28.4 C
Padang
Wednesday, October 21, 2020

Jokowi Jadi Imam Sholat Magrib di Masjid Raya Sumbar

Padang – Malam ini (10/10), Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar) yang berlokasi di Jalan Khatib Sulaiman Padang pada Sabtu.

Presiden beserta rombongan tiba di Masjid Raya Sumbar pada pukul 18.30 WIB bersama rombongan diantaranya Ketua DPD RI Irman Gusman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Penjabat Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek dan lainnya.

Tiba di Masjid Raya Presiden langsung melaksanakan shalat Maghrib dan tampil sebagai imam.

Usai melaksanakan shalat, Penjabat Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek menjelaskan tentang proses pembangunan Masjid Raya Sumbar yang masih dalam proses penyelesaian.

Presiden terlihat mengamati bagian dalam masjid yang pada bagian atas terdapat ukiran Asmaul Husna yang berlatar putih.

Presiden Joko Widodo bersama Ketua DPD Irman Gusman meninjau Masjid Raya Sumbar
Presiden Joko Widodo bersama Ketua DPD Irman Gusman meninjau Masjid Raya Sumbar

Pj Gubernur Sumbar Reydonnyzar menjelaskan pembangunan Masjid Raya Sumbar telah dilaksanakan sebanyak enam tahap sejak 2007 hingga 2015 dan hingga tahap enam tersebut prosesnya telah mencapai 49 persen.

Pembangunan ini telah serap anggaran sebesar Rp202,2 miliar dari total biaya Rp433,5 miliar serta pembangunan gedung LKAAM sebesar Rp11,3 miliar dari APBN 2014, katanya.

Menurutnya berdasarkan hasil perhitungan konsultan perencana, masih terdapat sejumlah pekerjaan yang harus dilakukan dengan total anggaran Rp220 miliar.

Rincian pembangunan tersebut berupa bangunan utama masjid dengan perkiraan kebutuhan anggaran sebesar Rp80 miliar.

Kemudian, pembangunan dua unit minaret atau menara dengan perkiraan kebutuhan anggaran sebesar Rp85 miliar.

Sementara, Ketua DPD RI Irman Gusman mengatakan Masjid Raya Sumbar merupakan kebanggaan warga Minang yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian.

Usai berbincang jamaah perempuan berebut hendak berfoto dengan orang nomor satu di Indonesia itu dan dengan senyum Presiden memberi kesempatan untuk foto bersama.

Kedatangan Presiden ke Sumbar dilakukan sejak 8 Oktober mengunjungi beberapa tempat diantaranya Istana Bung Hatta Bukittinggi, peternakan sapi di Padang Mengatas dan Kawasan Wisata Mandeh di Pesisir Selatan.

Presiden juga berkunjung ke Kepulauan Mentawai dan meninjau pembangunan Rail Bus di kawasan Bandara Internasional Minangkabau. (Ant/Ikhwan Wahyudi)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tetap Konsisten Pertahankan Kampung Tangguh, Dit Pam Obvit Polda Sumbar Apresiasi Warga Kubang Gajah

Payakumbuh --- Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Sumbar Kombes Pol Agus Krisdiyanto bersama Kasubdit Wisata Ilva Siswanto mendatangi Kampung Tangguh Nusantara Perumnas...

Prima dan Tesi Lolos Seleksi MC MTQ Nasional ke 28

Limapuluh Kota,- Untuk suksesnya suatu acara yang bersifat publik tentu butuh MC yang profesional dan mahir membawakan acara. Begitu juga halnya dengan...

Minggu Jumlah Warga Payakumbuh Positif Covid-19 Kembali Melambung

Payakumbuh, -- Ledakan besar kasus positif covid-19 di Kota Payakumbuh kembali terjadi. Sepanjang Minggu (18/10) ini, terkonfirmasi 18 orang warga kota positif...

Delmansyah Siap Memenagkan Darma Tani Di Tanjung Emas

Tanah Datar, - Struktur tim pemenangan darma tani kecamatan Tanjung emas Tanah Datar Resmi dibentuk pada minggu ( 18/10/20) malam.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -