24.8 C
Padang
Sabtu, Januari 16, 2021
Beritasumbar.com

Pacu Perluasan Pembangunan Ekonomi, Pemko Padang Susun MP3EKP
P

Kategori -

Berdasarkan dokumen Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat (MP3ESB) Kota Padang menjadi poros dari tiga koridor ekonomi. Koridor tersebut meliputi Koridor Lintas Timur: Padang – Bukittinggi – Payakumbuh, Koridor Lintas Sumatera: Padang – Solok – Sijunjung – Dharmasraya dan Koridor Pantai : Kabupaten/kota di pesisir Sumbar.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kota Padang perlu menyusun MP3E Kota Padang (MP3EKP) 2014 – 2025 sebagai langkah pendekatan dan strategi pembangunan ekonomi untuk memperluas pembangunan sektor rill seperti produksi barang dan jasa serta infrastruktur.

“Melalui pendekatan strategis ini, untuk memprcepat pertumbuhan ekonomi daerah dilakukan dengan pengembangan sektor ekonomi dan komiditi unggulan yang memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan ekonomi daerah,” kata Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah usai membuka Seminar MP3EKP 2015 – 2025 di Pangeran Beach Hotel, Senin (24/11).

Disampung itu, juga menciptakan pusat – pusat pertumbuhan dan sub pusat pengembangan, selanjutnya dilakukan konektifitas antara pusat – pusat pengembangan tersebut dengan meningkatkan sarana dan prasarananya.

“Dengan pengembangan komoditi unggulan akan membuat komidit tersebut memiliki daya saing sekaligus menjadi pengungkit pengembangan komoditi dan aktifitas lainnya,” ujar Mahyeldi.

Sebagai dokumen komplementer, lanjutnya, maka ada yang membedakan MP3EKP dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Jika dalam RPJMD hanyan memuat program dan anggaran, maka MP3EKP merupakan program ekonomi yang menentukan lokasi kegiatannya.

RPJMD memuat program pembangunan ekonomi yaang berjalan dengan kecepatan normal atau biasa dengan dana relatif kecil sedangkan MP3EKP diarahkan pada program skala besar yang memperluas pembangunan ekonomi.

“Program dalam RPJMD hampir sepenuhnya dibiayai dari APBD sementara MP3EKP diharapkan sebagian besar dari investasi swasta, BUMN dan BUMD serta APBN,” jelas Wako.

Dengan pendekatan MP3EKP ini, Walikota mengharapkan pembangunan ekonomi juga dapat dirasakan oleh semua elemen masyarakat dan merata di semua wilayah Kota Padang. “Kita berharap perbedaan antara wilayah pusat kota dengan wilayah lainnya terutama dalam ketersediaan sarana prasarana dapat dikurangi,” imbuh Mahyeldi.

Adapun diadakannya Seminar tentang MP3EKP ini, Kepala Bappeda Kota Padang Hervan Bahar mengatakan, tujuan yang ingin dicapai yaitu diperolehnya masukan informasi dan data untuk penyempurnaan penyusunannya.

“Dari Seminar ini kita harapkan masukan dan saran dari peserta seminar terhadap penyusunan MP3EKP terutama berkaitan dengan sektor/subsektor unggulan, komoditi unggulan, koridor ekonomi program pengembangan ekonomi,” kata Hervan.

Peserta seminar terdiri dari tim teknis, SKPD di lingkungan Pemko Padang, SKPD provinsi Sumatera Barat, unsur perguruan tinggi dan BUMN serta asosiasi dunia usaha.

(du/rfk/humas padang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.
- Advertisement -

Taruko Menuju Kampung Wisata

Mengawali tahun 2021, Kota Payakumbuh mencoba siapkan destinasi unggulan untuk menarik wisatawan datang. Destinasi tersebut berada di Taruko, Kelurahan Ikua Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan Pembentukan Kampung Dan Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti hasil rapat Evaluasi Penanganan Covid-19, Pemko Payakumbuh menggelar rapat persiapan pembentukan kampung tangguh dan program sekolah tangguh yang bertempat di Ruang Randang Kantor Wali Kota Payakumbuh, Jumat(8/1/2021).
- Advertisement -

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Yakin diminati warga, MS Glow hadir di Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Salah satu produk skin care dan kosmetik yang banyak digemari di pasar daring, toko MS Glow hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera...

Ketua DPRD Sumbar Sebut Pasar Ekraf Geliatkan Ekonomi

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Ketua DPRD Sumbar Supardi menilai kehadiran pasar ekonomi kreatif (ekraf) merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah...

Nasrul Abit Apresiasi Pasar Ekraf di Payakumbuh

Payakumbuh BeritaSumbar.com - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abid menilai Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang digelar di Kota Payakumbuh merupakan salah satu langkah untuk kembali...

Gaji THL di Payakumbuh dipastikan berkurang pada 2021

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Meski sempat mendapatkan penolakan dari seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), gaji Tenaga Harian Lepas di Kota Payakumbuh dipastikan akan...

Pasar Ekraf Payakumbuh Berikan Peluang Bagi Pelaku Kuliner Tradisional Saat Pandemi Covid-19

Payakumbuh, Beritasumbar.com - Pasar ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat tidak hanya untuk promosi wisata, tapi juga berdampak kepada pelaku kuliner tradisional...

Menanam Bunga Krokot, Hobi Membawa Berkah Ditengah Pandemi Covid-19

Padang,BeritaSumbar.com,- Di masa pandemi Covid-19, banyak orang yang boring akan keadaan yang tak lazimnya seperti saat ini, hanya berdiam dan hampir semua aktivitas dilakukan...

Di Hari Pahlawan Para Kooperator Indonesia Gelar Diskusi Daring Dengan Tema “Inisiasi Pendirian dan Deklarasi Partai Koperasi di Indonesia”

Bertepatan dengan Hari Pahlawan pada Selasa, 10 November 2020, pukul 20.00-22.00 WIB, sejumlah aktivis koperasi atau yang biasanya disebut sebagai kooperator di Indonesia menyelenggarakan...

Padang Panjang Latih Koperasi Mengelola Pembiayaan Berbasis Syariah

Padang Panjang, www.beritasumbar.com - Pemerintah Kota Padang Panjang ke depannya akan menerapkan sistem perekonomian syariah, untuk itu Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM menggelar...

APBD Payakumbuh 2021 Defisit, Ini Penyebabnya

Payakumbuh , www.beritasumbar.com - Perintah Kota Payakumbuh mulai bahas Anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Tahun 2021 bersama dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) setempat dalam...

Kolaborasi Noka dan ALKO Berdayakan Petani Kerinci di Tengah Pandemi

Kedai kopi asal Bandung, Noka Coffee, meluncurkan outlet kedua mereka di kota Padang, Sumatera Barat Sabtu 9 Oktober 2020. Sebagai brand yang mengedepankan tema...
- Advertisement -