31 C
Padang
Sabtu, Mei 15, 2021
Beritasumbar.com

Polda Sumbar Suntaskan 8.342 Tindak Pidana Sepanjang 2015
P

Kategori -

Padang – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat, berhasil menuntaskan sebanyak 8.342 kasus tindak pidana dari 16.940 kasus yang terjadi di daerah itu sepanjang 2015.

“Pada tahun ini kami berhasil menuntaskan sebanyak 8.342 kasus atau 49,24 persen dari keseluruhan kasus,” kata Kepala Polda Sumbar, Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto di Padang, Rabu.

Ia menjelaskan dari 16.940 kasus tindak pidana, terbanyak adalah pencurian dengan pemberatan berjumlah 2.842 kasus dan posisi kedua adalah pencurian kendaraan bermotor 2.567 kasus.

“Hal ini terbalik dengan 2014 dimana pada waktu itu pencurian kendaraan bermotor terbanyak yaitu 2.872 kasus dan pencurian dengan pemberatan 2.644 kasus,” katanya.

Ia merinci tindak pidana lain yang terjadi di Sumbar selama 2015 di antaranya pencurian dengan kekerasan 456 kasus, pembunuhan 19 kasus, penganiayaan berat 531 kasus.

Setelah itu pemerkosaan 60 kasus, pengrusakan 649 kasus, penipuan 778 kasus, pembakaran 152 kasus, penggelapan 1.314 kasus dan judi 209 kasus.

Ia mengatakan dari 16.940 tindak pidana yang terjadi selama 2015 disimpulkan selang per 31 jam 21 menit 327 hingga 328 warga Sumbar terancam jadi korban tindak pidana.

“Untuk itu selain membuat beberapa strategi pengamanan kami juga mengajak masyarakat untuk waspada,” jelasnya.

Ia melanjutkan kewaspadaan dari masyarakat penting untuk meminimalkan tindak pidana yang akan terjadi pada dirinya.

“Menggunakan kunci ganda merupakan salah satu contoh yang harus dilaksanakan untuk meminimalkan tindak pidana,” kata dia. (Ant/Oleh Agung Pambudi)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Masih Zona Orange, Pemkab Sijunjung Tidak Fasilitasi Shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Pemerintah Kabupaten Sijunjung tidak akan memfasilitasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri karena daerah tersebut masuk zona orange dalam kasus Covid-19. Bupati Sijunjung Beny Dwifa...
- Advertisement -

Kapolres Pessel Sampaikan Pesan anggotanya Jaga Kesehatan

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Dalam kunjungan itu, Kapolres Pessel melihat situasi pos pelayanan tersebut. Dan, juga kesiapan anggota, termasuk sarana juga prasrana di pos pelayanan.

Tim KRYD Polres Dan Tim 7 Pemko Payakumbuh Lebih Intensif Dalam Razia Yustisi Prokes Dan Pelanggaran Perda Lainnya

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pada minggu terakhir bulan ramadhan 1442 H tahun ini, Tim Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) merupakan Tim khusus yang dibentuk polres yang personilnya gabungan dari beberapa satuan kerja di Polres Payakumbuh. Dalam pelaksanaan operasi yustisi penegakan hukum protokol kesehatan, tim ini bekerja sama dengan Satpol PP payakumbuh.
- Advertisement -

Prospek Cerah Usaha Minyak Nilam Untuk Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Petani

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tanaman nilam yang bernama latin Pogostemon  patchouli atau Pogostemon cablin Benth adalah tanaman perdu wangi yang memiliki daun berwarna hijau tipis dan tidak kaku.  Daunnya berbentuk...

Masih Zona Orange, Pemkab Sijunjung Tidak Fasilitasi Shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Pemerintah Kabupaten Sijunjung tidak akan memfasilitasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri karena daerah tersebut masuk zona orange dalam kasus Covid-19. Bupati Sijunjung Beny Dwifa...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

163 Narapidana Lapas Sijunjung Dapat Remisi Idul Fitri 1442 Hijriyah

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 163 narapidana di Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas ll B Muaro Sijunjung mendapat remisi Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah. Kepala...

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...
- Advertisement -