24 C
Padang
Senin, April 12, 2021
Beritasumbar.com

Mario Rosy, ” Pilkada Badunsanak dan Kekeluargaan”
M

Kategori -

Pesisir Selatan.-Perbedaan pilihan tidak jarang membuat orang tidak tegur sapah, hanya gara – gara beda pilihan. Perbedaan pada hakikatnya bagian dari demokrasi, karena setiap warna negara.

Seperti diatur Pasal 27 Ayat (1) menyatakan bahwa ” Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecuali nya, ” Pasal ini juga memperhatikan kepada kita adanya kepedulian adanya hak asasi dalam bidang hukum dan politik.

Ketua Ikatan Wartawan Pesisir Selatan ( IWAPES), Mario Rosy, SH menuturkan, menjelang pilkada bupati dan wakil bupati, Kabupaten Pesisir Selatan jangan sampai terjadi hal – hal yang menimbulkan gejolak, suasana panas yang dapat merusak tatanan yang sudah baik selama ini, seperti kerukunan dan kekeluargaan. Walaupun berbeda pilihan.

Sebagai mana diketahui bersama, Pilkada badunsanak adalah Pemilu yang mengutamakan rasa kekeluargaan agar berjalan dengan baik tanpa adanya konflik, “katanya saat dihubungi media. Sabtu (29/8).

” Pilkada badunsanak harus benar – benar bisa di implementasikan di tengah masyarakat, dan jangan hanya sekedar slogan semata,” ajak Mario, juga angota Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI), Kabupaten Pesisir Selatan.

Dikatakan Mario, Pilkada ” badunsanak ”  pada para bakal calon bupati dan wakil bupati ikut dalam Pilakada, agar ikut bersama – sama menciptakan Pilkada badunsanak, dan tidak menjurus pada kampanye hitam dan praktik curang lain seperti politik uang,  bahkan saling menyudutkan calon tertentu. 

Kesuksesan Pilkada bukan hanya ada di tangan penyelenggara Pilkada, yaitu KPU, Bawaslu, Kepolisian, TNI, Pemerintah setempat, tokoh masyarakat, masyarakat, pemuda. Tapi ikut andil dari calon itu sendiri.

” Ayo kita berikan pembelajaran dan pemahaman politik pada masyarakat yang benar, bersih dan profesional. Jangan berikan pemahaman politik hitam, yang bisa merusak Pilkada badunsanak dan kekeluargaan,” harap dirinya.

Selain itu ia Mario juga memitak warga Kabupaten Pesisir Selatan nantinya bisa datang ke TPS, untuk menggunakan hak pilihan nya saat Pilkada 2020 atau tidak golongan putih ( golput).

Menurutnya satu suara masyarakat Pessel ikut menentukan masa depan Pesisir Selatan, oleh sebab itu ia menghimbau masyarakat yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap ( DPT) nantinya, agar bisa menggunakan hak suaranya.

Pililah calon sesuai dengan hati nurani, dan tanpa paksaan.” Setiap pesta demokrasi, pasti ada perbedaan, dan perbedaan itu bagian dari demokrasi, karena pilihan kita juga mempengaruhi kualitas pilkada,” akhirnya. 

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pengurus KAN Koto Nan Ompek Dikukuhkan Wali Kota Riza Falepi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai Pucuak Undang, Wali Kota Riza Falepi mengukuhkan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN), Bundo Kanduang, Limbago Anak Nagari, dan Puti Bungsu Koto Nan Ompek Periode 2021-2026 di Balai Adat Balai Nan Duo, Rabu (7/4).
- Advertisement -

Dipercaya Jadi Pengisi Soundtrack Film, Heniikun Bay Optimis Rilis Album Trilogy ke Dua

Eksistensi Heniikun Bay punya daya tarik tersendiri bagi para penikmat musik di Tanah Air pada saat ini. Kesuksesan grup musik asal Kota Yogyakarta tersebut merilis Extended Play (EP) album trilogy pertama Hexalogy Yakin Wae, membuat mereka optimis untuk meluncurkan album trilogy ke dua yang akan dirilis pada Senin 12 April 2021 di channel YouTube Prima Founder TV.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).
- Advertisement -

Kadisnakerin Wal Asri : Generasi Milenial Adalah Potensi Duta Informasi Dan Media Promosi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Beberapa hari ini, banyak aktifitas yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh bersama insan pendidikan, mulai dari kunjungan studi tur, sosialisasi bursa kerja, sampai kepada kegiatan penguatan sumber daya manusia lainnya.

Angin Puting Beliung Porak Porandakan 8 Rumah Warga di Jorong Sianggai-Anggai

Kabupaten Solok ,BeritaSumbar.com,- Angin puting beliung menerjang rumah warga di Jorong Sianggai-anggai, Nagari Sarik Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada sore hari Jum'at (09 April 2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ustadz Orange, Sampaikan Tausiah di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Ustadz Narlis Nazar, yang dikenal dengan Ustadz Orange ini, memberikan Tausiah agama di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan Kamis (8/4).

Danlantamal II Teluk Bayur Siap Kerjasama Kembangkan Kampung Bahari Di Kawasan Mandeh

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Komandan Pangkalan Utama TNI AL/II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto, S.E.,M.M.,M.Si memastikan siap jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, dalam hal pengembangan potensi budidaya ikan kerapu di kawasan objek wisata bahari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Polres Pesisir Selatan mengadakan Survei Tata Kelola Eksternal Polres 2021 intuk mendorong perbaikan kinerja Kepolisian Republik Indonesia, khususnya di jajaran Polres Pesisir Selata. Penilaian Indeks Tata Kelola (ITK) tersebut bertempat di aula pertemuan Mapolres Pessel, Kamis (8/4/2021).

Tersangka Jambret, Dibekuk Tim Opsnal Macan Kumbang

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Satu tersangka jambret berinisial " IM ' (23) warga Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, dalam hitungan jam berhasil dibekuk Tim Opsnal Macan Kumbang Satreskrim. Senin (22/3) pukul 15.00 Wib.

Kodim 0311/ Pessel gelar Vaksinasi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama dua hari, Kodim 0311/ Pessel mengadakan kegiatan Vaksinasi Covid - 19. Kegiatan tersebut Kodim 0311/ Pessel menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Pessel.

Peringatan HPI, Lisda Hendrajoni momen penting meningkatkan kapasitas perempuan Indonesia

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Peringatan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada hari Senin (8/3) mendapat tanggapan dari Anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi Nasional Demokrat Lisda Hendrajoni.

Bersama IKAB Pessel, Wabup Sambut Kunjungan IKAB Kota Palembang

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Jarak bukan menjadi halangan dalam menjalin Silaturrahmi, ini dilakukan Ikatan Keluarga Agam Bukit Tinggi ( IKAB) Kota Palembang, dengan Ikatan Keluarga Agam Bukit Tinggi ( IKAB), Kabupaten Pesisir Selatan. Kemarin, Minggu (7/3) kemaren.

Kapolda Sumbar Gelar Safari Kambtibmas Ke Polres Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol.Drs.Toni Harmanto, M.H melakukan kunjungan safari Kamtibmas ke Polres Pesisir Selatan, Kamis (4/3) pukul 08.00 Wib. Yang berlangsung di Aula Bhayangkara Endra Dharmalaksana Polres Pesisir Selatan diikuti pejabat tinggi Polda Sumbar.

3 Orang Bandar Dan Pemakai Narkoba Dibekuk Tim Sapu Jagat Polres Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Opsnal Sapu Jagat Resnarkoba Polres Pesisir Selatan menangkap tiga orang pemakai dan pengedar narkoba jenis ganja juga sabu - sabu di dua tempat berbeda. Di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan. Rabu (3/3).

Kapolres Ajak Warga, Ikut Berikan Informasi Ilegal Logging maupun Karhutla.

Komitmen tegas disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK menindak lanjuti arahan dan intruksi dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam rangka mencegah serta meminimalisir kebakaran hutan, bencana alam dan ilegal logging.
- Advertisement -