25.9 C
Padang
Kamis, Januari 27, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)
T

Kategori -
- Advertisement -

Cerita Berseri:

Seribu Cerita untuk Bahagia

Seri 2/1000 Cerita

Oleh : H. Nofrijal, MA

Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e

Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia paling produktif seseorang adalah dari 60 hingga 70 tahun; Tahap manusia paling produktif ke-2 adalah usia 70 sampai 80 tahun; Tahap paling produktif ke-3 – usia 50 dan 60 tahun. Sebelum itu, orang tersebut belum mencapai puncaknya. Usia rata-rata penerima Hadiah Nobel adalah 62 tahun; Usia rata-rata presiden dari 100 perusahaan terbesar di dunia adalah 63 tahun; Usia rata rata hidup bahagia ialah 60-63 tahun.Usia rata rata orang lebih bijaksana ialah 59 ke atas. Ini menegaskan bahwa tahun-tahun terbaik dan paling produktif seseorang adalah antara 60 dan 80 tahun.

Penelitian ini diterbitkan oleh tim dokter dan psikolog di NEW ENGLAND JOURNAL OF MEDICINE. Mereka menemukan bahwa pada usia 60 Anda mencapai puncak potensi emosional dan mental Anda, dan ini berlanjut hingga Anda berusia 80 tahun. Oleh karena itu, jika Anda berusia 60, 70 atau 80 tahun, Anda berada pada level terbaik dalam hidup Anda.

Dari sumber New England Journal of Medicine, kita dapat cerita menarik tentang “aging population” (penduduk yang menua), yang setiap waktu jumlah dan proporsinya semakin naik, baik secara global maupun regional dan nasional.

Pendapat yang paling menonjol adalah dari Direktur Fakultas Kedokteran Universitas George Washington: bahwa otak orang tua jauh lebih plastis (elastis dan fleksibel) daripada yang diyakini banyak orang secara umum.  Pada usia lanjut, interaksi belahan otak kanan dan kiri menjadi harmonis, yang memperluas kemungkinan munculnya kreatifitas puncak.  Itulah sebabnya di antara orang-orang yang berusia di atas 60 tahun, bisa ditemukan banyak kepribadian yang baru saja memulai kegiatan kreatif mereka. Kreatif, kren kren !!

Tentu saja, otak tidak lagi secepat di masa muda.  Namun, ia menang dalam fleksibilitas.  Itulah sebabnya, seiring bertambahnya usia, mereka cenderung membuat keputusan yang tepat dan lebih jarang terkena emosi negatif.  Puncak aktivitas intelektual manusia terjadi pada usia sekitar 70 tahun, ketika otak mulai bekerja dengan kekuatan penuh. Puncak kreatifitas otak inilah yang menjelma menjadi kekuatan baru perkembangan kehidupan manusia, mungkinkah dunia ini kembali ke era nya nabi-nabi Allah di awal terbentuknya bumi, ketika Nabi Adam, Nabi Nuh dan lainnya berusia panjang dengan kearifan yang tak terhingga, wallahualam bissawab.

Seiring bertumbuhnya waktu, jumlah mielin (pembungkus akson, ibarat kabel listrik yang mengantarkan listrik, dimana akson adalah kabel listrik dan mielin adalah pembnungkus kabel) di otak meningkat, zat yang menfasilitasi perjalanan cepat sinyal antar “neuron” (unit kerja system saraf terpusat).  Oleh karena ini, kemampuan intelektual meningkat 300% dibandingkan rata-rata.

Dan puncak produksi aktif zat ini jatuh pada usia 60-80 tahun.  Yang juga menarik adalah fakta bahwa setelah 60 tahun, seseorang dapat menggunakan 2 belahan otak (kiri-kanan) secara bersamaan.  Ini memungkinkan Anda untuk memecahkan masalah yang jauh lebih kompleks, jauh lebh rumit dan jauh lebih menantang.

Masih dalam Journal yang sama, Profesor Monchi Uri dari Universitas Montreal percaya bahwa otak orang lanjut usia memilih jalur yang paling tidak membutuhkan energi, memotong yang tidak perlu dan hanya menyisakan pilihan yang tepat untuk memecahkan masalah.  Sebuah penelitian dilakukan di mana kelompok usia yang berbeda mengambil bagian.  Orang-orang muda banyak yang bingung ketika lulus ujian, sementara mereka yang berusia di atas 60 tahun membuat keputusan yang tepat. Ini dibuktikan “tetua adat” suatu komunitas adat dan budaya, yang bermusyawarah dan mengambil keputusan yang melegakan banyak pihak. Itu ada di Minangkabau dan sekitarnya.

Sekarang mari kita lihat ciri-ciri otak pada usia 60-80 tahun.  Mereka benar-benar cerah dan mencerahkan.

Fitur Otak Lanjut Usia

Tidak dapat dipungkiri, keajaiban otak lanjut usia sulit untuk diduga, tetapi punya spesifik yang membuka ahli mendalaminya. Neuron (system terpusat) otak tidak mati, seperti yang dikatakan banyak orang di sekitar kita.  Ditambahkan mereka bahwa koneksi di antara mereka hilang begitu saja jika seseorang tidak terlibat dalam pekerjaan mental. Kelelahan dan kelupaan (fatigue and forgetfulness) muncul karena informasi yang meluap-luap.  Karena itu, kita (saya dan anda) tidak perlu memfokuskan seluruh hidup pada hal-hal sepele yang tidak perlu.

Dimulai pada usia 60 tahun, seseorang dalam mengambil keputusan tidak menggunakan satu belahan otak secara bersamaan, seperti anak muda, tetapi keduanya, bisa dilihat kekuatan rasional dengan kearifan. Jika seseorang menjalani gaya hidup sehat (healthy life style), bergerak, memiliki aktivitas fisik yang layak dan memiliki aktivitas mental yang joyable, kemampuan intelektual, maka tidak akan TURUN seiring bertambahnya usia, tetapi hanya TUMBUH, mencapai puncaknya pada usia 80-90 tahun.

Jangan takut tua bro/sis…!  Berusaha untuk bertumbuh (growth) secara intelektual.  Pelajari dan libatkan diri dengan kerajinan baru, aktivasi elemen spiritual, buat group musik dan dendangkan lagunya, belajar memainkan alat musik, melukis gambar!  Menari!  Tertarik pada kehidupan, bertemu dan berkomunikasi dengan teman, membuat rencana untuk masa depan, bepergian sebaik dan seaman mungkin.  Jangan lupa pergi ke toko, kafe, konser.  Oh ya, bermain caturlah dengan teman atau anak-anak muda di pojok tongkrongan. Jangan mengunci diri sendiri – itu merusak siapa pun.  Hiduplah dengan pemikiran: semua hal baik masih ada di depan saya!

Kepada mereka yang berada dalam perjalanan panjang tuanya, layak untuk berbangga ketika potensi dan cahaya itu akan bersinar, sebaliknya punya kelayakan juga untuk bersedih bilamana cahaya tua itu tidak mendapat sentuhan dinamis kehidupan. Ayo bahagia di hari tua.

Jakarta, 19 Juli 2021

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img