28.7 C
Padang
Kamis, Mei 13, 2021
Beritasumbar.com

Novel Karya Gadis Berusia 18 Tahun Ini Akan Difilmkan
N

Kategori -

PADANG – Dunia kesastraan Indonesia pada awal tahun 2020 ini akan diramaikan dengan kehadiran novel Hijrah Terindah, karya Indahnursf, remaja usia 18 tahun asal Kota Palembang.
Novel Hijrah Terindah ditulis Indah bersama Jaymes R, Penulis asal Kota Medan yang juga seorang sineas di Tanahair. Novel ini akan dirilis pada toko-toko buku ternama se-Indonesia pada pertengahan Februari 2020.
Jaymes R saat kami wawancarai melalui akun Whatsapp-nya, Minggu (26/1/2020) mengatakan, “Melalui novel ini, saya ingin mempromosikan jalan hijrah kepada pemuda pemudi milenial jaman sekarang, bagi yang sudah mulai kehilangan akhlak dan bahkan cenderung ‘alay’. Juga untuk mempromosikan kembali suatu bentuk keberagaman dan toleransi beragama dari seorang non muslim seperti saya, sebagaimana yang saya lakukan melalui film Ajari Aku Islam.”
“Novel Hijrah Terindah berkisah tentang konflik batin seorang tokoh yang bernama Amanda, di tengah kehidupannya yang hancur berantakan dan penuh dosa, hingga akhirnya memutuskan untuk bertaubat dan memulai perjalanan hijrahnya. Novel ini merupakan novel pertama di Indonesia yang memiliki soundtrack dan akan segera difilmkan. Kekuatan novel ini ada pada pesan-pesannya yang mendidik. Bahwa siapapun kita, dan seberapa besar dosa kita, Allah selalu menunggu kita untuk kembali ke jalan hijrah-Nya. Tetaplah berjuang untuk berubah di jalan yang benar,” kata Jaymes R.
Jaymes R juga mengatakan, “Latar belakang saya adalah seorang penulis skenario, judul skenario pertama yang saya tulis adalah Basin (Badut Sinting), bergenre horor, drama keluarga. Ini merupakan novel karya pertama saya, akan diterbitkan oleh Aksara Plus,”  kata Jaymes.
“Di dunia perfilman itu sendiri, skenario merupakan jiwa dari sebuah film, tanpa skenario yang matang sebuah film tidak akan bisa diproduksi dengan baik. Jadi bidang kepenulisan itu sangat vital dan memiliki korelasi yang erat dengan perfilman. Apalagi sekarang sudah banyak film Box Office yang diangkat dari novel. Saya juga ingin kampanyekan kepada kawula muda bahwa akan ada banyak hal yang bisa kita capai asal kita berkarya secara positif dan kreatif. Saya ingin memberi inspirasi pada semua orang,  lewat karya tulisan, film, dan lagu saya,” kata Jaymes.
Sementara itu, Indahnursf saat diwawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada hari yang sama, mengatakan, “Novel Hijrah Terindah ditulis dengan menggunakan sudut pandang orang ke tiga, melalui beberapa riset yang saya lakukan bersama kak Jaymes. Idenya dari lingkungan saat hijrah dan terinspirasi dari berbagai kisah.”
“Saya terkesima dengan film Ajari Aku Islam karya kak Jaymes, yang kemarin tayang di bioskop. Awalnya saya terkejut saat tahu kak Jaymes non muslim, tetapi perhatian kak Jaymes terhadap Islam begitu kuat, sehingga saya tertarik untuk mengajak beliau berkolaborasi. Di luar dugaan, kak Jaymes pun merespon dengan sangat baik terhadap keinginan saya,” kata Indah.
Menurut Indah, “Pesan pada novel Hijrah Terindah,  jangan takut dengan masa lalu yang buruk. Karena seburuk-buruknya masa lalu kita, ketahuilah bahwa kita masih memiliki masa depan yang suci. Tentunya harus terus semangat dalam menjalani hidup yang sesuai dengan ajaran Islam. Selain membahas tentang hijrah, novel ini juga membahas tentang depresi yang kerap kali dialami oleh banyak orang, dan bagaimana cara mengatasinya. Bumbu-bumbu cinta membuat kisahnya semakin hidup. Novel ini ditujukan untuk semua umur.”
“Hijrah itu perpindahan, perjalanan, perubahan, pengembangan, atau perjalanan seseorang dari satu tempat ke tempat lainnya. Maknanya, yang semula berada di tempat tidak baik beralih ke tempat yang baik. Hijrah juga bisa diartikan sebagai proses perpindahan seseorang untuk menjadi lebih baik lagi. Hijrah sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW,” kata Indah.
Indahnursf yang bernama asli Indah Nur Safitri, saat ini Mahasiswi semester 2 di Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, di Universitas Islam Negeri Raden Fatah – Palembang. Dalam perjalanan berkaryanya di kepenulisan, ia telah menulis 7 buku; Cinta Dalam Diam (terbit Januari 2019), Qalbu (terbit Maret 2019), Jodoh (terbit Agustus 2019), Masih Adakah Tobat Untukku (terbit, Oktober 2019 – non fiksi), Cinta Dalam Doa (selesai 2019), Hijrah Terindah (terbit Februari 2020), dan Mahar Cinta Nayla (selesai Desember 2019).
Sountrack novel Hijrah Terindah dari Aci Cahaya ada di link ini: https://youtu.be/zLft4x874lQ
(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tim Satgas Covid Kota Payakumbuh Lakukan Monitoring Ke Posko Tingkat Kelurahan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dalam rangka penanganan dan pengendalian Covid-19 di Payakumbuh, Tim Satgas Covid-19 yang tergabung kedalam tujuh kelompok melakukan monitoring ke Posko PPKM mikro di tingkat kelurahan, Selasa (11/05).
- Advertisement -

