pembinaan Informasi Kampus Dan Beasiswa Dengan IPMI

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka pembinaan informasi kampus dan beasiswa di dalam maupun luar nageri,SMA Negeri 2 Lintau Buo lakukan kerjasama Dengan...

Andre Rosiade Reses Ke Pelosok Nagari Sijunjung

Sijunjung, Berita Sumbar-- Anggota DPR-RI fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade melakukan reses ke pelosok nagari di Kabupaten Sijunjung, Sabtu (24/10).

SMA N 2 Lintau Buo Lakukan Kerjasama Pembinaan Informasi Kampus Dan Beasiswa Dengan IPMI

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka pembinaan informasi kampus dan beasiswa di dalam maupun luar nageri,SMA Negeri 2 Lintau Buo lakukan kerjasama Dengan...

Irfendi Arbi inginkan masyarakat taati Aturan Protokol Kesehatan

Lima Puluh Kota,- Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi terus berupaya mensosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Pakai masker bila keluar rumah,...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Inhil Ungkap Narkoba, 50 KG Sabu Berhasil Diamankan

Riau, - Sat Narkoba Polres Inhil patut diapresiasi karena berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis shabu seberat 50 kilo, di Perkebunan milik PT...

Sekolah Online Ditengah Pandemi, Masyarakat Sungai Salak Tanjung Emas Terhalang Jaringan

Tanah Datar,- Wabah virus covid 19 masih terasa efeknya hingga saat ini, bahkan kepelosok desa/ nagari sekalipun. Ditengah kasus...

Pimpinan Pondok Gontor Wafat, Alumni Gontor Berduka

KH DR ( HC) Syukri Zarkasy MA Selaku Pimpinan pondok modern darussalam gontor ponorogo jawa timur wafat dikediamannya pada hari rabu 21/10/20...

Perbumma Adat Nusantara Kupas Prospek dan Solusi Peningkatan Penyediaan Pangan Nusantara

JAKARTA – Hari Pangan Sedunia yang ke XL pada tanggal 16-Oktober 2020, moment yang tepat bagi Perbumma Adat Nusantara dan KUP Suta...
- Advertisement -