26 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Latina Kecamatan Sayang Ibu Payakumbuh
L

Kategori -

Lamposi Tigo Nagori (Latina) kecamatan terbungsu di Payakumbuh, Wakil Kota Payakumbuh dalam lomba Kecamatan Sayang Ibu (KSI) tingkat propinsi Sumatera Barat,  2013.  Warga kota, terutama kaum hawa di kota ini, berharap Kecamatan Latina mampu mengukir prestasi terbaik dalam kegiatan ini. Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi, optimistis Latina mampu menjadi yang terbaik di Sumatera Barat.

Tim  tim propinsi, diketuai Putri Yanhelmi, SH. M.Si,  telah melakukan penilaian ke  Kecamatan Latina,  Kamis (24/10).  Kedatangan tim di Payakumbuh,  disambut Asisten I Bidang Pemerintahan Setdako  Yoherman, SH.S.Sos, Kepala BPMP & KB Drs. Harmayunis, Ketua dan wakil TP PKK   Ny. Henny Riza Falepi dan Ny. Hj. Rasyidah Suwandel Muchtar dan unsur muspika, di depan kantor kecamatan.

Asisten I Setdako Yoherman dalam sambutannya mengutarakan bahwa Kecamatan Sayang Ibu (KSI) merupakan impelementasi pelaksanaaan kegiatan Gerakan Sayang Ibu (GSI) yang merupakan suatu gerakan bersama antara pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan peran masyarakat dalam upaya penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB),  yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Program ini, sebut Yoherman,  menjadi target dunia dan merupakan merupakan komitmen internasional dalam rangka pencapaian  target Millenium Development Goal’s (MDG’s).

Ketua TP-PKK Henny Riza Falepi yang dihubungi, Jum’at (25/10), mengatakan, menjadikan  Latina sebagai lini Kecamatan Sayang Ibu, tak lepas dari dukungan berbagai organisasi wanita di Payakumbuh. Kebersamaan itu, membuat program lebih bersinergi, selaian dukungan  pendekatan SKPD terkait.  Menurutnya, kaum ibulah sangat bertanggung jawab dalam mempercepat penurunan AKI dan AKB.

Senada dengan itu, Camat Lamposi Tigo Nagori Doni Prayuda, S.STP dalam eksposenya dihadapan tim penilai mengungkapkan Kecamatan Latina saat ini memiliki 1.561 pasangan usia subur (PUS),  2.367 jiwa wanita usia subur dan 104 jiwa ibu hamil. Jumlah yang cukup tinggi ini, seyogianya  menjadi perhatian serius dari pemerintah kecamatan melalui Gerakan Sayang Ibu untuk terus menyukseskan program-program yang terkait dengan Gerakan Sayang Ibu.

Ditambahkan Doni, sebagai impelementasi dari upaya penurunan AKB dan AKI, satgas GSI Kecamatan Latina melakukan kegiatan diantaranya, sosialiasi kegiatan KSI, penggalangan komitmen bersama seluruh tokoh masyarakat, pendataan dan pemetaan bumil dan bulin, pembentukan pondok sayang ibu, pembentukan tabungan ibu bersalin (Tabulin), penghimpunan dana sosiali ibu bersalin (Dasolin), pendataan calon pendonor darah, pembentukan ambulan kelurahan, penanaman tanaman obat keluarga, peningkatan kegiatan dasa wisma, monitoring evaluasi dan inovasi.

Selama di Latina,  tim penilai propinsi fokus  melakukan penilaian yang dipusatkan di Kelurahan Sungai Durian. Dengan melakukan verivikasi dengan tokoh masyarakat dan stakeholder lainnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.
- Advertisement -

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.
- Advertisement -

Momen Goro Di NDB, F-WIN Turun Tangan Bareng Nilmaizar

Momen langka terjadi di Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB). Wali Kota Riza Falepi dan Wakil Wali Kota Erwin Yunaz (F-Win) bersama mantan pelatih Tim Nasional Indonesia Nil Maizar turun lapangan bahu-membahu bergotong royong (Goro) bersama masyarakat setempat membersihkan pekarangan kantor lurah NDB, Jumat (08/01).

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -