27 C
Padang
Sabtu, Oktober 16, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Perekaman E-KTP Dipacu, Pelayanan Sampai Ke Sekolah
P

Kategori -
- Advertisement -

Pelayanan excellent terus dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Payakumbuh, dalam memberikan kartu tanda penduduk (KTP) warga Payakumbuh. Terhadap warga kota yang berusia 15 sampai 17 tahun, dan belum melakukan perekaman e-KTP, dikejar petugas sampai ke sekolah-sekolah. Hingga 20 September 2013, sudah tercatat 78.070 penduduk kota ini yang sudah terekam, untuk diterbitkan e-KTP mereka.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Payakumbuh Drs. Iqbal Bermawi, di Balaikota di Bukik Sibaluik, Senin (23/9), menginformasikan, hasil pendataan tahun lalu, Payakumbuh ditargetkan mampu melakukan perekaman e-KTP buat 73.500 orang. Target tersebut sudah terlewati sebanyak 4.570 orang (6,21%).

Berdasarkan edaran Mendagri, agar setiap kabupaten/kota di Indonesia, terus melakukan perekaman e-KTP bagi yang berusia, 15 sampai 17 tahun, makanya Discapil Kependudukan terus memburu mereka sampai ke sekolah. Menurut Iqbal, mereka yang berusia itu, banyak berada di sekolah-sekolah. Kegiatan itu, akan terus dilakukan dari satu sekolah ke sekolah lainnya, ungkap Iqbal.

Dibagian lain dikatakan, setelah perekaman e-KTP, bukan berarti KTP yang bersangkutan langsung keluar. Melainkan, harus menunggu beberapa bulan, karena pembuatannya masih ditangani pemerintah pusat. Bagi warga yang masa berlaku KTP-nya sudah habis, dapat diperpanjang di Kantor Kecamatan atau datang langsung ke Kantor Dinas Kependudukan dan Capil di Jalan Imam Bonjol di Kelurahan Padang Tinggi, Payakumbuh Barat. Semuanya gratis atau tak ada pungutan, tegas Iqbal. KTP manual itu, tambahnya, berlaku hingga Desember 2013.

Total 78.070 perekaman e-KTP yang sudah dilakukan, 66 ribu lebih KTP elektronik itu sudah disalurkan kepada pemiliknya. Mudah-mudahan, hingga Desember tahun ini, seluruh e-KTP itu sudah sampai di Payakumbuh, dan dapat diambil warga disetiap kantor kelurahan, dengan membawa foto copy kartu keluarga.

Dari 78.070 perekaman e-KTP, dari Kecamatan Payakumbuh Barat tercatat 30.202 jiwa, Kecamatan Payakumbuh Utara 18.766 jiwa, Kecamatan Payakumbuh Timur 16.740 jiwa, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori 6.056 jiwa, dan Kecamatan Payakumbuh Selatan 6.306 jiwa.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img