30 C
Padang
Minggu, Maret 7, 2021
Beritasumbar.com

Panwaslih Ancam Gugat KPU Mendapat Perhatian Praktisi Hukum
P

Payakumbuh – Penetapan tiga pasang calon Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh dalam rapat pleno terbuka, Senin (24/10), mendapat perhatian serius dari Panitia Pengawasan Pemilih (Panwaslih) Kota Payakumbuh.

Menurut Panwaslih setempat, salah satu bakal calon walikota, Wendra Yunaldi tidak memenuhi syarat untuk diloloskan sebagai calon Walikota yang akan ikut berkompetisi pada pilkada 2017 mendatang. Dirinya mengaku, yang bersangkutan tersebut masih mempunyai tunggakan pajak.

“ Sesuai PKPU Nomor 9 tahun 2016 salah satu syarat bakal calon tidak tertunggak pajak. Sementara Wendra Yunaldi, sesuai surat terakhir yang diterima Panwaslih Kota Payakumbuh, pagi ini Senin (24/10) pukul 08.00 WIB, yang dilayangkan Dirjen Pajak yang bersangkutan masih tercatat penunggak pajak,” sebut Ketua Panwaslih Kota Payakumbuh, Media Febrina, kepada wartawan usai penetapan tiga pasang calon Walikota dan Wakil Walikota.

Dikatakan Media Febrina, diloloskannya pasangan balon yang masih bermasalah dengan tunggakan pajak oleh KPU Payakumbuh, akan menjadi perhatian dan kajian serius bagi Panwaslih Kota Payakumbuh. Betapa tidak, hanya berbekal selembar surat rekomendasi dari KPU RI, Nomor 562/KPU/X/2016 tertanggal 18 Oktober 2016 ditandatangani oleh Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro, pihak KPU Kota Payakumbuh meloloskan Wendra Yunaldi sebagai calon Walikota berpasangan dengan calon wakuil walikota Ennadi Dt. Angguang.

Surat KPU RI Nomor 23/BA/IX/2016 Tentang Klarifikasi Dokumen yang dikeluarkan Kantor Pelayanan Pajak sebagai Syarat menjadi calon Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh untuk Pemilihan Tahun 2017, dan menginggat bahwa bakal calon Walikota Payakumbuh atas nama saudara Wendra Yunaldi sedang mengajukan permohonan keberatan/banding atas data utang pajak/tunggakan pajak yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak KPP Pratama Kota Payakumbuh pada tanggal 14 September 2016. Maka proses pencalonan yang bersangkuan dapat dilanjutkan sampai dengan putusan banding diterbitkan.

“ Terkait soal surat penjelasan KPU RI yang menjadi dasar oleh KPU Kota Payakumbuh untuk leloskan Wendra Yunaldi, kami dari Panwaslih Kota Payakumbuh tidak sependapat, karena surat yang diterbitkan Dirjen Pajak sangat berlawanan dengan penjelasan KPU RI tersebut,” ujar Media Febrina sekaligus mengaku dalam 5 hari kedepan setelah pihaknya melakukan kajian akan menggugat KPU Kota Payakumbuh yang telah meloloskan Wendra Yunaldi sebagai calon Walikota.

Sementara itu Ketua KPU Kota Payakumbuh, Hetta Manbayu, ketika diminta komentarnya terkait keberatan pihak Pawaslih kepada pihak KPU yang telah meloloskan Wendra Yunaldi sebagai calon Walikota, menurutnya KPU sudah menjalani seluruh proses tahapan Pilkada dengan baik dan benar. Termasuk melakukan verifikasi fatual kepada semua pihak dan lembaga terkait.

“ Terkait diloloskannya Wendra Yunaldi, KPU sudah melakukan verifikasi aktual mendapatkan fatwa dari KPU RI, untuk dapat melanjutkan pencalonan Wendra Yunaldi sebagai calon Walikota, karena yang bersangkutan sedang melakukan upaya banding dan belum memiliki ketetepan hukum atau incrakh,” ujar Hetta Manbayu.

Dalam persoalan itu, juga menjadi perhatian Advokad dan Legal Consultant sekaligus praktisi hukum Sumatera Barat. Adi Surya SH mengatakan, melihat permasalahan pajak terutang yang ditanggung salah satu calon walikota, dirinya mengaku sependapat dengan KPU karna permasalahan pajak Wendra Yunaldi dengan keberatan hukum tersebut adalah menguji kebenaran ditjen pajak. Selagi proses berjalan maka belum final permasalahan hukumnya. Secara prinsip dasar permasalahan pajak tidak diatur dalam uu pilkada.

