24 C
Padang
Selasa, September 28, 2021
Beritasumbar.com

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat
K

Kategori -

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.

Rombongan tersebut diterima langsung oleh Bupati Limapuluh Kota dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian Fitma Indrayani, SH, didampingi Camat Situjuah Limo Nagari Bapak Rahmat Hidayat beserta jajarannya, Kabid Pemuda Sakiman, juga dihadiri Kapolsek, Koramil dan pemuka masyarakat Situjuh.

Dalam Sambutan Fitma Indrayani Mengucapkan Kesannya Luar Biasa, karena pada tahun ini Lima puluh Kota masih dipercaya untuk ke empat kalinya menjadi kontestan di ajang Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Sumbar bidang pangan, yang terpilih pada tahun ini yaitu M.Hadid Qosim. ST dengan produknya Minuman Tradisional Kawa Daun.
“Kita berharap mudah-mudahan pada tahun ini kita bisa masuk pada tingkat nasional. “Harapnya.

Kawa daun adalah jenis minuman tradisional Minangkabau yang sudah ada sejak jaman penjajahan, bahkan ada berbagai versi mengatakan kawa daun sudah dikonsumsi oleh orang Minangkabau jauh sebelum VOC melakukan tanam paksa di negeri kita.

Melalui inovasi yang saat ini dikembangkan oleh M.Hadid Qasim yang akrap disapa Hadid, Kawa daun yang dulunya cuma dianggap minuman kelas bawah, sekarang sudah berevolusi menjadi minuman yang berkelas, yang bisa dinikmati oleh kaum muda milenial.

Lihat saja, berbagai varian dan dikemas dengan sangat menarik, Botolan siap saji dengan beraneka rasa, Dripbag, Celup, Bubuk, sebagian sudah tersedia dibeberapa pusat oleh-oleh di Payakumbuh, Bukittinggi dan Bandar Udara International Minangkabau, bahkan ada yang disajikan dalam bentuk Latteart layaknya di kefe-kafe.

“Usaha saya yang telah berdiri satu tahun ini memang tidak berjalan dengan lancar, tapi Alhamdullilah perlahan produk kawa daun kita sudah mulai diterima oleh masyarakat, semua tidak terlepas suport juga dukungan dari Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota serta kawan-kawan komunitas penggiat kopi Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota Bangkel Kopi Uda Parjock, Kopi LULI serta Mak Toigh juga kawan komunitas di media sosial sebagai media promosi.” Terang Hadid.

Lili Ahmadin, Kabid UPTD Logam Provinsi Sumbar, yang juga salah seorang juri pada lomba ini, sangat terkesan dengan usaha yang sedang dijalankan Hadid, dari semula minuman yang hanya dianggap sebagai minuman kelas bawah, dan sekarang melalui usaha kreatif Hadid sudah bisa dijadikan sajian kaum minelial.

Kepada Hadid Lili berpesan, “Pemuda Pelopor jangan takut untuk berbagi pengetahuan, Pemuda Pelopor diharapkan menjadi pemacu dalam pembangunan pemuda khususnya dalam aspek peningkatan kapasitas sumber daya manusia, diharapkan dapat mengurangi permasalahan pemuda, serta mampu mendorong peran pemuda dalam masyarakat yakni pemuda sebagai kekuatan moral, sebagai control sosial didalam masyarakat.” Ucapnya. (j.a)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Dampingi Walikota Menyalurkan Dana Zakat Program Padang Panjang Makmur, Cerdas, Sehat dan Peduli

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga memberikan Tausiyah dalam kegiatan penyaluran Dana Zakat Program Padang Panjang Makmur, Cerdas, Sehat dan Peduli dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Masjid Tauhid Kota Padang Panjang, Selasa (28/09/2021)
- Advertisement -

Dinkes Padang Pariaman Selenggarakan KIE Keamanan Pangan

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Wakil Bupati Padang Pariaman Drs Rahmang MM membuka Kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan...

