25.5 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

Kado HUT Kota ke-43, Payakumbuh Terima Penghargaan BUNG HATTA Award 2013

Kota Payakumbuh satu-satunya daerah yang mendapat penghargaan Bung Hatta Award di Indonesia. Bung Hatta Award 2013, diberikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono lewat Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin kepada Walikota Riza Falepi, dalam acara di Graha Pengayoman Kementerian Hukum HAM di Kuningan Jakarta, Selasa (10/12). Kota dipimpin pasangan Walikota  Riza Falepi dan H. Suwandel Muchtar ini, dinilai punya kepedulian tinggi terhadap  hak azazi manusia. Terutama, dalam perlindungan hak kesehatan dan pendidikan warga kota.

 

Penghargaan Bung Hatta Award 2013, diberikan Kemenkum dan HAM dalam rangkaian memperingtati Hari Hak Azazi Manusia se-Dunia ke-65/2013 Tingkat Nasional.  Acara ini  dihadiri seluruh pejabat di jajaran  Kemenkum dan HAM serta dua besar Negara sahabat dan Ny. Dr. Mutia Hatta.

 

Penghargaan Bung Hatta Award sebuah kado istimewa yang diberikan pemerintah pusat kepada kota yang akan merayakan HUT ke-43, 17 Desember mendatang. “Kami senang  mendapat penghargaan Bung Hatta Award ini. Hitung-hitung sebuah  kado istimewa dari pemerintah pusat,” ucap Walikota Riza ketika dihubungi lewat telepon genggamnya seusai menerima penghargaan itu, Selasa.

 

Usai menerima penghargaan Bung Hatta Award, Walikota Riza Falepi bersama dua pejabat Bagian Hukum Setdako Payakumbuh Bode Arman, SH dan Wengki, SH, M.Hum, diminta Kepala Balitbang HAM Kementerian Hukum dan HAM, Dr. Mualimin, SH, MH,  untuk menyampaikan sekilas program yang menyangkut dengan hak-hak azazi manusia di Payakumbuh.

 

Di depan sejumlah pejabat Balitbang HAM, pelajar pemenang karya tulis bertemakan HAM Indonesia dan stakeholder lainnya, Walikota Riza Falepi, menyampaikan program pendidikan, terutama pendidikan inklusif serta program kesehatan di Payakumbuh. Walikota Riza menyampaikan, di Payakumbuh pelajar disabilitas sudah  mendapatkan hak belajar yang sama dengan pelajar normal, dan mereka belajar disekolah reguler.  Tercatat,  sudah 29 SD, 4 SLTP dan 4 SLTA yang membuka program pendidikan  inklusif.

 

Anak berkebutuhan  khusus yang tengah  mengecap pendidikan saat ini tercatat 748 orang. Meliputi  666 pelajar SD, 10 pelajar Madrasah Ibtidaiyah,  62 pelajar SLTP, 3 pelajar SMAN, 3 SMKN,  dan 2 Madrasyah Aliyah. Sedangkan, anak berkebutuhan khusus yang terdata dan putus sekolah tercatat  754 anak.

 

Sementara  dibidang kesehatan, prilaku hidup bersih dan sehat sudah membudaya di Payakumbuh. Karena itu, Menteri Kesehatan sudah 7 kali memberikan penghargaan Kota Sehat buat Payakumbuh. Sejalan dengan ini,  dalam lomba Usaha Kesehatan Sekolah, Payakumbuh juga mendapat juara I Nasional. Begitu juga dalam lomba pasar sehat tradisional, Payakumbuh juga yang terbaik di Indonesia.

 

Dalam perlindungan kesehatan,  Payakumbuh mampu menekan angka kematian bayi dan ibu menyusui. Hak anak, ibu hamil dan lansia, benar-benar menjadi perhatian serius Pemko, ditandai dengan penyediaan fasilitas buat balita, ibu hamil dan lansia, sebut Walikota. Usia harapan hidup di Payakumbuh, sudah 70,2 tahun.

 

Sebelumnya Menteri Hukum dan HAM  Amir Syamsudin, mengajak seluruh jajaran Kemenkum dan HAM serta Walikota dan bupati di Indonesia, untuk benar-benar serius memperhatian hak-hak azazi manusia. Aplikasinya, Pemko dan Pemkab, diminta untuk menyediakan berbagai fasilitas umum buat kepentingan hak-hak  seluruh manusia, mulai dari ibu hamil, ibu menyusui,   balita, hingga lansia.  Seluruh peraturan dan undang-undang yang menyangkut dengan hak azazi manusia, seyogianya menjadi perhatian dan diaplikasikan dalam berbagai program pembangunan, sebut Menteri.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sultani : Petani Itu Adalah Kita

Tanah Datar,- Sultani, calon wakil bupati tanah datar mengatakan bahwa kita harus memperhatikan petani dengan memunculkan berbagai program yang menguntungkan dan membantu...

Setahun Gerakan Merawat Bumi dari Rumah Tangga di Indonesia

Eco Enzyme (EE) adalah cairan yang diproduksi dari fermentasi sampah organik seperti kulit buah dan sayuran dicampur gula dan air yang menghasilkan...

Jelang Razia Zebra 2020, Satlantas Polres Tanah Datar Berikan Himbauan

Tanah Datar,- Memasuki akhir tahun 2020 satuan lalu lintas polres tanah datar akan menggelar razia zebra terhitung mulai tanggal 26 oktober berjalan...

Polres Payakumbuh Musnahkan Barang Bukti Narkotika Jenis Ganja

Payakumbuh - Setelah berhasil menangkap peredaran gelap narkotika lintas provinsi awal Oktober lalu, Kepolisian Resor (Polres) Payakumbuh melakukan pemusnahan barang bukti narkotika...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -