24.9 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

Kunjungi Tiga Kementerian, Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi Ingin Percepatan Pembangunan di Sumbar
K

Kategori -

Jakarta,BeritaSumbar.com,- Kunjungan kerja Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi yang didampingi oleh tujuh orang kepala OPD Provinsi Sumatera Barat ke Jakarta, Selasa (4/5) diisi pertemuan dengan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju.

Pertama sekali, orang nomor satu Sumbar ini mendatangi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dihadapan Menteri Basuki Hadimuljono, gubernur memaparkan progress pembangunan Infrastruktur di Sumatera Barat. Buya Mahyeldi juga membicarakan usulan percepatan pembangunan yang nantinya akan di tuangkan dalam penganggaran APBN 2022.

“Ada beberapa sektor yang perlu dipercepat di bidang Bina Marga seperti pembangunan jalan yang telah diusulkan kementrian PUPR melalui Konreg 2021 dan nantinya akan dianggarkan sebesar 120 miliar Rupiah pada tahun 2022,” ucapnya.

Beberapa proyek yang menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR antara lain pembangunan ruas jalan Bunga Tanjung ke Teluk Tapang Kabupaten Pasaman Barat sepanjang 25 km. Juga pembangunan ruas jalan Duku – Sicincin di Kabupaten Pariaman yang nantinya merupakan akses ke Kawasan Main Stadion Sumbar.

Kemudian ada beberapa pembangunan jalan yang masuk dalam prioritas proyek nasional yaitu pembangunan fly over Sitinjau Lauik sepanjang 2,6 KM.

“Ini jalur logistik dan sering terjadi kecelakaan. Mendesaknya pembangunan ini telah di bahas sebelumnya dan telah di usulkan ke Kementrian Maritim dan Investasi, juga diusulkan Kementrian PUPR melalui Konreg 2021,” sebut gubernur.

Berikutnya ada pembangunan Tempat pembuangan akhir (TPA), irigasi, normalisasi sungai dan penyediaan rusunawa. Anggaran yang dibutuhkan mendukung proyek tersebut mencapai triliunan rupiah. Menteri Basuki meminta Pemprov Sumbar berperan aktif berkoordinasi dengan beberapa kementerian, terutama Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi untuk mendukung percepatan penyelesaian proyek tersebut.

Selanjutnya, Buya Mahyeldi beserta rombongan menyambangi Kementerian Investasi di Kawasan Gatot Subroto Jakarta. Dalam perbincangannya dengan Menteri Bahlil Lahadalia, mantan Walikota Padang tersebut menyampaikan beberapa perusahaan akan berinvestasi di Sumbar, dan nilainya mencapai 150 triliun Rupiah.

Dia berharap rencana itu dapat terealisasi tahun ini juga. Karenanya, diperlukan gerak cepat supaya program investasi berjalan sesuai rel. Apalagi, pemerintah pusat turut mendukung penuh usaha tersebut.

“Menteri Bahlil sangat mendukung investasi di Sumbar. Beberapa program yang diusulkan, direspon baik oleh beliau. Semangat muda Pak Menteri memacu Kita untuk bekerja lebih keras mendatangkan investasi ke Sumbar. Beliau malah menginisiasi agar diadakan rakor Gubernur se Sumatera yang dilaksanakan di Sumatera Barat” sebut gubernur Mahyeldi kepada awak media dengan penuh semangat.

Gubernur Mahyeldi menuturkan, bahwa begitu banyak potensi daerah di Sumatera Barat yang bisa dijadikan lahan investasi.

“Kita punya sumber daya alam begitu melimpah. Seperti pertanian, dimana lahan di Sumbar sangat luas. Kelautan juga. Budidaya tuna belum maksimal digarap. Perlu investasi disektor ini. Disamping itu, Sumbar juga dipenuhi pulau-pulau yang eksotik. Tentu menjadi lahan investasi disektor pariwisata,” jelasnya.

Kegiatan terakhir Gubernur Sumbar hari itu ditutup dengan audiensi bersama Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan. Pada kesempatan tersebut, gubernur melaporkan hasil evaluasi percepatan infrastruktur Sumbar yang selama ini dikoordinasikan oleh Kemenko Marves.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat koordinasi percepatan infrastruktur Sumatera Barat bulan Maret lalu yang dipimpin langsung Menko Marves lewat video conference.
‘Menteri Luhut minta satu bulan berikutnya harus ada laporan evaluasi kemajuan,” tukas Buya Mahyeldi.

Adapun poin-poin yg disampaikan gubernur adalah kunjungan wakil presiden bersama pejabat tinggi negara yaitu Menteri Perdagangan, Menteri Bappenas, Menteri Pertanian dan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif ke Ranah Minang sebulan belakangan.

