25 C
Padang
Senin, Januari 25, 2021
Beritasumbar.com

Payakumbuh Darurat Asap, Sekolah Libur Tiga Hari
P

Kategori -

Plh. Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar, menyatakan, Payakumbuh Darurat Asap. Pernyataan tersebut dituangkan dalam surat keputusan walikota, menyusul rapat terpadu yang dipimpin langsung Asisten I Setdako Yoherman, SH bersama sejumlah pimpinan SKPD terkait, di ruang rapat sekdako, Senin (7/9). Terhitung, Selasa (8/9), hingga Kamis (10/9), seluruh sekolah dinyatakan libur.

Keterangan Asisten I Yoherman didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ir. Yufnani Awai, di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Senin (7/9), keputusan penetapan Payakumbuh Darurat Asap itu, berdasarkan pengambilan parameter dasar untuk indeks standar pencemaran udara (ISPU) di Payakumbuh, yang dilakukan Kantor Lingkungan Hidup, Senin (7/9), sekitar pukul 10.00 WIB.

Kepala KLH Payakumbuh Ir. Syamsurial, melaporkan, angka ISPU di Payakumbuh, pada pukul 10.00 WIB itu sudah mencapai 190, dan dinyatakan tidak sehat. Sebelumnya, Sabtu (5/9), Bappedalda Sumbar juga telah melakukan pengukuran tingkat pencemaran udara di daerah Halaban, Kecamatan Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, dengan parameter ISPU 198 (tidak sehat).

Menurut Kepala BPBD Yufnani Awai dan Kepala KLH Syamsurial, sepanjang Senin (7/9), tingkat pencemaran udara Payakumbuh, akibat asap hutan dari provinsi tetangga itu, diakui cukup tebal sekali. Pagi hari menjelang siang, jarak pandang hanya sekitar 150 meter. “Saya, sangat hati-hati sekali mengendarai kendaraan dari arah Tanjung Pati menuju kantor BPBD di lapangan Poliko, tadi pagi (Senin kemarin, Red),” sebut Yufnani.

Tanggap Darurat Kabut Asap (TDKA) di Payakumbuh, menurut Yoherman, akan berlangsung selama sepekan, hingga Senin (14/9). Pemko akan mendirikan posko TDKA di pelataran parkir Medan nan Bapaneh Taman Wisata Ngalau Indah di Pakan Sinayan Koto nan Ampek, Jalan Sukarno- Hatta dan di depan Pos Polisi Kota atau di depan Gedung Gambir Jalan Sudirman Payakumbuh.

Di setiap Pos TDKA Payakumbuh akan disediakan tenaga kesehatan, petugas Satpol PP, anggota BPBD dan staf Dinas Sosial serta tenaga terkait lainnya. Selama TDKA berlangsung, petugas akan membagi-bagikan masker kepada masyarakat. Bagi pengemudi yang merasa tidak nyaman dalam mengendarai kendaraan, dapat beristirahat di posko TDKA, sambil mendapatkan pelayanan kesehatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh Elzadaswarman, menginformasikan, berdasarkan informasi sejumlah puskesmas di Payakumbuh, dampak dari kabut asap itu, dalam beberapa hari terakhir kasus ISPA di kota itu, cenderung meningkat.

Tanggal 2 September tercatat kasus ISPA di Payakumbuh 59 orang, tanggal 3 September naik menjadi 60 orang, kemudian tanggal 4 turun menjadi 57 orang, dan naik lagi esok harinya menjadi 60 orang. Kemudian, Senin (7/9) kemarin, hingga pukul 12.00 WIB, tercatat 61 orang yang terserang ISPA.

Dalam rangka memelihara lingkungan hidup, agar tak makin tercemar, Plh. Walikota Payakumbuh Suwandel Muchtar, mengajak warga kota, untuk tidak membakar sampah/bahan lainnya yang akan menimbulkan polusi udara.

Kemudian, memperbanyak pepohonan/tanaman di sekitar rumah/kantor sebagai pensuplai oksigen. Mengurangi pemakai kendaraan bermotor yang mengakibatkan polusi udara. Memakai masker apabila keluar rumah/berkendaraan. Mengurangi kegiatan di ruangan terbuka atau lapangan.

Warga juga diajak, lebih banyak minum air putih dan mamakan buah-buahan dan makanan yang mengandung vitamin untuk kekebalan tubuh. Selain itu, kepada perokok, seyogianya menghentikan kebiasaan merokok.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"
- Advertisement -

Mimpi bertemu sang Ayah, “Sang Datuk” nya anak-anak; Ceracau soal Wanita hingga Virus Corona

Lama tak berjempa dengan beliau, seingat kami sejak kasus Aksi Panas 4 Maret 2004 bersama Forum Aksi Demokrasi Arus Bawah Univ. Negeri Padang yang berujung di tahannya 20 aktivis UNP oleh sang Rektor waktu itu, beliau mangkat pas seminggu sebelum usai kami dibebas tahankan tepatnya 4 Mei 2004; baru sekali beliau datang dalam mimpi panjang. Entah apa hikmahnya gerangan, hanya Allah SWT yang lebih tahu.

Pemerintah Kota Payakumbuh Gelar FGD Payakumbuh Dalam Angka Tahun 2021.

Sehubungan dengan semakin dekatnya percepatan rilis Publikasi Payakumbuh. Dalam Angka 2021 yang jatuh pada akhir bulan Februari tahun 2021 mendatang, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh mengadakan Forum Group Discusion (FGD) yang dilaksanakan secara virtual via zoom meeting, Selasa(19/1).
- Advertisement -

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -