Sijunjung,BeritaSumbar.com,-Unggan adalah nagari paling ujung utara Kabupaten Sijunjung. Nagari ini langsung berbatasan langsung dengan Kabupaten Tanah Datar dan Lima Puluh Kota. Tapi sungguhpun Nagari ini berada jauh dipedalaman Kabupaten Sijunjung, tapi itu tida menghambat masyarakatnya untuk berkreatifitas dan inovasi. Salah satu Produk Unggulan Nagari ini adalah Tenun yang dikenal dengan Tenun Unggan.

Kemaren ada yang menarik di acara resepsi pernikahan salah seorang Anggota KNPI Sijunjung. Kalau sebuah acara resepsi pernikanan dihadiran oleh tamu undangan baik pejabat maupun masyarakat itu sudah biasa. Para tamu memakai baju terbaiknya, kebaya/gaun, kemeja dan yang lainnya. Kebetulan acara tersebut juga dihadiri oleh Rombongan Ketua Dekranasda Sijunjung, Ny En Yuswir Arifin serta Rombongan KNPI Sijunjung. yang menariknya adalah, Ny En Yuswir bukan malah memakai kebaya/gaun mahal. Tapi malah mengenakan kebaya Tenun Unggan yang harganya terjangkau.

 

Ketua KNPI Sijunjung sangat memuji dan berterima kasih atas apa yang dilakukan oleh Ny En Yuswir Arifin. Karena beliau selalu memamerkan produk ini baik ditingkat Lokal maupun tingkat Nasional. Bahkan diacara penting sekalipun, Ny En Yuswir Arifin sering memakai Kebaya Tenun Unggan ini.

“Saya sangat berterimakasih atas kedatangan Ibunda En Yuswir Arifin dalam Acara Resepsi Pernikahan salah seorang teman kita. Yang lebih menarik memang, beliau selalu tampil dengan gaya Tenun Unggannya. Nampaknya beliau sangat nyaman memakai Produk Lokal ini. Selain elegan, harganya sangat murah. Saya sangat apresiasi dan terkesan dengan penampilan Ibunda. Dibeberapa acara yang saya lihat, beliau sering memakai Tenun Unggan”, Sambut Harbi, Ketua KNPI Sijunjung.

Ketua Dekranasda Sijunjung, Ny En Yuswir Arifin selalu memperagakan Tenun ini diberbagai Event bahkan sampai ke tingkat Nasional. Bahkan beberapa waktu yang lalu, Ketua Dekranasda Sijunjung memamerkan Tenun ini di Pameran Kerajinan Nasional. Sampai-sampai Ny Mufidah Jusuf Kalla tertarik untuk memakai produk ini.

“Tenun Unggan ini adalah Produk hasil kreasi Anak Nagari. Siapapun yang memakainya akan merasa nyaman. Elegannya ada, harganya juga tidak mahal. Setiap ada event, saya selalu pakai Tenun Unggan. Banyak kalangan Ibu-Ibu pejabat tinggi memuji motif Tenun kita ini. Bahkan sampai Istri Wakil Presiden, Ny Mufisah Jusuf Kalla pun pernah terkesima melihat hasil produk Tenun Unggan ini. Kalau tidak kita yang mempromosikan produk daerah kita siapa lagi?”, Ketua Istri Bupati Sijunjung, Ny En Yuswir Arifin. (Ilham)

loading...