Minang Diaspora Bantu Sembako Korban Kebakaran Pasar Baso

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Minang Diaspora memberikan bantuan sembako kepada korban kebakaran Pasar Baso, Kabupaten Agam, Jumat sore (24/9/2021). Bantuan sembako langsung diserahkan Wakil Bendahara Minang...
- Advertisement -

Kiat Melawan Hoaks Dikupas Tajam di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com — Machroni Kusuma, Founder Berita Indonesia Link menjelaskan cara membedakan hoaks atau bukan diantaranya sumber berita yang tidak jelas, disain yang aneh, bahasa yang provokatif, diminta untuk viralkan dan banyak tanda seru dan huruf besar.

Kepsek SMAN 1 Harau Beberkan Dampak Negatif Media Sosial

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, — Kepala SMAN 1 Harau Afrizal menyebut media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media untuk bersosialiasi dan berinteraksi, media untuk bermain game, media untuk saling memfasilitasi berbagi file, serta media untuk menuliskan artikel.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kiat Melawan Hoaks Dikupas Tajam di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com — Machroni Kusuma, Founder Berita Indonesia Link menjelaskan cara membedakan hoaks atau bukan diantaranya sumber berita yang tidak jelas, disain yang aneh, bahasa yang provokatif, diminta untuk viralkan dan banyak tanda seru dan huruf besar.

Dampak Positif Media Sosial Dikupas di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Media sosial merupakan sebuah wadah yang dapat dilakukan untuk apa saja dan untuk berbagai sektor. Dampak positif bermedia sosial tergantung dari apa yang dilakukan di akun pengguna.

Didampingi Kadisparpora dan Ketua KONI, Bupati Safaruddin Serahkan Bantuan Atlet dan Pelatih PON XX

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Tiga atlet berikut satu pelatih binaan KONI Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, dipastikan akan segera berangkat ke Papua untuk memperkuat kontingen olahraga Sumbar dalam ajang PON XX Papua. Selain dukungan moril, ke empat atlit dan pelatih Luak Nan Bungsu itu juga dibekali bantuan transportasi-gizi.

Kepsek SMAN 1 Harau Beberkan Dampak Negatif Media Sosial

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, — Kepala SMAN 1 Harau Afrizal menyebut media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media untuk bersosialiasi dan berinteraksi, media untuk bermain game, media untuk saling memfasilitasi berbagi file, serta media untuk menuliskan artikel.

Pemkab Dukung Pembangunan Gedung Kejaksaan Negeri Kabupaten Limapuluh Kota

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menerima kunjungan kerja Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Anwarudin Sulistiyono di aula rumah dinas Bupati Lima Puluh Kota, Senin (20/09/2021). Kunjungan juga disambut oleh Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra, Asisten I, dan Kepala OPD.

Bupati Buka Acara Bimtek Pengelolaan Perpustakaan

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com,-Bupati Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, menghadiri dan membuka secara langsung Acara Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lima Puluh Kota, bertempat di aula pertemuan cahaya 2, hotel Sago bungsu, Lubuak Batingkok Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Selasa (21/9/2021).

Warga Kampus Bantu UKT Mahasiswa

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dampak Pandemi Covid –19 sangat berpengaruh terhadap kelanjutan pendidikan di Indonesia. Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (Politani) juga merasakan dampak tersebut, ada sebagain mahasiswa mengalami kesulitan membayar UKT/ SPP di Semester Ganjil 2021/2022 ini.

Masuk 100 Pelaksana, Puluhan Peserta Ikuti Sekolah Kader Pengawasan Di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat menjadi salah satu daerah dari 100 titik yang ditunjuk oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI sebagai...

Literasi Digital, Melanie Soebono Hadir Virtual di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Aktris sekaligus musisi senior yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup, Melanie Soebono hadir secara virtual menyapa warga Kabupaten Limapuluh Kota. Melanie menjadi narasumber Literasi Digital yang diprakarsai Kemenkominfo, Sabtu (21/8).

Berikut Hal Yang Tidak Boleh Disebar di Internet

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Warga Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, diminta untuk waspada mengumbar data pribadi di internet. Berikut sederet hal yang tidak boleh disebar di internet menurut pakar yang dihadirkan Kemenkominfo via webinar.
- Advertisement -