25.1 C
Padang
Rabu, September 29, 2021
Beritasumbar.com

Pohon Kebahagiaan, Watering..
P

Kategori -
Text Box: Tayang Live/Ulang
Dalam Talkshow Radio
BINKAI
(Bincang-Bincang Inklusif Keluarga dan Anak Indonesia
#genreradio107.9fmpadang
#b’du_radiopangkalpinang
#RRIpekanbaru
#B_InRadio BkkbNofficial
#RadioPemdaDeliSerdang

Cerita Berseri:

Seribu Asa untuk Bahagia

Seri 3/1000

Oleh : H. Nofrijal, MA

Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e

Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata air, memancar dan mengalir mengikuti bantalan sawah, sesekali hujan rahmat pada musimnya turun saling melengkapi sumber mata air yang ada. Demikianlah, kebahagiaan (happiness) yang menjadi dambaan hampir semua keluarga dan penduduk. BKKBN di awal kelahirannya telah menempatkan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS) sebagai “tagline of mass campaign” nya, semua mengacungkan dan bersuara “dua anak cukup, laki-laki perempuan sama saja”.

Kendatipun “tepian berubah”, dinamika bergerak dan era milineal tampil dengan revolusi Industri 4.0 serta revolusi “socio-tech 5.0” merambah relung kehidupan, “bahagia” tetap menjadi kata kunci dan cita-cita kolektif. Tahukah anda… diera pendekatan baru BKKBN dengan new branding nya telah menempatkan 3 prasyarat utama menjadi keluarga berkualitas yakni “tentram, bahagia dan mandiri”, tiga cita-cita serangkai yang ditumbuh-kembangkan “daily life” dan akan diinternalisasikan sebagai norma baru kehidupan keluarga Indonesia di masa depan.

Sekarang bagaimana membangun kebahgiaan “luar dan dalam, lahir dan bathin”, baik yang berasal dari dorongan dalam (inner) maupun dari faktor luar (outer), atau kedua-duanya secara paralel, gagasannya disebut dengan “senyawa kebahagiaan”.

Terdapat 4 senyawa kebahagiaan yang saling mengisi dan berbagi tugas,  yakni Dopamine; Oxytocin; Endorphin/Endorfin; dan Serotonin. Untuk lebih kenal dan mengenal, memudahkan untuk mengingat bisa di singkat dengan DOES (melakukan sesuatu. Ingat “does” ingat kebahagiaan.

Senyawa pertama disebut dengan “DOPAMINE”, adalah satu senyawa kimia organik yang berasal dari keluarga “katekolamin” (sekelompok hormon yang bertugas melawan stress) dan “fenetilamina” (system saraf). Doparmine berfungsi sebagai hormon dan neurotransmiter dan mempunyai peran penting dalam tubuh dan otak, biasanya disebut dengan “reward chemical” (anugrah). Hormon ini mempengaruhi aktifitas manusia, mulai dari kemampuan mengingat hingga menggerakan anggota tubuh, sehingga disebut juga dengan hormon pengendali emosi. Dopamin, dapat diransang dan dikembangkan secara maksimal dengan melakukan (1) Makanan yang enak-enak dan tentu enak sekali, sesuai dengan takaran dan anjuran sehat, (2) Menyediakan waktu istirahat yang cukup dan teratur, break, break break sampai dengan day off,  (3) Menghangatkan diri dengan mandi air hangat, bersantai di pantai dan selalu bersih.

Senyawa Kedua disebut dengan “OXYTOCIN”. Hormon pada diri manusia yang berfungsi untuk merangsang kontraksi yang kuat pada dinding rahim/uterus sehingga mempermudah dalam membantu proses kelahiran. Hormon ini juga berfungsi mensekresi air susu dengan memberikan ransangan kontraksi duktus laktiferus (air susu yang keluar dari putting ibu) kelenjar mammae pada ibu menyusui. Ini termasuk hormon kebahagiaan, karena memberikan ASI adalah formula I untuk mewujudkan idaman hati. Hal-hal praktis harian yang bisa dilakukan dalam merangsang “OXYTOCIN” adalah (1) Berbagi cerita antar pasangan dan anak-anak, (2) Menjaga sentuhan physik pasangan dengan sedikit nakal dan romance, (3) Berbuat/melakukan dan menyenangi kebaikan dan menyantuni. Sangat dianjurkan tanpa melihat waktu dan batas.

Senyawa Ketiga dikenal dengan “ENDORPHINE”. Adalah senyawa kimia “neuropeptida opioid lokal” (molekul kecil yang mirip protein yang digunakan oleh neuron untuk berkomunukasi satu sama lain dan hormon peptida yang membuat seseorang merasa senang dan biasanya meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas). Endorfin diproduksi oleh system saraf dan kalenjar “pituitari”(organ kecil yang berada di bawah otak) pada saat manusia bahagia dan mendapat istirahat yang cukup. Hormon endorfine ini juga disebut dengan “pain killer”, teman sejati dalam membunuh rasa sakit, untuk meningkatkan dan menjaga hormon endorphine, ada cara-cara sederhana untuk bisa dipraktikan sehari hari yakni (1) berolahraga ringan dan sesuai dengan kebutuhan, tentu disetting sesuai dengan kadar yang dimiliki mulai dari gerak badan ringan, berjalan, berlari-lari kecil dan bersepeda, (2) mencari dan menyediakan waktu untuk ketawa dan tersenyum, tersenyum adalah “pain killer” berikutnya dan teraphy senyum adalah penangkal penyakit yang efektif. (3) Mendengarkan, mengikuti dan menikmati musik dan suara-suara indah lainnya, banyak waktu dan banyak tempat untuk melakukannya.

Senyawa Keempat disebut dengan “SEROTONIN”. Adalah suatu neurotransmitter monoamino (obat yang biasa digunakan untuk mengurangi stress) yang disintensiskan pada neuron neuron serotonergis dalam system saraf terpusat bersama dengan sel-sel enterokromarfin dalam saluran pencernaan. Hormon ini dipercayai sebagai pemberi perasaan nyaman dan senang. Fungsinya adalah berperan sebagai neurotransmitter yaitu pengantar sinyal antar jaringan saraf. Jadi selain memperngaruhi suasana hati, hormon serotonin juga berperan dalam berbagai fungsi tubuh yang lain, seperti pencernaan, proses pembekuan darah, pembentukan tulang dan fungsi seksual.

Peran hormon serotonin sangat penting bagi tubuh manusia karena bermanfaat mengelola “suasana hati”, termasuk mencegah depresi. Good news, ada cara mudah untuk meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh, guna menjaga suasana hati tetap bahagia dan positif. Orang awam sering menyebutnya “positive thinking”.

Bagaimana menjaga dan menumbuhkan “serotonin” untuk menjaga mood (mood stabilities) dalam tubuh, ada beberapa kiat praktis dan konsisten (1) Rutin berdoa dengan khusu’ dan beribadah, konsisten dalam melaksanakan ritual keagamaan dan aktifitas sosial keagamaan, (2) Melakukan berjemur setiap hari sesuai dengan anjuran ahli, (3) Berjalan dan menikmati keindahan alam dan suasana alami disekitar kita.

Ayo bahagia… semua bisa!!

Jakarta, 20 Juli 2021 / 10 Zulhijah 1442

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Minang Diaspora Bantu Sembako Korban Kebakaran Pasar Baso

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Minang Diaspora memberikan bantuan sembako kepada korban kebakaran Pasar Baso, Kabupaten Agam, Jumat sore (24/9/2021). Bantuan sembako langsung diserahkan Wakil Bendahara Minang...
- Advertisement -

Jelang ANBK Tahun 2021, Kemenag Padang Panjang Gelar Rapat Finalisasi Teknis Bersama Proktor

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga memberikan arahan dan motivasi terhadap Proktor ANBK dalam Rapat Persiapan Finalisasi Teknis Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 bersama seluruh Froktor ANBK dari Madrasah Negeri/Swasta se Kota Padang Panjang di Aula Kankemenag, Rabu Siang (22/09/2021)

Minang Diaspora Bantu Sembako Korban Kebakaran Pasar Baso

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Minang Diaspora memberikan bantuan sembako kepada korban kebakaran Pasar Baso, Kabupaten Agam, Jumat sore (24/9/2021). Bantuan sembako langsung diserahkan Wakil Bendahara Minang...
- Advertisement -

Trik Aman Belanja Online Dikupas di Pasaman Barat

Pasaman Barat,BeritaSumbar.com, — Untuk menjaga masyarakat agar tidak menjadi korban penipuan di era digital, Kementerian Kominfo RI menghadirkan webinar di Pasaman Barat, (4/9).

