31 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Ombudsman Sumbar Terima 270 Aduan Pada 2015
O

Kategori -

Padang – Lembaga negara pengawasan pelayanan publik Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) menerima 270 pengaduan masyarakat sepanjang 2015.

“Dari 270 pengaduan tersebut, 141 diantaranya terkait layanan publik oleh pemerintah daerah terutama kabupaten dan kota,” kata Kepala Ombudsman perwakilan Sumbar, Yunafri di Padang, Rabu.

Menurutnya laporan paling banyak berasal dari Padang meliputi Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD), kecamatan, kelurahan, terkait persoalan pendidikan, administrasi kependudukan, perumahan, kesehatan, perizinan, pertanahan, retribusi, pemakaman hingga lingkungan.

Kemudian daerah kedua yang paling banyak dilaporkan adalah Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 13 aduan dengan perincian persoalan izin, pendidikan, pertanian, irigasi, fasilitas umum dan kesehatan, kata dia.

Berikutnya, Kota Payakumbuh sebanyak tujuh laporan meliputi persoalan pendidikan, kesehatan dan kepegawaian.

Ia mengatakan persoalan yang paling banyak dilaporkan adalah layanan pendidikan sebanyak 44 aduan, kepegawaian 32 laporan, pertanahan 27 laporan, perhubungan dan infrastruktur 27 laporan, dan kepolisian 20 laporan.

Untuk layanan pendidikan meliputi pungutan, ujian nasional, sertifikasi guru, dan penerimaan siswa baru, kata dia.
Sementara layanan kepegawaian menyangkut seleksi CPNS, mutasi, gaji, pemecatan hingga pemberian sanksi, lanjutnya.

Sedangkan untuk layanan pertanahan meliputi penundaan berlarut penerbitan sertifikat, layanan pengaduan dan untuk infrastruktur terkait jalan rusak, sarana dan prasarana transportasi serta pungutan liar.

Lalu kepolisian meliputi dugaan penundaan berlarut dalam penanganan perkara atau laporan masyarakat yang telah di sampaikan.

Pada sisi lain Ombudsman menemukan penyimpangan pelayanan publik yang paling banyak dilaporkan adalah tidak memberikan pelayanan 28,52 persen, penundaan berlarut 20,4 persen, penyimpangan prosedur 18 persen dan permintaan uang atau pungutan liar 11, 48 persen.

Ia menyampaikan dari 270 pengaduan tersebut hampir semua telah ditindaklanjuti dan sebanyak 153 laporan telah selesai dan sisanya masih dalam proses.

Ia optimistis Ombudsman ke depan akan dapat menyelesaikan pengaduan masyarakat lebih cepat karena sudah ada dasar hukum Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

“Dalam pasal 351 kepala daerah diwajibkan melaksanakan rekomendasi Ombudsman, jika tidak akan diberi sanksi pembinaan khusus oleh Kemendagri,” kata dia.

Asisten Bidang Pencegahan Ombudsman perwakilan Sumbar, Adel Wahidi mengatakan statistik pengaduan masyarakat setiap tahun terus meningkat, ini pertanda baik kesadaran masyarakat untuk melapor semakin tinggi.

“2014 Ombudsman Sumbar menerima 241 aduan, tahun 2015 meningkat menjadi 270 laporan, meningkat hingga 15 persen lebih,” ujarnya.

Sebelumnya Komisi II DPR RI yang membidangi pemerintahan dalam negeri mendorong pemerintah daerah di Sumbar membenahi pelayanan publik agar bisa masuk zona kuning dan zona hijau.

“Hampir sebagian besar pelayanan publik di Sumbar masuk zona merah, kecuali Padang masuk zona kuning, kami mendorong agar pemerintah daerah terus membenahinya,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edy.

Menurut dia pelayanan publik pada yang ideal sudah harus berbasis teknologi informasi sebagai jaminan kemudahan bagi masyarakat.

Semua pelayanan publik harus menggunakan teknologi informasi sehingga lebih cepat dan akurat, lanjut dia. (Ant/Oleh Ikhwan Wahyudi)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.
- Advertisement -

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.
- Advertisement -

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -