24.2 C
Padang
Rabu, Januari 19, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Ademas, Kembali Ekspor Bunga Raphies Excelsa ke Belanda
A

Kategori -
- Advertisement -

Sukses mengirim bunga raphies excelsa ke Belanda,  yang diluncurkan Mentan RI, Suswono bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Mei lalu, Kelompok Tanaman Hias  Ademas kembali mengirim bunga yang sama ke Belanda, awal Desember lalu.

Kepala Dinas Pertanian Payakumbuh Iqbal Bermawi, menginformasikan, Senin  (9/12), tahap pertama ekspor bunga rahies excelsa ke Belanda, berjumlah  800 rangkaian raphies.  Tahap kedua, Kelompok Ademas  yang dipercaya melakukan kontrak dengan pengusaha eksportir, masih belum mampu memenuhi keiginanan  eksportir, mencukupi satu kounteiner,  yang mampu menampung 1.200 rangkaian raphies.

“Kita akan dorong seluruh anggota kelompok tanaman hias ini untuk meningkatkan produksi bunga raphies mereka, agar permintaan pasar dapat terpenuhi,” sebut Iqbal. Pembudidayaan  bunga raphies ini, dikatakan, akan terus disosialisasikan kepada  petani dan warga kota pencinta tanaman bunga, katanya.

Kelompok Tani  Ademas juga peraih gelar  juara, dalam lomba pengelolaan tanaman hias di Payakumbuh.  Menurut Ketua Keltan   Erwanto, ditempat terpisah mengatakan, Ademas beranggotakan belasan orang itu, punya satu hektar tanaman raphis excelsa selain tanaman hias lainnya.

Kerja keras anggotanya dalam bertanam bunga ini, sudah memberikan penghasilan lumayan besar bagi keluarganya.  Anggota Ademas yang dulunya berasal dari petani dan ibu rumah tangga berpenghasilan rendah, sekarang sudah mampu memberikan peluang kerja bagi warga setempat.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img