32 C
Padang
Rabu, Februari 28, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Manfaat Berhenti Merokok
M

Kategori -
- Advertisement -

Oleh: Ns. Mulyanti Roberto Muliantino, S.Kep., M.Kep
Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

      
Kebiasaan merokok menjadi salah satu faktor risiko utama PJK disamping peningkatan kolesterol dan hipertensi, merokok juga termasuk faktor risiko penyebab terjadinya penyakit jantung koroner. Tipe perokok menurut jumlah rokok yang dihisap, meliputi: perokok ringan apabila merokok kurang dari 100 batang per hari, perokok sedang apabila merokok 10-20 batang per hari dan perokok berat apabila merokok lebih dari 20 batang per hari. Dan orang yang merokok >20 batang per hari dapat memengaruhi dua faktor risiko lainnya.

      
Menurut World Heart Federation tembakau yang dikandung dalam rokok dapat menyebabkan penurunan kadar oksigen yang dialirkan oleh darah dan menyebabkan darah cenderung mudah menggumpal. Gumpalan darah yang terbentuk di arteri ini menyebabkan penyakit jantung koroner dan juga stroke serta kematian mendadak. Literatur lain dari Heart Foundation menyatakan bahwa tembakau memiliki efek patofisiologi terhadap jantung, sistem pembekuan darah, dan metabolisme lipoprotein. Merokok meningkatkan pembentukan plak koroner dan mendorong terjadinya thrombosis koroner. Merokok juga dapat menurunkan kemampuan darah untuk mengangkut oksigen dan meningkatkan kebutuhan oksigen oleh otot jantung.

Manfaat Berhenti Merokok :

  1. Tubuh akan terasa lebih sehat. Tidak klise, tetapi jika memang tadinya merokok dan segera menghentikan kebiasaan ini, dalam hitungan menit tubuh akan kembali ke respons normalnya. Mulai dari tekanan darah, nadi, hingga suhu tubuh secara keseluruhan. Semua aktivitas di dalam tubuh ini akan menjadi normal.
  2. Menghentikan batuk dan parau. Segera setelah berhenti merokok, kecenderungan untuk batuk dengan tingkat yang parah akan berkurang. Dalam waktu yang sama, pernafasan berat yang kerap kali terjadi juga akan berkurang karena paru-parumulai kembali ke fungsi normalnya tanpa gangguan asap rokok. Karena fungsi paru mulai kembali normal, kemampuan paru-paru untuk mengendalikan lendir, membersihkan paru-paru, dan mengurangi risiko infeksi akan meningkat.
  3. Mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan. Merokok hanya membuat hidup menjadi rentan. Berhenti merokok jika anda ingin hidup sehat tanpa berbagai penyakit seperti impotensi, masalah kesuburan, katarak, penyakit gusi, kehilangan gigi, dan osteoporosis.
  4. Memperpanjang usia. Merokok meningkatkan sepuluh kali risiko mengidap penyakit hingga meninggal akibat berbagai masalah kesehatan yang mengancam kehidupan.
  5. Terlihat awet muda. Merokok menyebabkan penuaan dini. Dengan berhenti merokok, tidak hanya akan menguntungkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga penampilan. Merokok menyebabkan kulit menjadi keriput dan kusam.
  6. Masalah jantung berkurang. Seperti di sebutkan sebelumnya, merokok membuat lebih dekat dengan kematian dan memperpendek usia. Jika berhenti merokok, kemungkinan meninggal dengan penyakit jantung koroner, serangan jantung dan stroke akan turun hampir 50 persen.
  7. Organ sensorik kembali normal. Setelah berhenti merokok, anda akan mendapatkan kembali kemampuan mengenali sentuhan dan rasa. Saraf yang rusak akan mulai tumbuh kembali dan akhirnya rasa sentuhan, rasa, dan bau akan kembali normal.
  8. Mengurangi biaya untuk cek ke dokter. Merokok menyebabkan beberapa penyakit yang muncul, baik saat ini maupun nanti. Penyakit seperti batuk, bronkitis, luka pada mulut, semua akan mulai menghilang. Jika berhenti merokok, anda akan merasa lebih sehat.
  9. Transportasi oksigen dalam tubuh menjadi baik. Setelah berhenti merokok, tingkat karbon monoksida akan berkurang. Hal ini akan meningkatkan tingkat hemoglobin, sehingga transportasi oksigen akan dilakukan secara efisien di seluruh tubuh.
  10. Mengurangi risiko kanker. Karena adanya unsur karsinogenik dalam rokok, maka semakin sering merokok semakin besar kemungkinan untuk memicu berbagai jenis kanker, seperti tenggorokan, mulut dan kerongkongan.
  11. Kesehatan mulut lebih baik. Kesehatan mulut diperlukan untuk keseluruhan yang lebih baik. Dengan merokok, akan mengurangi kemampuan untuk mengecap, muncul noda pada gigi dan meningkatkan masalah gusi. Nantinya bisa menyebabkan hilangnya gigi dan merusak penampilan secara keseluruhan.
  12. Sistem kekebalan tubuh akan lebih kuat. Dalam beberapa hari berhenti merokok, sistem kekebalan tubuh akan tumbuh lebih kuat. Ini akan mengurangi kemungkinan jatuh sakit karena berbagai masalah kesehatan seperti pilek dan flu.
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img