24.9 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak
R

Bukittinggi, beritasumbar.com — Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Seperti terlihat di Pasar Simpang Aur Kuning, Kamis (6/5/2021), pedagang yang berjualan di pusat pasar konvensi terbesar di Pulau Sumatera ini, mulai ramai pengunjung.

Pembeli yang datang berbelanja di Pasar Aur Kuning ini, berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat (Sumbar). Termasuk juga ada pembeli dalam jumlah besar berasal dari Jambi, Pekanbaru, Riau dan provinsi tetangga berbelanja di Pasar Aur Kuning.

Terlihat para pembeli dan pemilik toko tetap disiplin dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19, yakni memakai masker dan menjaga jarak agar klaster baru covid-19 tidak terjadi.

Seorang pemilik toko pakaian, Zaki (38) menyebutkan, susana Pasar Aur Kuning memang sedikit mulai ramai jika dibandingkan tahun lalu.

“Tahun lalu, pandemi covid-19 yang melanda, khususnya di Bukittinggi telah membuat pedagang sepi pengunjung. Bahkan ada yang menutup toko mereka,” paparnya.

Memang situasi sekarang, kata dia, pandemi covid-19 masih saja terjadi. Namun, sudah dalam kategori menuju adaptasi kebiasaan baru (AKB), sesuai dengan instruksi dari pemerintah.

“Mencegah penyebaran covid-19, pedagang dan pembeli tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak, cuci tangan dan menyiapkan hand sanitizer untuk pengunjung,” tuturnya.

Pedagang lainnya, Rul (56) mengatakan, untuk pembelian dari luar provinsi, kebanyakan melakukan transaksi secara online. Artinya, kebutuhan dikirim melalui online, dan setelah transfer uang barang dikirim ke alamat yang ditentukan.

“Alhamdulillah, tahun ini perdagangan mulai sedikit bergairah. Kalau omzet, memang tidak seperti waktu sebelum covid-19 terjadi,” ungkapnya.

Ia mengatakan, mulai bergairahnya perdagangan di Pasar Aur Kuning ini, memang bertepatan dengan Ramadhan 1442 H/2021 M, menjelang hari Raya Idul Fitri.

“Mudah-mudahan seterusnya perdagangan di Pasar Aur Kuning tetap membaik, dan covid-19 segera berakhir. Dengan demikian, omzet pedagang kembali normal,” harapnya. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kankemenag Padang Panjang Sosialisasi KMA No. 660 Tahun 2021

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kementerian Agama Kota Padang Panjang Sosialisasi KMA Nomor 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriyyah dipimpin langsung Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama Kasi PHU Endang Sriyani dan jajarannya di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang,Senin (14/06/2021)
- Advertisement -

Jalin Silahturahmi Dalam Pandemi Covid-19,Lintus Cup I Digelar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka ajang menjalin silahturahmi sesama pecinta olah raga Bulu Tangkis pada masa Pandemi Covid-19, Masyarakat di Kecamatan Lintau Buo Utara gelar Open Turnamen Lintus Cup I, Rabu 16/06/2021 di Gedung Olah Raga PB Lintus, Jorong Kota Nagari Tepi Selo.

10 Orang Pelaku Pungli Dicokok Tim Satreskrim Polres Padang Pariaman

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Satreskrim Polres Padang Pariaman berhasil mengamankan 10 orang yang diduga melakukan pungutan liar (pungli). Mereka tersebut diamankan di lokasi yang berbeda-beda. Selasa 15/6/2021
- Advertisement -

Komisi II DPRD Sijunjung Kunjungi Nagari Batu Manjulur

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Komisi ll DPRD Kabupaten Sijunjung melakukan kunjungan kerja ke Nagari Batu Manjulur kecamatan Kupitan dipimpin Yusnidarti Fraksi Golkar, Efrinedi Nangkodo fraksi Nasdem, Amlasta Boy Fraksi PKB dan Redi Susilo Fraksi Demokrat, dan didampingi Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung Sarwo Edi pada Kamis (17/6)

Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM Berkunjung Ke Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com,- Posko Relawan Nagari Aman Tageh Kecamatan Sijunjung di kunjungi oleh Baharharkam Polri,yang diwakili oleh Kabag Opnalev Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Drs. Hendi Handoko. MM, pada Jumat(11/6). Dalam kegiatan tersebut baharkam Polri di dampingi oleh Kapolres Sijunjung AKBP Andri Kurniawan, SIK, MH dan pejabat utama Polres Sijunjung.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ketua IPW Tutup Usia, Yakub ismail: Indonesia Kehilangan Salah Satu Tokoh Kritis

JAKARTA | Ketua Umum Ikatan Media Online Indonesia (IMO-Indonesia), Yakub Ismail mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) H. Neta Saputra Pane pada Rabu (16/6) sekira pukul 10.40 Wib di RS Mitra Keluarga, Bekasi Barat.

SPRI Siap Kembalikan Kejayaan Pariwisata Indonesia Lewat Industri Perhotelan

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini dampaknya terasa di berbagai sektor perekonomian. Seperti industri pariwisata, angka kunjungan wisata yang merosot tajam sangat mempengaruhi penghidupan para pelakunya, terutama bagi masyarakat kecil yang ikut membangun usaha dari sektor tersebut. Kondisi ini jadi bahasan utama bagi Sales Pejuang Revenue Indonesia (SPRI) saat menggelar Halal Bihalal pada Jumat, 11 Juni 2021 di Ballroom Hotel Aryaduta - Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat.

Sampah Membusuk di Titik Kumpul, Tak Pernah Terjadi saat Ramlan Nurmatias Pimpin Bukittinggi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Tumpukkan sampah di titik kumpul sampah belakang Pasar Atas, tak habis dibawa Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bukittinggi, mengeluarkan aroma busuk...

Saluran Permanen Dibuat di Bypass Bukittinggi, Rahmat: Kita Sudah Bertemu Gubernur

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Keinginan warga Gulai Bancah, Mandiangin Koto Selayan (MKS) Kota Bukittinggi, agar bahu jalan bypass yang berada dibawahnya terdapat saluran air, sempat...

100 Hari Kepemimpinan Erman Safar – Marfendi, Awal Menuju Bukittinggi Hebat

Bukittinggi, beritasumbar.com - Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar-Marfendi mengumumkan 100 hari progres kinerja mereka memimpin Bukittinggi pascadilantik pada 26 Februari...

Mundurnya Sejumlah Pejabat di Pemko Bukittinggi, Qory : Bukti Tak Mampu Laksanakan Tugas

Bukittinggi, beritasumbar.com- Mundurnya sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi, tidak mempengaruhi pelayanan kepada masyarakat. "Pelayanan Pemko terhadap masyarakat tetap berjalan seperti biasa. Tidak...

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Bukittinggi Dapat Hibah Mobil Pustakaan Keliling dari Perpusnas RI

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi mendapat bantuan hibah 1 unit mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI. Mobil dengan fasilitas 3 komputer,...

Empat ASN Kemenag Kota Padang Panjag Terima Sertifikat Bimtek Fasilitator Keluarga Sakinah

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Sebanyak Empat ASN Kementerian Agama Kota Padang Panjang terima Sertifikat Bimtek Fasilitator Keluarga Sakinah

Satu Mobil Ketua DPRD Diganti Dengan Inova, Tasmon: Mobil-nya Jenis Sama Ada Dua

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Mobil dinas Ketua DPRD Kota Bukittinggi, Herman Syofyan saat ini jenis Jipp ada dua unit, yakni Fortuner dan Pajero. Untuk Bukittinggi...
- Advertisement -