Kunjungan menteri-menteri tersebut khusus membahas percepatan pembangunan Sumbar seperti M.Lutfi (Mendag) membicarakan pembangunan pasar rakyat. Kedatangan Mentan Syahrul Yasin Limpo mengulas percepatan sektor pertanian dan food estate. Sementara itu, Menteri Bappenas Suharso Monoarfa melihat kesiapan beberapa proyek strategis nasional di Sumbar. Sedangkan Sandiaga Uno mendorong akselerasi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Merespon laporan tersebut, Luhut mendukung dan mensupport percepatan infrastruktur yang diusulkan.
“Untuk fly over Sitinjau Lauik Menko Marves langsung berkoordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum (PU) agar proyek ini menjadi prioritas,” sebut Buya Mahyeldi.

Dari sisi perhubungan, Luhut meminta lanjutan pembangunan Bandara Rokot Mentawai dan Pelabuhan Teluk Tapang Pasaman Barat juga menjadi perhatian agar dikebut penyelesaian pengembangannya.

Begitu juga jalur darat. Lulusan terbaik Akademi Militer Nasional angkatan tahun 1970 tersebut berharap beberapa rute seperti Jalan Trans Mentawai serta jalan menuju Pelabuhan Teluk Tapang dan tembus ke Kabupaten Madina Sumatera Utara dikejar penyelesaiaannya.

“Menko Luhut turut mendukung penuh pengerjaan Jalan Abai Sungai Dareh Dharmasraya dengan menggunakan aspal beton,” tambah Buya Mahyeldi.

Menko Luhut juga menyampaikan harapannya semoga jalan tol Sumatera dapat tuntas tahun 2024. Beliau juga mendukung usulan feeder tol di Kabupaten Dharmasraya.

Terhadap obyek lain semacam Tempat Pembuangan Akhir (TPA) regional Payakumbuh dan Kawasan Danau Maninjau Agam, Luhut bakal menugaskan staf khususnya yang telah berpengalaman dan sukses merevitalisasi kawasan serupa. Dirinya berjanji akan memantau langsung progress kerja tersebut.

Berbicara Main Stadium Sumbar, pria kelahiran Toba Samosir 73 tahun silam itu meminta agar dibangun sesuai taraf international, sehingga even-even prestisius dapat dilakukan di Sumbar.
“Beliau akan mendorong kementrian terkait dapat membantu penyelesaian Main Stadium ini,” tukuk gubernur.

Posisi Sumbar sebagai salah satu lumbung pangan nasional, turut menjadi perhatian Luhut Binsar. Dia mendorong pengembangan Irigasi Batang Patahan dan Sirukam. Sedangkan untuk food estate, mantan Kepala Staf Kepresidenan ini meminta agar masalah lahan benar-benar dituntaskan dan masyarakat mendukung pembangunan kawasan food estate di daerahnya.

“Tahap awal, Menko menyarankan cukup satu kawasan saja dulu. Sebenarnya ada 4 kawasan yang diajukan, di Pasaman Barat, Pasaman, Solok Selatan dan Padang Pariaman,” ucap Mahyeldi.

Terhadap kepastian dukungan, Luhut berjanji akan melakukan rakor evaluasi percepatan pembangunan infrastruktur dengan menghadirkan menteri terkait.

Menutup perjumpaan, Menko Luhut menemani Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi berbuka puasa di ruangan kerjanya. (humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakanwil Hadiri Sosialisasi KMA No. 660 Tahun 2021 oleh Kakankemenag Padang Panjang

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kementerian Agama Kota Padang Panjang Sosialisasi KMA Nomor 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriyyah dipimpin langsung Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama Kasi PHU Endang Sriyani dan jajarannya di Masjid Taqwa Kauman Muhammadiyah Kota Padang Panjang, Kamis (14/06/2021)
- Advertisement -

Kakanwil Hadiri Sosialisasi KMA No. 660 Tahun 2021 oleh Kakankemenag Padang Panjang

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kementerian Agama Kota Padang Panjang Sosialisasi KMA Nomor 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriyyah dipimpin langsung Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama Kasi PHU Endang Sriyani dan jajarannya di Masjid Taqwa Kauman Muhammadiyah Kota Padang Panjang, Kamis (14/06/2021)

Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM Berkunjung Ke Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com,- Posko Relawan Nagari Aman Tageh Kecamatan Sijunjung di kunjungi oleh Baharharkam Polri,yang diwakili oleh Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM, pada Jumat(11/6). Dalam kegiatan tersebut baharkam Polri di dampingi oleh Kapolres Sijunjung AKBP Andri Kurniawan, SIK, MH dan pejabat utama Polres Sijunjung.
- Advertisement -

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...

10 Orang Pelaku Pungli Dicokok Tim Satreskrim Polres Padang Pariaman

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Satreskrim Polres Padang Pariaman berhasil mengamankan 10 orang yang diduga melakukan pungutan liar (pungli). Mereka tersebut diamankan di lokasi yang berbeda-beda. Selasa 15/6/2021
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LPPKI Bangga Dengan Nagari Mart Melayani Konsumen Dengan Baik

Padang,BeritaSumbar.com,-Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN- LPPKI) Azwar Siri.SH beserta jajaran pengurus LPPKI lainya mengunjungi Mini market Nagari Mart yang terletak di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Senin 7/6/2021.

Kunjungan Kepala BP2MI Diharapkan Memberikan Peluang Positif dan Kepastian Buat PMI Asal Sumbar

Ketua DPD partai Hanura Sumbar Zalfadri S.T.,M.M. bersama Sekretaris DPD Hanura Sondri BS dan kepala UPT BP2MI Provinsi Sumatera Barat Joko Purwato

Keluarga Besar LPPKI Silaturahmi Dengan Anak Panti Asuhan

Padang,BeritaSumbar.com,- Keluarga besar Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) mengadakan kunjungan silaturahmi dengan panti sosial Lubuk Kilangan, yang bertempat di Panti Sosial Anak Asuh Batu Gadang, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa 1/6/2021.

Ribuan THL Pasbar Dirumahkan, PMM Sebut Diawal Menjabat Bupati Pasbar Berhasil Sengsara kan Rakyat

Padang - Organisasi Pergerakan Milenial Minang (PMM) mengkritisi keras kabar tak sedap tentang tenaga harian lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat. sekitar 3.200 THL, yang terdiri dari tenaga guru, medis, teknis dan PTT akan terdepak dari pekerjaan saat ini. Kebijakan itu dilakukan dengan alasan upaya penghematan anggaran, (1/06/2021)

Koperasi Mutiara Tigo Pasie Kunjungi Koperasi Mandiri Dan Merdeka

Padang,BeritaSumbar.com,- Koperasi Mutiara Tigo Pasie (KMTP) adalah koperasi yang didirikan dan diselenggarakan oleh Ibu-Ibu warga Pasie Nan Tigo

Aksi Solidaritas Masyarakat Sumbar; Palestina Permasalahan Kita

Padang,BeritaSumbar.com,- Puluhan ormas yang tergabung dalam Forum Komunikasi Sumatera Barat Peduli Palestina menggelar aksi solidaritas, Ahad (23/5/2021). Aksi berupa longmarch dan flashmob digelar di sepanjang jalan Khatib Sulaiman hingga Sudirman, Padang. Peserta aksi dilepas dari pelataran Masjid Raya Sumatera Barat, oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

LPPKI Dukung Pelaku Usaha Untuk Polisikan Konsumen Nakal

Padang,BeritaSumbar.com,-Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN-LPPKI) Azwar Siri.SH dalam suasana Idul Fitri mengingatkan pada konsumen indonesia untuk tidak terlalu kosumtif dan terlena menggunakan keuangan sehingga lupa untuk hal yang penting. Hal tersebut dikatakan oleh Azwar Siri.SH di Padang Sumatera Barat, Rabu 19/5/2021.

Menko Marves : Revitalisasi Danau Maninjau Butuh Biaya 237 Milyar

PADANG -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan program penyelamatan Danau Maninjau di Kabupaten Agam, Sumatera Barat menelan biaya hingga Rp 237 Miliar. Angka sebesar itu dibutuhkan untuk proyek pengerukan sedimen sisa pakan dan kotoran ikan yang selama berpuluh-puluh tahun mengendap di dasar danau.

Wagub Dorong Percepatan UGGp Geopark Ranah Minang Untuk Ikon Pariwisata Sumbar

Padang, BeritaSumbar.com,- Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy sangat mendukung dan mendorong Percepatan UNESCO Global Geoparks (UGGp) Geopark Ranah Minang "Patahan Besar Sumatera Danau Tektonik Singkarak" untuk ikon pariwisata Sumatera Barat.

Azwar Siri Ketum LPPKI Mengecam Tindakan Oknum Debt Colektor yang Melakukan Upaya Paksa

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) melalui Ketua Umumnya Azwar Siri.SH mengecam tindakan oknum puluhan Debt Colektor yang mengepung anggota TNI AD Serda Nurhadi anggota Babinsa Semper Timur Kodim 0502 Jakut yang sedang membantu warga nyetir mobil di Tol Koja Barat Jakut pada hari kamis 6 Mei 2021 sebagaimana video yang viral dan beredar luas dikalangan medsos. Hal tersebut disampaikannya saat berbincang-bincang dengan awak media di Kantor Advokatnya di Padang Sumatera Barat pada Minggu 9/5/2021.
- Advertisement -