25 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Mario Rosy, ” Pilkada Badunsanak dan Kekeluargaan”
M

Kategori -

Pesisir Selatan.-Perbedaan pilihan tidak jarang membuat orang tidak tegur sapah, hanya gara – gara beda pilihan. Perbedaan pada hakikatnya bagian dari demokrasi, karena setiap warna negara.

Seperti diatur Pasal 27 Ayat (1) menyatakan bahwa ” Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecuali nya, ” Pasal ini juga memperhatikan kepada kita adanya kepedulian adanya hak asasi dalam bidang hukum dan politik.

Ketua Ikatan Wartawan Pesisir Selatan ( IWAPES), Mario Rosy, SH menuturkan, menjelang pilkada bupati dan wakil bupati, Kabupaten Pesisir Selatan jangan sampai terjadi hal – hal yang menimbulkan gejolak, suasana panas yang dapat merusak tatanan yang sudah baik selama ini, seperti kerukunan dan kekeluargaan. Walaupun berbeda pilihan.

Sebagai mana diketahui bersama, Pilkada badunsanak adalah Pemilu yang mengutamakan rasa kekeluargaan agar berjalan dengan baik tanpa adanya konflik, “katanya saat dihubungi media. Sabtu (29/8).

” Pilkada badunsanak harus benar – benar bisa di implementasikan di tengah masyarakat, dan jangan hanya sekedar slogan semata,” ajak Mario, juga angota Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI), Kabupaten Pesisir Selatan.

Dikatakan Mario, Pilkada ” badunsanak ”  pada para bakal calon bupati dan wakil bupati ikut dalam Pilakada, agar ikut bersama – sama menciptakan Pilkada badunsanak, dan tidak menjurus pada kampanye hitam dan praktik curang lain seperti politik uang,  bahkan saling menyudutkan calon tertentu. 

Kesuksesan Pilkada bukan hanya ada di tangan penyelenggara Pilkada, yaitu KPU, Bawaslu, Kepolisian, TNI, Pemerintah setempat, tokoh masyarakat, masyarakat, pemuda. Tapi ikut andil dari calon itu sendiri.

” Ayo kita berikan pembelajaran dan pemahaman politik pada masyarakat yang benar, bersih dan profesional. Jangan berikan pemahaman politik hitam, yang bisa merusak Pilkada badunsanak dan kekeluargaan,” harap dirinya.

Selain itu ia Mario juga memitak warga Kabupaten Pesisir Selatan nantinya bisa datang ke TPS, untuk menggunakan hak pilihan nya saat Pilkada 2020 atau tidak golongan putih ( golput).

Menurutnya satu suara masyarakat Pessel ikut menentukan masa depan Pesisir Selatan, oleh sebab itu ia menghimbau masyarakat yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap ( DPT) nantinya, agar bisa menggunakan hak suaranya.

Pililah calon sesuai dengan hati nurani, dan tanpa paksaan.” Setiap pesta demokrasi, pasti ada perbedaan, dan perbedaan itu bagian dari demokrasi, karena pilihan kita juga mempengaruhi kualitas pilkada,” akhirnya. 

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tokoh Masyarakat Latina Duduk Semeja Dengan Riza Falepi, Bahas Pembangunan Kedepan

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Camat David Bachri menjamu tokoh masyarakat Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) di salah satu rumah makan di Payakumbuh, Senin (11/1) siang.
- Advertisement -

Upacara Dan Tabur Bunga Peringatan Tragedi Titian Dalam

Kendati gerimis, namun upacara tabur bunga dalam rangka peringatan peristiwa gugurnya 9 Syuhada di Titian Dalam di Kenagarian Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, Senin (11/1) kemaren tetap berlangsung hikmat dan lancar.

Enam Penambang Emas Tertimbun Longsor Di Solok Selatan, Dua Meninggal

Padang Aro, beritasumbar.com - Akibat curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir, sebanyak enam orang penambang emas asal Jawa Tengah tertimbun longsor di...
- Advertisement -

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).

BPC. HIPMI Pessel Periode 2021 – 2024 dilantik

Para pengusaha muda di Kabupaten Pesisir Selatan diajak untuk lebih bersatu lagi dalam suatu wadah atau organisasi. Ini diperlukan untuk lebih memproteksi para pengusaha muda hingga meningkatkan kompetensinya.

Turun Tinjau Lokasi Banjir Dan Longsor, Kapolres Pessel Serahkan Bantuan

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.Ik turun menuju lokasi longsor di Kampung Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Lokasi longsor ini ada sekitar 35 km dari jalan nasional yang melintasi kabupaten ini.

Bupati Pessel Serahkan Bantuan 8 Ton Beras

Walaupun sedang hari libur, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni tetap melaksanakan tugas nya sebagai kepala daerah, kali ini Sabtu (9/1/2021) turun ke kampung Akad, Koto Tangah, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan menyerahkan bantuan sembako pada warga terkena dampak banjir.

BPN Pessel Bagikan Sertifikat Hak Atas Tanah dan Surat Hak Atas Tanah Mandiri

Badan Pertahanan Nasional ( BPN) Kabupaten Pesisir Selatan, tahun 2021 ini mendapatkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL), dengan sertifikat hak atas tanah ( SHT) sebanyak 1.584 ribu dan surat hak atas tanah mandiri ( SHT) sebanyak 350 bidang.

Sri Wibowo, Penggunaan Senpi Bagi Anggota Prosedurnya Ketat

Mengantisipasi penyalagunaan senjata api ( senpi) dapat membahayakan diri sendiri, keluarga, dan orang lain dalam melaksanakan tugas dilapangan, Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.I.K akan melakukan penyeleksian secara ketat pada anggotanya dalam menggunakan senpi.

Dari 6 Pelaku Yang Diamankan, 3 Tidak Terbukti Memakai Narkoba

Tim Resnarkoba Polres Pesisir Selatan berhasil mengamankan tiga orang pelaku narkoba, Senin (4/1) pukuk 02.30 Wib di jalan Darwis, Kenagarian Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan dengan barang bukti satu paket ganja kering.

Tahun Baru, Anugerah Bagi 62 Orang Anggota Polres Pessel

Tahun 2021 sebanyak 62 orang anggota Polres Pesisir Selatan, mulai dari Perwira dan Bintara periode 1 Januari 2021 dan Pegawai Negeri Sipil ( PNS) periode 1 Oktober 2021. Jum'at (1/1/2021), kenaikan pangkat sendiri dipimpin langsung Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo.S.IK.

Ormas di Pessel, Dukung Penuh ” Stop Covid -19 dan Stay At Home ” di malam tahun baru 2021

Bersama Organisasi Masyarakat ( Ormas) ada di Kabupaten Pesisir Selatan, pada malam tahun baru 2021, mendukung program Pemerintah dan POLRI dalam
- Advertisement -