25 C
Padang
Kamis, Oktober 24, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

PENA'98 Sulteng Serahkan Dokumen Visual & Foto2 Reformasi 98 Sulteng ke Arsip Daerah.
P

Kategori -
- Advertisement -

Palu,BeritaSumbar.com,-Di acara Komunitas Historia Sulteng dlm rangka Hari Arsip Nasional, Presidium PENA’98 Sulteng, bung Yahdi Basma menyerahkan secara resmi sejumlah dokumen Gerakan Mahasiswa & Rakyat Palu di era 1998 saat mengusung isu “lawan Orde Baru”.
“Kala itu, tahun 90an, kita ketahui bersama, jangankan mengkritik Presiden, membaca buku2 kritis saja, kita bisa ditangkap. Nah, apa yg kita nikmati sekarang sebagai kebebasan berekspresi, tentu bagian dari yg dicita2kan oleh Gerakan Reformasi 98 dahulu. Hampir seluruh kota2 di Indonesia kala itu bergerak dengan isu sama, menuntut Orde Baru yg berkuasa 32th turun dari takhta nya”, ujar Yahdi saat diberi kesempatan bicara di depan sejumlah peserta yg hadir, dari kalangan OPD terkait, Siswa dan ormas terkait.
Yang memprihatinkan kata Yahdi, saat ini, NEGARA lebih fasih bicara REFORMASI daripada warga sipil, padahal, REFORMASI adalah gerakan masyarakat sipil mendorong pemberantasan KKN kala itu. Seluruh instansi Pemerintah termasuk TNI/POLRI bahkan miliki SKep ttg Reformasi Internal nya. Termasuk Depdagri, punya visi reformasi birokrasi.
“Nah, untuk & dalam itulah, kita perlu reaktualisasi, bahwa sejarah Gerakan Reformasi, perlu tetap digelorakan, agar cita-cita Reformasi 98 tetap kita kawal dan tagih kepada Rejim siapapun yg berkuasa. SEJARAH adalah cermin bagi Generasi untuk memastikan bahwa di masa depan, kita masih miliki harapan”, tegas Yahdi yg wakili generasi 98 di acara tsb.
Yahdi serahkan resmi 1 set dokumen visual berupa Aksi Demonstrasi 14.000an massa di Gedung DPRD Provinsi Sulteng Jl.Sam Ratulangi tgl 20 Mei 1998 serta sejumlah foto2 inventaris PENA’98 di peristiwa Mei 98 Gedung MPR/DPR Jakarta dan Lokal Palu. Arsip tsb diterima resmi oleh Marjan, S.Sos, Pejabat di Dinas Kearsipan & Perpustakaan Kota Palu, sebagai amanat Peraturan Pemerintah No.28/2012 ttg Pelaksanaan UU 43/2009 ttg Kearsipan.
Arsip yg diserahkan tsb adalah reproduksi dokumen yg akan dipamerkan dalam Peringatan 20th Reformasi 98 yg akan digelar PENA’98 di beberapa Kampus di Palu dari 12 sd 27 Mei 2018 ini.(*/rel)
Jaya Rahman: Ketua Pelaksana Peringatan 20th Reformasi 98 Sulteng.
HP/WA 0823 8577 7118.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img