27 C
Padang
Senin, Oktober 25, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak
R

- Advertisement -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Seperti terlihat di Pasar Simpang Aur Kuning, Kamis (6/5/2021), pedagang yang berjualan di pusat pasar konvensi terbesar di Pulau Sumatera ini, mulai ramai pengunjung.

Pembeli yang datang berbelanja di Pasar Aur Kuning ini, berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat (Sumbar). Termasuk juga ada pembeli dalam jumlah besar berasal dari Jambi, Pekanbaru, Riau dan provinsi tetangga berbelanja di Pasar Aur Kuning.

Terlihat para pembeli dan pemilik toko tetap disiplin dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19, yakni memakai masker dan menjaga jarak agar klaster baru covid-19 tidak terjadi.

Seorang pemilik toko pakaian, Zaki (38) menyebutkan, susana Pasar Aur Kuning memang sedikit mulai ramai jika dibandingkan tahun lalu.

“Tahun lalu, pandemi covid-19 yang melanda, khususnya di Bukittinggi telah membuat pedagang sepi pengunjung. Bahkan ada yang menutup toko mereka,” paparnya.

Memang situasi sekarang, kata dia, pandemi covid-19 masih saja terjadi. Namun, sudah dalam kategori menuju adaptasi kebiasaan baru (AKB), sesuai dengan instruksi dari pemerintah.

“Mencegah penyebaran covid-19, pedagang dan pembeli tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak, cuci tangan dan menyiapkan hand sanitizer untuk pengunjung,” tuturnya.

Pedagang lainnya, Rul (56) mengatakan, untuk pembelian dari luar provinsi, kebanyakan melakukan transaksi secara online. Artinya, kebutuhan dikirim melalui online, dan setelah transfer uang barang dikirim ke alamat yang ditentukan.

“Alhamdulillah, tahun ini perdagangan mulai sedikit bergairah. Kalau omzet, memang tidak seperti waktu sebelum covid-19 terjadi,” ungkapnya.

Ia mengatakan, mulai bergairahnya perdagangan di Pasar Aur Kuning ini, memang bertepatan dengan Ramadhan 1442 H/2021 M, menjelang hari Raya Idul Fitri.

“Mudah-mudahan seterusnya perdagangan di Pasar Aur Kuning tetap membaik, dan covid-19 segera berakhir. Dengan demikian, omzet pedagang kembali normal,” harapnya. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img