25 C
Padang
Selasa, Juli 27, 2021
Beritasumbar.com

Pacu Perluasan Pembangunan Ekonomi, Pemko Padang Susun MP3EKP
P

Kategori -

Berdasarkan dokumen Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Sumatera Barat (MP3ESB) Kota Padang menjadi poros dari tiga koridor ekonomi. Koridor tersebut meliputi Koridor Lintas Timur: Padang – Bukittinggi – Payakumbuh, Koridor Lintas Sumatera: Padang – Solok – Sijunjung – Dharmasraya dan Koridor Pantai : Kabupaten/kota di pesisir Sumbar.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kota Padang perlu menyusun MP3E Kota Padang (MP3EKP) 2014 – 2025 sebagai langkah pendekatan dan strategi pembangunan ekonomi untuk memperluas pembangunan sektor rill seperti produksi barang dan jasa serta infrastruktur.

“Melalui pendekatan strategis ini, untuk memprcepat pertumbuhan ekonomi daerah dilakukan dengan pengembangan sektor ekonomi dan komiditi unggulan yang memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan ekonomi daerah,” kata Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah usai membuka Seminar MP3EKP 2015 – 2025 di Pangeran Beach Hotel, Senin (24/11).

Disampung itu, juga menciptakan pusat – pusat pertumbuhan dan sub pusat pengembangan, selanjutnya dilakukan konektifitas antara pusat – pusat pengembangan tersebut dengan meningkatkan sarana dan prasarananya.

“Dengan pengembangan komoditi unggulan akan membuat komidit tersebut memiliki daya saing sekaligus menjadi pengungkit pengembangan komoditi dan aktifitas lainnya,” ujar Mahyeldi.

Sebagai dokumen komplementer, lanjutnya, maka ada yang membedakan MP3EKP dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Jika dalam RPJMD hanyan memuat program dan anggaran, maka MP3EKP merupakan program ekonomi yang menentukan lokasi kegiatannya.

RPJMD memuat program pembangunan ekonomi yaang berjalan dengan kecepatan normal atau biasa dengan dana relatif kecil sedangkan MP3EKP diarahkan pada program skala besar yang memperluas pembangunan ekonomi.

“Program dalam RPJMD hampir sepenuhnya dibiayai dari APBD sementara MP3EKP diharapkan sebagian besar dari investasi swasta, BUMN dan BUMD serta APBN,” jelas Wako.

Dengan pendekatan MP3EKP ini, Walikota mengharapkan pembangunan ekonomi juga dapat dirasakan oleh semua elemen masyarakat dan merata di semua wilayah Kota Padang. “Kita berharap perbedaan antara wilayah pusat kota dengan wilayah lainnya terutama dalam ketersediaan sarana prasarana dapat dikurangi,” imbuh Mahyeldi.

Adapun diadakannya Seminar tentang MP3EKP ini, Kepala Bappeda Kota Padang Hervan Bahar mengatakan, tujuan yang ingin dicapai yaitu diperolehnya masukan informasi dan data untuk penyempurnaan penyusunannya.

“Dari Seminar ini kita harapkan masukan dan saran dari peserta seminar terhadap penyusunan MP3EKP terutama berkaitan dengan sektor/subsektor unggulan, komoditi unggulan, koridor ekonomi program pengembangan ekonomi,” kata Hervan.

Peserta seminar terdiri dari tim teknis, SKPD di lingkungan Pemko Padang, SKPD provinsi Sumatera Barat, unsur perguruan tinggi dan BUMN serta asosiasi dunia usaha.

(du/rfk/humas padang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).
- Advertisement -

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -