25.5 C
Padang
Minggu, Mei 9, 2021
Beritasumbar.com

KPU Sawahlunto Gelar Rakor Hadapi Gugakan Pasangan Muslim Kasim -Fauzi Bahar
K

Kategori -

Sawahlunto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan seluruh Penitia Pemilihan Kecamatan (PPK) guna mempersiapkan materi-materi menghadapi gugatan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Muslim Kasim-Fauzi Bahar (MK-FB), Rabu.

Ketua KPU setempat, Afdhal, di Sawahlunto, Rabu, mengatakan rapat tersebut merupakan tindaklanjut instruksi KPU Provinsi Sumatera Barat sekaitan pengajuan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) oleh pasangan calon tersebut, ke Mahkamah Konstitusi(MK) dengan nomor gugatan 129/PAN.MK/2015 tanggal 22 Desember 2015.

“Kami diminta untuk menginventaris masalah yang muncul pada saat rekapitulasi penghitungan suara pada tingkat PPK dengan melampirkan Model DA2. KWK,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga diminta menyerahkan laporan tentang adanya dugaan pendistribusian surat suara yang berbeda dengan jumlah pada Daftar Pemilih Tetap (DPT), ditambah dua setengah persen baik jumlah lebih maupun kurang.

Kemudian Model C6 KWK yang tidak terdistribusikan kepada pemilih juga diminta untuk dilampirkan, guna mencocokkan kembali antara DPT dengan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya pada tahapan pemungutan suara.

“Seluruhnya sudah harus terdata dengan benar dan diterima oleh pihak KPU Provinsi Sumatera Barat pada 31 Desember 2015,” ujar dia.

Dia mengatakan, sejauh ini pihaknya tidak menemui kendala dalam melakukan inventarisir serta melengkapi bahan lampiran yang diminta dan diperkirakan selesai pada batas akhir tenggat waktu yang diberikan.

Menurutnya, selama pelaksanaan tahapan Pilgub Sumbar 2015, pihaknya tidak menemukan adanya permasalahan yang menonjol serta berpotensi merubah hasil rekapitulasi pemungutan suara, baik di tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), PPK dan tingkat KPU Kota Sawahlunto.

“Seluruh koreksi dalam pengisian dokumen pemungutan suara apabila ada semuanya sudah dilaksanakan atas persetujuan para saksi-saksi pasangan calon dengan disaksikan dan disetujui oleh unsur Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) pada setiap tingkatan,” kata dia.

Sementara itu, Komisioner KPU setempat bidang hukum, Akhaswita, menambahkan seluruh berkas yang dikumpulkan serta invetarisasi permasalahan ditujukan untuk menjawab seluruh gugatan yang diajukan oleh pasangan calon, untuk seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di kota itu apabila ada.

“Berdasarkan data yang ada, masalah yang timbul hanya berkisar pada kesalahan pencatatan di formulir C1 yang tidak terkait dengan perolehan suara sah pasangan calon, seperti pengisian jumlah pemilih perempuan dan laki-laki yang terbalik,” kata dia.

Selanjutnya, kesalahan juga terjadi pada pengisian jumlah pemilih penyandang disabilitas, namun setelah diuji kembali seluruhnya sudah dikoreksi sesuai prosedur berlaku.

Terkait masalah pendistribusian formulir C6, pihaknya juga sudah melakukan pengecekan kepada seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa dan kelurahan, dipastikan seluruhnya sudah sesuai dengan data faktual yang diberikan ke pihak KPU Kota Sawahlunto.

“Secara umum seluruh berkas sudah disiapkan, saat ini kami masih melakukan faktualisasi seluruh berkas sebelum diserahkan ke pihak KPU Provinsi Sumatera Barat,” kata dia. (Ant/Oleh Junisman)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tidak Memiliki BPJS,Petani Nira Di Batu Bulat Yang Tersambar Petir Kesulitan Untuk Biaya Pengobatan

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Pasca Tersambar Petir Minggu 25/05/2021,Petani nira di Nagari Batu Bulat Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar tidak memiliki BPJS dan kesulitan untuk biaya pengobatan di RSUD M.Djamil Padang.
- Advertisement -

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.
- Advertisement -

Pembinaan TP-PKK Kelurahan Padang Tinggi Piliang, Kadis Nakerin : Masyarakat Harus Cerdas

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dalam rangka persiapan lomba TP-PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat, TP-PKK Kelurahan Padang Tinggi Piliang mengadakan pembinaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang dilaksanakan di Kantor Lurah Padang Tinggi Piliang, Kamis (6/5).

Musda BKPRMI Kota Padang,Galuh Febryan Putra Terpilih sebagai ketua DPD BKPRMI Kota Padang

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) kota Padang menggelar Musda . Musda dilaksanakan di Aula Masjid Agung Nurul Iman (02/5/2021) dengan agenda pemilihan ketua DPD BKPRMI Periode 2021-2025 Terpilihnya Galuh Febryan Putra menjadi ketua dan Hendri Gunawan sebagai Sekretaris DPD BKPRMI Kota Padang.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...
- Advertisement -