Tanah Datar,Beritasumbar.com – Pemuda beserta masyarakat Nagari Buo resmikan sasaran silat sementara Rajo Adat Sati Buo,Sabtu 07/03/2020 di lahan warga Polak Koto Jorong Ustano.

Dibangunnya sasaran silat ini,karena kepedulian kita terhadap seni budaya yang ditinggalkan oleh leluhur “ucap Adrian Ramadhan Yalsi.”beberapa kali di rencanakan mendirikan sasaran, alhamdulillah malam ini bisa kita pakai sasaran ini untuk latihan silat adik – adik kita meskipun masih seadanya dari swadaya kita,” jelas guru sekaligus pengurus sasaran.

Senada dengan adrian,pengurus lainnya Defri satria mengatakan,saya bersyukur akhirnya sasaran ini berdiri juga,bermodalkan bambu sebagai tonggak dan terpal guna atapnya,kami tetap bangga bisa terwujud juga apa yang kami inginkan walaupun tidak seperti sasaran yang sebelumnya,tapi harapan kami kedepannya mudah mudahan pemerintah dapat memperhatikan kami hendaknya.

Jufri Yon selaku pembina sasaran menyampaikan,dengan berdirinya sasaran silat ini semoga dapat menimbulkan kegiatan positif di kalangan remaja nagari,seperti dapat melestarikan budaya kita terutama silat,randai,tari dan yang lainnya.hanya saja masih banyaknya kendala kita didalam hal pendanaan,oleh karenanya kita akan bentuk struktur kepengurusan terlebih dahulu agar kita bisa mengajukan bantuan baik terhadap pemerintahan Nagari maupun keperantau.

Kasi pemerintahan Nagari Buo Riri Agusti mengatakan,kami dari pemerintahan Nagari Buo sangat mengapresiasi sekali dengan berdirinya sasaran silat ini,pemerintahan nagari selalu mendorong serta mendukung kegiatan ini,seperti mengangarkan dana untuk kegiatan GSB pertahunnya dan insya allah kita akan usahakan dana pembangunan sasaran permanennya tahun depan melalui Musrenbang.

Sementara itu anis selaku bundo kanduang juga menyampaikan,kami sebagai anak nagari sangat bangga dan merasa terhimbau dengan kegiatan semacam ini,sebab itu kami akan suport terus dan membantu apapun yang akan dilakukan disasaran silat ini.(haries)

loading...