26.3 C
Padang
Sunday, September 20, 2020

KPU Sumbar Gelar Debat Calon Gubernur

Padang – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat menggelar debat publik pasangan calon gubernur yakni Muslim Kasim-Fauzi Bahar dan Irwan Prayitno-Nasrul Abit yang kedua pada Senin malam di Padang.

“Debat calon gubernur ini merupakan kegiatan yang kedua dari tiga kali debat yang dijadwalkan, khususnya dengan tema ekonomi, keuangan, dan pembangunan,” kata Ketua KPU Sumbar Amnasmen.

Ia mengatakan debat tersebut untuk melihat cara pandang setiap calon dalam mengurai, membahas dan menyelesaikan setiap masalah terkait tema yang ditentukan.

“Dalam debat dipaparkan visi misi pasangan calon gubernur dan pendalamannya sehingga seharusnya dapat menjadi referensi bagi masyarakat untuk memilih pemimpin Sumbar dalam pemilu 9 Desember mendatang,” kata dia.

Ia mengatakan dengan tema yang dibahas dalam debat kedua harusnya setiap pasangan dapat mengurai permasalahan terkait persiapan Sumbar dalam masyarakat ekonomi Asean, tantangan tenaga kerja ke depan serta manajemennya.

Debat tersebut disiarkan langsung oleh Padang TV dan beberapa stasiun radio lainnya sehingga kegiatan yang merupakan salah satu proses kampanye tersebut dapat diamati langsung oleh masyarakat setempat.

“Masyarakat hendaknya lebih memahami kedua calon dari sisi pemikiran dan program-programnya agar pemilihan gubernur Sumbar untuk lima tahun ke depan efektif,” ujar dia.

Sementara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar mengimbau dalam debat publik itu setiap pendukung calon gubernur tertib mengikuti kegiatan tersebut.

“Debat publik merupakan salah satu bagian dari jenis kampanye sehingga perlu dijaga dan dicermati ketertibannya termasuk dari pendukung calon,” kata Ketua Bawaslu Sumbar Elly Yanti.

Ia mengatakan ketertiban pendukung dalam debat publik akan mempengaruhi setiap hal yang akan disampaikan oleh masing-masing calon.

“Dalam hal ini, ketegasan panitia sangat diperlukan sehingga masyarakat dapat mendengar dengan jelas penyampaian dari calon gubernur atau kepala daerah tersebut,” kata dia.

Setiap urutan acara dalam debat harus ditata dengan baik termasuk aturan-aturan yang harus dipatuhi setiap calon, pendukung, dan undangan serta efektivitas waktu. (Ant/Oleh Eko Fajri)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Muhammad Nur Rais Syuriah – Taufik Pimpim Tanfidziyah PCNU Kota Pariaman 2020-2025

Pariaman, beritasumbar.com,-Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin mengungkapkan salut dan kagum dengan organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Organisasi yang lahir jauh sebelum kemerdekaan ini,...

Rudi Hariyansyah Prioritaskan Pembinaan UMKM

Pesisir Selatan ,-Bertemu dengan kalangan emak - emak di Nagari Sungai Rotan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Minggu (13/9) bakal calon wakil bupati...

Rayakan HUT ke 42, PD V GM FKPPI Provinsi Jambi Adakan Syukuran

JAMBI - Pengurus Daerah V Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (GM FKPPI) Jambi mengadakan Syukuran...

MDTA Kiliran Jao Terima Bantuan Dari Andre Rosiade

Sijunjung, Berita Sumbar-- Anggota DPR dari fraksi Gerindra Andre Rosiade memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) senilai 2 juta dan 8 juta...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Terpapar Covid-19, Kondisi Dino Patti Djalal Semakin Memburuk

JAKARTA - Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal dinyatakan positif Covid-19. Saat ini, dia dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot...

Akhirnya, Ponsel BM di Indonesia Benar-benar Diblokir Mulai Malam Ini

Setelah mengalami penundaan beberapa kali, akhirnya aturan pemblokiran ponsel ilegal atau black market (BM) melalui nomor IMEI resmi diberlakukan.

Hasil Temuan PERNUSA ditanggapi Presiden RI, Team Kepresidenan Kirim Sembako

JAKARTA - Virus Corona atau Covid-19 mempunyai dampak kepada seluruh lapisan masyarakat, hal ini mendasari Organisasi Perjuangan Rakyat Nusantara / PERNUSA untuk...

Rayakan HUT ke 42, PD V GM FKPPI Provinsi Jambi Adakan Syukuran

JAMBI - Pengurus Daerah V Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (GM FKPPI) Jambi mengadakan Syukuran...
- Advertisement -