Terkait Akad Kontrak Kerja Di Universitas Muhammadiyah Sumbar, Komunitas Amar Ma’ruf Nahi Mungkar Layangkan Petisi

Sesuai dengan khittahnya, Muhammadiyah sebagai Persyarikatan memilih dan menempatkan diri sebagai Gerakan Islam amar-ma'ruf nahi mungkar dalam masyarakat, dengan maksud yang terutama ialah membentuk keluarga dan masyarakat sejahtera sesuai dengan Dakwah Jamaah.

Wako Tak Hadir di Paripurna LKPJ, Marfendi: Jangan Dikritisi Berlebihan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ketidakhadiran wali kota Bukittinggi, Erman Safar dalam sidang paripurna Laporan Kerja Pertanggungjawaban (LKPJ) 2020 di aula sidang utama dewan, tidak bisa...
- Advertisement -

Wako Tak Hadir di Paripurna LKPJ, Marfendi: Jangan Dikritisi Berlebihan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ketidakhadiran wali kota Bukittinggi, Erman Safar dalam sidang paripurna Laporan Kerja Pertanggungjawaban (LKPJ) 2020 di aula sidang utama dewan, tidak bisa...

Prospek Cerah Usaha Minyak Nilam Untuk Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Petani

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tanaman nilam yang bernama latin Pogostemon  patchouli atau Pogostemon cablin Benth adalah tanaman perdu wangi yang memiliki daun berwarna hijau tipis dan tidak kaku.  Daunnya berbentuk...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Banjir Bandang Tapan-Pessel; TRC BPBD Ingatkan 1078 KK Masih Tetap Waspada & Mengungsi di Rumah-Rumah Saudara Terdekat

Tapan-Pessel (12/5/2021). Sehari pasca banjir bandang yang berasal dari meluapnya sungai Batang Tapan Pesisir Selatan, Tim TCR BPBD masih mengingatkan dan menyarankan warga tetap...

Tapan-Pessel di Rundung Banjir; ‘Sedih, Idul Fitri Di Dahului Banjir’

Tapan-Pessel (11/5/21) Banjir menghantam dan menenggelamkan beberapa nagari di kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan. Dari informasi di lapangan diketahui empat nagari terparah, yaitu; Binjai...

Azwar Siri Ketum LPPKI Mengecam Tindakan Oknum Debt Colektor yang Melakukan Upaya Paksa

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) melalui Ketua Umumnya Azwar Siri.SH mengecam tindakan oknum puluhan Debt Colektor yang mengepung anggota TNI AD Serda Nurhadi anggota Babinsa Semper Timur Kodim 0502 Jakut yang sedang membantu warga nyetir mobil di Tol Koja Barat Jakut pada hari kamis 6 Mei 2021 sebagaimana video yang viral dan beredar luas dikalangan medsos. Hal tersebut disampaikannya saat berbincang-bincang dengan awak media di Kantor Advokatnya di Padang Sumatera Barat pada Minggu 9/5/2021.

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Terkait Akad Kontrak Kerja Di Universitas Muhammadiyah Sumbar, Komunitas Amar Ma’ruf Nahi Mungkar Layangkan Petisi

Sesuai dengan khittahnya, Muhammadiyah sebagai Persyarikatan memilih dan menempatkan diri sebagai Gerakan Islam amar-ma'ruf nahi mungkar dalam masyarakat, dengan maksud yang terutama ialah membentuk keluarga dan masyarakat sejahtera sesuai dengan Dakwah Jamaah.

Pertemuan Pengurus KMDM dan Pengurus Koperasi Kopertis X tentang Minimarket Digital

Padang,BeritaSumbar.com,-Selasa, 4 Mei 2021, Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM) yang berkantor di Jl. Sungai Balang, Cupak Tangah, Pauh, Padang, mendapat kunjungan dari Pengurus Koperasi Kopertis X yang berkantor di Jl. Khatib Sulaiman Gunung Pangilun, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, 25173.

Kunjungi Tiga Kementerian, Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi Ingin Percepatan Pembangunan di Sumbar

Jakarta,BeritaSumbar.com,- Kunjungan kerja Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi yang didampingi oleh tujuh orang kepala OPD Provinsi Sumatera Barat ke Jakarta, Selasa (4/5) diisi pertemuan dengan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju

Gustami Hidayat, terpilih secara aklamasi dalam Musprov PTMSI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gustami Hidayat terpilih memimpin PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) Sumatera Barat Periode 2021-2025 pada hari rabu, 4 Mei 2021 di Aula Gubernur Sumbar. Dalam Musyawarah Provinsi ini turut hadir perwakilan PB PTMSI dn Koni Sumbar serta pengcab kabupaten/kota.

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...
- Advertisement -