Dampak Positif Media Sosial Dikupas di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Media sosial merupakan sebuah wadah yang dapat dilakukan untuk apa saja dan untuk berbagai sektor. Dampak positif bermedia sosial tergantung dari apa yang dilakukan di akun pengguna.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pelatihan Bahasa Isyarat di MKS, Marfendi: Mungkin Pertama di Indonesia

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pelatihan bahasa isyarat dilaksanakan di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi diikuti berbagai kalangan, seperti dari pemerintahan kota, kepolisian dan perbankan. Wakil...

Tinjau Pelaksanaan Seleksi CPNS 2021, Bupati Lima Puluh Kota Ingatkan Prokes Covid 19 dan Motivasi Pada Peserta

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-- Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo melakukan peninjauan secara langsung pelaksanaan Tes Sekeksi Kemampuan Dasar (SKD) hari pertama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di SMPN 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota pada, Rabu (15/9/2021)

Tinjau Belajar Tatap Muka di Sekolah, Bupati: Kolaborasi Pemda dan Satgas Covid-19

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Menyikapi kondisi pandemi Covid-19 dan pembelajaran di tahun ajaran baru 2021/2022 bersifat dinamis mengacu pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah, dan Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo meninjau dan langsung beberapa sekolah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

Cara Aman Transaksi Elektronik, Ini Webinar Kemenkominfo RI di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,— Era digital ditandai dengan transaksi finansial yang tidak lagi menggunakan uang tunai. Melainkan menggunakan sarana elektronik, seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debet, kartu kredit, serta transaksi yang menggunakan teknologi tinggi seperti e-banking, e-commerce, atau epayment.

Bukittinggi Apresiasi Kerja Tim Pemadam yang Menjinakkan Api di Pasar Bawah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran tim pemadam kebakaran, yang terjun menjinakkan api membakar los dan kios...

Polres Padang Pariaman Amankan Pencuri Besi Rel Kereta Api

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman gabungan dengan anggota Polsek Lubuk Alung telah menangkap tersangka pencurian besi padu rel...

dr. Reisa: Daftar Vaksin Sekarang Juga, Stok Vaksin Tersedia

Jakarta,- Juru Bicara Pemerintah, dr. Reisa Broto Asmoro, mendorong masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk segera mendaftarkan dirinya. Menurutnya, Bio Farma telah menyatakan siap untuk mengirim 18 juta dosis vaksin Covid-19 ke seluruh Provinsi di Indonesia di bulan September ini.

Konsepsi: Harapan & Kecemasan

Artikel Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia (ABSAB) Seri 14/1000 “Konsepsi: Harapan & Kecemasan” ------------------------------------------------------------------------------------- Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sebuah ungkapan “kau datang, aku tunggu”, demikian...

Kadis Kominfo Padang Pariaman Beberkan Tips Produktif di Dunia Maya

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Melalui webinar literasi digital yang digelar secara virtual baru-baru ini, Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman, Zahirman membeberkan tips memanfaatkan internet secara bijak dan produktif.

Sikapi Surat Bupati Padang Pariaman, Forkopimca Ulakan Tapakih Lakukan Pengawasan dan Penertiban Usaha Tambak di Wilayahnya.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Menindaklanjuti Surat Bupati Padang Pariaman nomor 300/313/DPMPTP/VIII-2021 tentang Pengawasan dan Penertiban Pelaksanaan Kegiatan Usaha Tambak Udang, diperintahkan kepada Camat yang ada di wilayah pesisir untuk berkoordinasi dengan Forkopimca dan instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan.
- Advertisement -