28.1 C
Padang
Rabu, Oktober 20, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Lapas Sijunjung Gelar Simulasi Cegah kebakaran
L

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, beritasumbar.com – Untuk mencegah terjadinya kebakaran Jajaran Lembaga Permasyarakatan Kelas ll B Muaro Sijunjung bekerjasama dengan Dinas Damkar setempat melakukan simulasi memadamkan kebakaran di Lingkungan Lapas Muaro, Kamis, (23/9).

Kepala Lapas Kelas ll B Muaro Sijunjung Bistok Oloan Situngkir mengatakan tujuan simulasi ini untuk melatih dan membuat terampil petugas lapas dalam menghadapi musibah kebakaran, sehingga saat terjadi kebakaran petugas dapat mempergunakan alat pemadam seperti seharusnya.

Simulasi ini untuk melatih petugas lapas dalam menghadapi musibah kebakaran, mempergunakan peralatan, serta membuka kunci ruangan secara darurat tempat para napi. Kalau sudah terbiasa mempergunakan kunci perblok dan dimana letak dan posisinya yang tepat, maka tidak terjadi pertukaran kunci pada saat kondisi darurat.

“Bagaimana langkah-langkah penyelamatan para napi, supaya tidak terjadi kematian seperti yang terjadi lapas baru-baru ini,” katanya.

Ia menyebutkan, biasanya apabila terjadi kebakaran, pikiran kita cepat bingung dan panik menghadapi situasi, sehingga tidak tahu apa tindakan yang akan dilakukan.

Dengan adanya simulasi ini, petugas mendapatkan penjelasan yang disampaikan petugas damkar, maka para petugas lapas miliki ilmu untuk mengatasi kebakaran secara cepat.

“Untuk itu diharapkan kepada seluruh petugas lapas dengan sungguh-sungguh mengikuti simulasi ini,” tegasnya.

Kabid Damkar Kabupaten Sijunjung Suhatman pada kesempatan itu menyampaikan simulasi ini harus diikuti secara baik supaya menerapkan ilmu tersebut bila terjadi musibah kebakaran.

Ia mengatakan dalam menghadapi musibah kebakaran, kenali sifat api apabila sudah besar, supaya kita tidak salah dalam mengatasi musibah tersebut.

“Untuk itu ikuti penyampaian materi serta praktik pencegahan dan pengendalian musibah kebakaran di Lingkungan Lapas,” tegasnya. (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img