30 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Ombudsman Sumbar Terima 270 Aduan Pada 2015
O

Kategori -

Padang – Lembaga negara pengawasan pelayanan publik Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) menerima 270 pengaduan masyarakat sepanjang 2015.

“Dari 270 pengaduan tersebut, 141 diantaranya terkait layanan publik oleh pemerintah daerah terutama kabupaten dan kota,” kata Kepala Ombudsman perwakilan Sumbar, Yunafri di Padang, Rabu.

Menurutnya laporan paling banyak berasal dari Padang meliputi Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD), kecamatan, kelurahan, terkait persoalan pendidikan, administrasi kependudukan, perumahan, kesehatan, perizinan, pertanahan, retribusi, pemakaman hingga lingkungan.

Kemudian daerah kedua yang paling banyak dilaporkan adalah Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 13 aduan dengan perincian persoalan izin, pendidikan, pertanian, irigasi, fasilitas umum dan kesehatan, kata dia.

Berikutnya, Kota Payakumbuh sebanyak tujuh laporan meliputi persoalan pendidikan, kesehatan dan kepegawaian.

Ia mengatakan persoalan yang paling banyak dilaporkan adalah layanan pendidikan sebanyak 44 aduan, kepegawaian 32 laporan, pertanahan 27 laporan, perhubungan dan infrastruktur 27 laporan, dan kepolisian 20 laporan.

Untuk layanan pendidikan meliputi pungutan, ujian nasional, sertifikasi guru, dan penerimaan siswa baru, kata dia.
Sementara layanan kepegawaian menyangkut seleksi CPNS, mutasi, gaji, pemecatan hingga pemberian sanksi, lanjutnya.

Sedangkan untuk layanan pertanahan meliputi penundaan berlarut penerbitan sertifikat, layanan pengaduan dan untuk infrastruktur terkait jalan rusak, sarana dan prasarana transportasi serta pungutan liar.

Lalu kepolisian meliputi dugaan penundaan berlarut dalam penanganan perkara atau laporan masyarakat yang telah di sampaikan.

Pada sisi lain Ombudsman menemukan penyimpangan pelayanan publik yang paling banyak dilaporkan adalah tidak memberikan pelayanan 28,52 persen, penundaan berlarut 20,4 persen, penyimpangan prosedur 18 persen dan permintaan uang atau pungutan liar 11, 48 persen.

Ia menyampaikan dari 270 pengaduan tersebut hampir semua telah ditindaklanjuti dan sebanyak 153 laporan telah selesai dan sisanya masih dalam proses.

Ia optimistis Ombudsman ke depan akan dapat menyelesaikan pengaduan masyarakat lebih cepat karena sudah ada dasar hukum Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

“Dalam pasal 351 kepala daerah diwajibkan melaksanakan rekomendasi Ombudsman, jika tidak akan diberi sanksi pembinaan khusus oleh Kemendagri,” kata dia.

Asisten Bidang Pencegahan Ombudsman perwakilan Sumbar, Adel Wahidi mengatakan statistik pengaduan masyarakat setiap tahun terus meningkat, ini pertanda baik kesadaran masyarakat untuk melapor semakin tinggi.

“2014 Ombudsman Sumbar menerima 241 aduan, tahun 2015 meningkat menjadi 270 laporan, meningkat hingga 15 persen lebih,” ujarnya.

Sebelumnya Komisi II DPR RI yang membidangi pemerintahan dalam negeri mendorong pemerintah daerah di Sumbar membenahi pelayanan publik agar bisa masuk zona kuning dan zona hijau.

“Hampir sebagian besar pelayanan publik di Sumbar masuk zona merah, kecuali Padang masuk zona kuning, kami mendorong agar pemerintah daerah terus membenahinya,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edy.

Menurut dia pelayanan publik pada yang ideal sudah harus berbasis teknologi informasi sebagai jaminan kemudahan bagi masyarakat.

Semua pelayanan publik harus menggunakan teknologi informasi sehingga lebih cepat dan akurat, lanjut dia. (Ant/Oleh Ikhwan Wahyudi)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.
- Advertisement -

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

Instruksi Gubernur Sumbar Dalam Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gubernur Sumatera Barat secara resmi menginstruksikan jajaran pemerintahan dan seluruh masyarakat di Sumbar untuk turut serta dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI.
- Advertisement -

Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman Galang Dana Bantuan Untuk Gilang Penderita Kanker Hati

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Kepedulian Partai Gerindra terhadap masyarakat kurang mampu terkhusus kepada warga yang menderita penyakit terus mengalir bantuan, setidaknya dapat meringankan kehidupan mereka.

Kakankemenag Padang Panjang Lantik Emi Ratna Aprilana Sebagai Kasi Penmad

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Drs. H. Gusman Piliang, MM lansung pimpin Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Senin (02/08/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -