23 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Makan Gratis Disiapkan, HUT Kota Payakumbuh Ke-43 Padat Kegiatan
M

Kategori -

Peringatan HUT Kota Payakumbuh ke-43  tahun ini,  diupayakan Pemko benar-benar dinikmati oleh warga kota. Kegiatan yang digelar melibatkan seluruh elemen masyarakat dan seluruh anak nagari di lima kecamatan Kota Payakumbuh. Pemko juga akan memberikan makanan dan minuman gratis sehari buat pengunjung pembukaan kegiatan  Payakumbuh Karnaval,   pasar rakyat dan pameran budaya  yang dikemas dalam bentuk Pekan Seni Kota Batiah, di GOR Kubu Gadang, bertepatan dengan hari jadi Payakumbuh, 17 Desember 2013.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, perintahkan Sekdako Benni Warlis, untuk menyiapkan alek warga kota ini dengan sebaik-baiknya. “Saya harapkan HUT Kota Payakumbuh harus menggelegar dan denyutnya sampai keseluruh penjuru kota,” ucap Walikota di Balaikota Payakumbuh, Senin (9/12).  Makanan yang disiapkan seluruh SKPD, BUMD dan perbankan secara gratis, harus dinikmati warga, bukan untuk kalangan pejabat.

Menurut Walikota Riza Falepi, ke depan HUT Kota Payakumbuh ini akan menjadi kalender tetap pariwisata yang ditungu-tunggu warga Kota/Kabupaten seluruh  Sumatera Barat, sertan wisatawan nusantara dan   mancanegara. Karena itu, kegiatan yang ditampilkan  benar-benar istimewa dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat. event yang diangkat ke permukaan, kegiatan yang bernilai jual bagi wisatawan dan pengunjung  yang datang ke Payakumbuh.

Dikatakan, peringatan HUT  Kota Payakumbuh  bukan rutinitas tahunan berupa acara seremonial saja. Tapi, sebuah pesta rakyat yang benar-benar dinikmati publik. “Kita tahu masih banyak kehidupan warga yang kurang beruntung. Tapi, di hari jadi kota ini, mereka harus dihibur dan bergembira dengan unsur pemerintah kota,” sebut Walikota.

Sekdako Payakumbuh Benni Warlis, selaku ketua panitia HUT, mengaku, sudah membentuk panitia peringatan HUT Payakumbuh. Menurutnya, rangkaian kegiatan HUT kota sudah dimulai sejak 5 Desember lalu, ditandai dengan kegiatan World Music  Festival.  Meski hujan terus mengguyur Payakumbuh, terutama di malam hari, tapi World Music Festival tetap terlaksana dengan baik,” kata Sekdako.

Kegiatan lainnya yang disiapkan panitia, Payakumbuh Karnaval, pameran budaya, pameran pembangunan dan industri kerajinan serta Pekan Seni Kota Batiah.  Payakumbuh Karnaval menampilkan seluruh budaya nagari, mulai dari tradisi perkawinan, manjalang, mengantar juadah dan khatam qur’an.  Peserta Payakumbuh karnaval,  juga melibatkan bundo kanduang dan pelajar Payakumbuh. Event ini akan berlangsung tanggal 16 Desember, dengan garis star di depan SMPN 1 menuju  garis finis di lapangan Mahad Islami, di Jalan Sukarno-Hatta Payakumbuh.

Keterangan Ketua TP-PKK Payakumbuh, Ny. Dr. Henny Riza Falepi, dalam rapat persiapan HUT Kota Payakumbuh, di aula Balaikota, Senin (9/12),  suatu saat nanti, Payakumbuh Karnaval akan menjadi  acara yang mampu mengharumkan nama Payakumbuh keseantero Indonesia dan dunia. Banyak budaya lokal Payakumbuh yang bisa diangkat dalam Payakumbuh Karnaval, katanya.

Sementara itu, pameran budaya, pameran industri dan pameran pembangunan hasil  pembangunan kota yang akan ditampilkan SKPD dan UKM, dan LKAAM serta 8 KAN,  akan berlangsung sejak tanggal 17 hingga 20 Desember mendatang. Selama pameran ini, pengunjung akan dihibur dengan musik dan tari-tarian tradisional serta musik pop. Selama empat malam itu, warga akan menikmati potensi kesenian daerah yang selama ini jarang mereka temui, kata Kadisparpora Payakumbuh Drs. Syahnadel  Khairi yang bertanggung jawab dengan pementasan kesenian itu.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.
- Advertisement -

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

BPC. HIPMI Pessel Periode 2021 – 2024 dilantik

Para pengusaha muda di Kabupaten Pesisir Selatan diajak untuk lebih bersatu lagi dalam suatu wadah atau organisasi. Ini diperlukan untuk lebih memproteksi para pengusaha muda hingga meningkatkan kompetensinya.

Donas Merilis Album The Best Song Volume 1 di Prima Founder Records

Kesuksesan seorang penyanyi tak lepas dari kemampuan seorang penulis lagu dalam mengkomposisi nada untuk lirik, agar dapat diterima oleh orang banyak. Seperti halnya dengan Rimawan Ardono AS yang biasa dipanggil Donas, Musisi Nasional asal Kota Yogyakarta, karya-karya lagunya telah mengantar kesuksesan bagi banyak penyanyi di Tanah Air.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -