21 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia
M

Kategori -

Jakarta (BeritaSumbar.com) – Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta. 

Agusti Mirawan, A.Md., Ketua Umum Akbarindo saat kami wawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada Jumat (9/4/2020) mengatakan, Munas tersebut membahas persiapan keanggotaan, persiapan akreditasi, dan persiapan pembentukkan Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU) bagi Akbarindo untuk ke depannya. 

“Saya berharap untuk setiap provinsi dapat berjuang lebih baik dan kita dapat bekerjasama dan membentuk pengusaha-pengusaha di bidang jasa konstruksi yang lebih profesional,” kata Agusti Mirawan.

Agusti Mirawan, A.Md., Ketua Umum Akbarindo saat konferensi pers di Munas IV Akbarindo pada Kamis, 8 April 2021 di Ambhara Hotel, Jakarta. (Dok. Istimewa)

Agusti Mirawan menjelaskan, sekitar 40 sampai 50 persen proyek konstruksi di daerah-daerah, khususnya di daerah terpencil dibatalkan oleh Pemerintah, baik Pemerintah Daerah maupun Pusat. Anggaran proyek kemudian dialokasikan untuk penanganan pandemi Covid-19, budgetnya dimasukkan ke dana kesehatan. 

Dengan keadaan tersebut, Agusti Mirawan berharap kepada Pemerintah, khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mampu memberi solusi terkait persoalan tersebut. Paling tidak, Pemerintah bisa membantu para pelaku industri konstruksi skala kecil, khususnya di daerah-daerah terpencil. Akbarindo saat ini juga tengah berupaya meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi untuk mewujudkan pembangunan Indonesia yang lebih baik.

Suasana Munas IV Akbarindo pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Ambhara, Jakarta. (Dok. Istimewa)

Munas IV Akbarindo dihadiri oleh para anggota Akbarindo dari wilayah Sumatera Selatan, DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kalimantan Selatan. Untuk provinsi lainnya, sebagian besar anggota Akbarindo mengikuti Munas melalui aplikasi Zoom.

Turut hadir pada Munas IV Akbarindo, Ir. Nicodemus Daud, M.Si (Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), R.J Catherine I. Sihombing, S.Sos, M.Ikom (Pembina Jasa Konstruksi Muda/ Sub Koordinator Pelaksana Tugas Fasilitasi Penyusunan Rekomendasi Teknis Keberlanjutan Konstruksi serta Kegagalan Bangunan – Mewakili Direktur Keberlanjutan Konstruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), dan Tri Widjajanto Joedosastro, M.T (Pengurus LPJK Bidang IV Penyetaraan Tenaga Kerja Konstruksi Asing – Mewakili Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi/LPJK).

Para pengurus Akbarindo saat Munas IV Akbarindo pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Ambhara, Jakarta. (Dok. Istimewa)

Pada kesempatan yang sama, Bornok M. Pakpahan, S.E., Sekretaris 1 BPN Akbarindo dan Ketua Umum BPP DKI Jakarta Akbarindo mengatakan, dari 34 provinsi di Indonesia, 21 provinsi sudah mendapatkan mandat dari Akbarindo, dan yang aktif ada di 17 provinsi. 

“Munas IV Akbarindo digelar untuk memenuhi persyaratan yang diamanahkan oleh Anggaran Dasar Akbarindo. Munas IV Akbarindo membahas, pertama, bagaimana kita menyusun kepemimpinan yang baru untuk menjawab tantangan jasa konstruksi dalam memberdayakan para anggota kita untuk ke depannya. Ke dua, bagaimana Akbarindo ini menjadi salah satu asosiasi yang bisa berkompetisi dengan asosiasi lain yang sejenis. Ke tiga, bagaimana kita membina anggota kita di daerah untuk menjadi masyarakat jasa konstruksi yang berkualitas,” kata Bornok M. Pakpahan.

Fedri Ramadhan, Presenter TVRI Pusat – Jakarta saat jadi MC di Munas IV Akbarindo pada Kamis, 8 April 2021 di Ambhara Hotel, Jakarta. (Dok. Istimewa)

Seperti dijelaskan Bornok M. Pakpahan, Munas IV Akbarindo digelar sesuai dengan Protokol kesehatan, awalnya direncanakan berlangsung 3 hari, tapi karena masih pandemi Covid-19, dan untuk mengikuti anjuran Pemerintah, maka dilakukan 1 hari saja yang dipandu eksklusif oleh Fedri Ramadhan, Presenter TVRI Pusat – Jakarta.

“Kita mengharapkan, hasil Munas IV Akbarindo ini akan terpilih susunan kepengurusan yang baru untuk periode 2021 sampai 2026, yang kita harapkan untuk membawa wajah baru dengan kepemimpinan baru untuk ke depan agar Akbarindo bisa lebih eksis lagi,” kata Bornok M. Pakpahan.

Bornok M. Pakpahan mengakui tantangan setahun terakhir bagi Akbarindo, seluruh masyarakat jasa konstruksi sangat terdampak pada pandemi Covid-19, juga bagi para anggotanya di daerah. 

“Untuk program kerja ke depan, bagaimana Akbarindo bisa tetap membina anggotanya dengan melakukan hal-hal baru melalui ekspansi ke daerah-daerah, dalam mengayomi mereka agar tetap eksis di bidang jasa konstruksi,” kata Bornok M. Pakpahan.

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...
- Advertisement -

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

Wakosma 6A desak SEMA STIT SB Pariaman agar Segera melakukan Pemilihan

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Wakil kosma 6A Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Wakosma 6A-PAI), Bima Putra meminta agar pihak Senat Mahasiswa (Sema) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin (STIT SB) Pariaman dan rektorat segera melakukan pemilihan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) periode baru agar terciptanya regenerasi kepemimpinan.

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Sefnat Waicang Sampaikan Aspirasi Masyarakat Grime Nawa ke DPD RI

JAKARTA - Perwakilan Masyarakat yang juga Tokoh Masyarakat yang diberikan kuasa untuk persiapan proses pemekaran Kabupaten Grime Nawa diketuai oleh Sefnat Waicang, S.P dan jajaran melakukan kunjungan ke DPD RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16-07-2021)

Banyaknya Keluhan Tentang Konsumen, DPW LPPKI DKI Jakarta Dibentuk

JAKARTA - LPPKI (Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia) terus bergerak melakukan pengembangan organisasi, baik ditingkat Provinsi (DPW), maupun ditingkat Kabupaten Kota (DPC).

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Laksanakan Sosialisasi Ranperda Tentang Mars Sumatera Barat

Padang,BeritaSumbar.com,-Bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, 01 Juli 2021. Melalui UPTD Taman Budaya Sumatera Barat dilaksanakan sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) tentang Mars Sumatera Barat yang akan ditetapkan menjadi Mars Daerah dengan judul Mars Sumatera Barat yang diciptakan oleh B. Andoeska.
- Advertisement -