24 C
Padang
Rabu, Desember 1, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Peringati HKN, dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bersama BPJS Himbau Masyarakat Cuci Tangan Pakai Sabun
P

- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54, Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz, dan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Elzadaswarman bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Ryan Abdullah Putra, mengkampanyekan gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Lapangan Sungai Durian Puskesmas Lampasi, Kecamatan Lamposi Tigo Nagari, Senin (22/10). Dihadapan ratusan tenaga kesehatan dan murid SD se-Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz mencoba mendorong kembali semangat untuk hidup bersih dan sehat.
Dalam pidatonya, Erwin Yunaz memberikan pemahaman bagaimana standar kesadaran hidup bersih antara orang Indonesia dengan orang Eropa. Dimana dalam pengamatannya selama ini seperti di Bandara, 99 persen orang Eropa keluar dari toilet selalu mencuci tangan dengan sabun. Sedangkan orang Indonesia tidak seberapa yang keluar dari toilet yang mencuci tangannya.
“Walaupun sepertinya ini hal sepele, tetapi ini cukup efektif mensterilkan kuman dan virus yang melekat ditangan. Itu makanya orang Eropa memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat daripada orang Indonesia. Amati saja di toilet Bandara dan lihat bagaimana kebiasaan bule saat mau keluar dari toilet, pasti cuci tangan,” kata Erwin Yunaz.
Menurut Erwin, mencuci tangan dan hidup bersih itu adalah mindset positif. Untuk menanamkan sebuah mindset harus dilatih dan dibiasakan. Jika hal ini sudah terlaksana, akan menjadi sebuah kebiasaan yang memiliki efek yang sangat bagus bagi kehidupan pribadi maupun lingkungan.
“Jika mindsetnya sudah benar dan positif, akan bermanfaat bagi kehidupan secara pribadi maupun lingkungan. Tatanan hidup bersih akan mengikuti kita sepanjang hari dan pasti akan selalu terlihat rapi. Marilah kita mulai dengan membiasakan diri dengan membersihkan tangan setelah melakukan aktivitas,” kata Erwin .
“Selain itu kita sangat berterima kasih sekali atas dukungan dari berbagai pihak terutama BPJS Kesehatan, yang telah berpartisipasi baik Materil maupun Non-Materil dalam acara ini. Dimana berkat andil BPJS Kesehatan dari seluruh Kabupaten Kota di Indonesia kita termasuk salah satu Kota yang mendapatkan penghargaan dari Presiden sebagai Kota Sehat dengan Universal Health Coverage ,” katanya.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Ryan Abdullah Putra mengapresiasi kegiatan mengkampanyekan gerakan cuci tangan dengan sabun di Payakumbuh. Menurutnya, dengan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini kepada anak usia sekolah dasar, maka kedepan akan lahir generasi sehat di Payakumbuh.
“Kita apresiasi kegiatan ini dan kita BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh mendukung. Karena melalui pola hidup bersih dan sehat salah satunya gerakan cuci tangan dengan sabun akan menjadi budaya dan akan lahir generasi sehat di Payakumbuh pada masa akan datang,” sebutnya kepada wartawan disela-sela kegiatan.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img