“Dari porsi kerja Panwaslih, sah saja untuk menngugat, namun yang menjadi pertanyaan apakah itu pajak personal atau pajak coorporasi. Mustinya Ditjen pajak menjelaskan ini. Karna sifat pajak individual terhapus oleh pajak coorporasi kalau owner sama,” Ungkap salah satu Pendiri LBH padang itu kepada beritasumbar.com, senin (24/10).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Grosir Beras LPPKI Diresmikan

Padang,BeritaSumbar.com,- Ketua Umum Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) Azwar siri.SH meresmikan langsung unit usaha kecil Menengah (UKM) yaitu Usaha Grosir Beras LPPKI yang bertempat di Bandar Buat, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang Sumbar. Sabtu 6/3/2021.
- Advertisement -

Rezka Tegaskan Demokrat Solid dan Tegak Lurus dengan AHY

Padang,BeritaSumbar.com, - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat dari Daerah Pemilihan Sumatera Barat, Rezka Oktoberia dan Darizal Basir memimpin jalannya deklarasi penolakan Kongres Luar Biasa (KLB) bersama dengan seluruh jajaran Fraksi Partai Demokrat tingkat Provinsi dan Kabupaten Kotamadya se-Sumatera Barat.

Lantik Ny.Lira Rizki Kurniawan Nakasri Sebagai Ketua Dekranasda Limapuluh Kota, Ini Pesan Dekranasda Sumbar

Padang, beritasumbar.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harnely Mahyeldi melantik 11 orang Ketua Dekranasda kabupaten dan kota daerah itu...
- Advertisement -

Dua Belas Personil Polri Polsek Lintau Buo Dan Lintau Buo Utara Di Vaksin Sinovac Perdana

Tanah Datar,Beritasumbar.com -Sebanyak dua belas personil Polri Polsek Lintau Buo dan Lintau Buo Utara di Vaksin Sinovac hari ini Kamis,04/03/2021.di Puskesmas Lintau Buo Nagari Tigo Jangko.

Percepatan Penuntasan Pembangunan Monumen PDRI, Pemkab Limapuluh Kota Rakor Dengan Kemenkopolhukam

Jakarta, beritasumbar.com - Untuk menuntaskan pembangunan Monumen Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Koto Tinggi, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Percepatan Penuntasan Pembangunan Monumen PDRI, Pemkab Limapuluh Kota Rakor Dengan Kemenkopolhukam

Jakarta, beritasumbar.com - Untuk menuntaskan pembangunan Monumen Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Koto Tinggi, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator...

Lantik Ny.Lira Rizki Kurniawan Nakasri Sebagai Ketua Dekranasda Limapuluh Kota, Ini Pesan Dekranasda Sumbar

Padang, beritasumbar.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harnely Mahyeldi melantik 11 orang Ketua Dekranasda kabupaten dan kota daerah itu...

Kejuaraan Voly Ball Se-Kabupaten Sijunjung, Tim Three Boy Lahir Sebagai Pemenang

Sijunjung, beritasumbar.com - Tim Volly Three Boy Pos X Jorong Bukit Gombak Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto Vll menjuarai kejuaraan antar Tim Voly Ball Se-Kabupaten...

Target Vaksinasi Melebihi Penduduk, Dinkes Padang Panjang Pertanyakan Data Pemprov Sumbar

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pelaksanaan vaksinasi tahap II yang menyasar petugas publik, Pemrov Sumbar  memberikan target kepada Pemko Padang Panjang  dengan sasaran sebanyak 59.516...

90 vial Vaksin Tahap II Tiba di Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dengan pengawalan ketatat anggota Satuan Brimobda Sumbar Yon B Pelopor Padang Panjang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh kembali menerima 90 vial vaksin Covid-19 untuk tahap II dan langsung disimpan di Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Kelurahan Ibuh, Selasa (02/03) siang.

Ujian Akhir Sekolah SD dan SMP Di Payakumbuh Bakal Dilaksanakan 29 Maret Sampai 1 April 2021

Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, di Payakumbuh hanya melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS) saja.

HUT Damkar Di Kota Payakumbuh, Diwarnai Aksi Bagi-bagi Masker

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Payakumbuh menggelar aksi berbagi masker dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar dan Penyelamatan Indonesia Ke-102 yang jatuh pada Senin (01/03) dan digelar di Tugu Adipura dengan mengusung tema Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri dan Melayani dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru.

Rayakan Hari Jadi Ke-102, Damkar Kota Payakumbuh Hadirkan Pakaian Aluminized

Dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh hari ini memperingati hari jadi mereka yang ke-102. Bertempat di posko Pemadam Kebakaran kota Payakumbuh Jalan Luhak 50 Nomor 1 kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat, dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh meriahkan hari jadi yang ke-102 di tahun 2021 dengan membagikan masker kepada warga yang melintas di seputaran tugu Adipura pusat kota Payakumbuh, Senin (1/3/2021).

Ultah Perdana DPC PPWI Tanah Datar Diperingati Sederhana

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peringatan ulang tahun ke-1 Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Kabupaten Tanah Datar,diperingati dengan semangat kesederhanaan di Dzee Caffe...

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...
- Advertisement -