26 C
Padang
Sabtu, September 18, 2021
Beritasumbar.com

KPU Sawahlunto Gelar Rakor Hadapi Gugakan Pasangan Muslim Kasim -Fauzi Bahar
K

Kategori -

Sawahlunto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan seluruh Penitia Pemilihan Kecamatan (PPK) guna mempersiapkan materi-materi menghadapi gugatan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Muslim Kasim-Fauzi Bahar (MK-FB), Rabu.

Ketua KPU setempat, Afdhal, di Sawahlunto, Rabu, mengatakan rapat tersebut merupakan tindaklanjut instruksi KPU Provinsi Sumatera Barat sekaitan pengajuan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) oleh pasangan calon tersebut, ke Mahkamah Konstitusi(MK) dengan nomor gugatan 129/PAN.MK/2015 tanggal 22 Desember 2015.

“Kami diminta untuk menginventaris masalah yang muncul pada saat rekapitulasi penghitungan suara pada tingkat PPK dengan melampirkan Model DA2. KWK,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga diminta menyerahkan laporan tentang adanya dugaan pendistribusian surat suara yang berbeda dengan jumlah pada Daftar Pemilih Tetap (DPT), ditambah dua setengah persen baik jumlah lebih maupun kurang.

Kemudian Model C6 KWK yang tidak terdistribusikan kepada pemilih juga diminta untuk dilampirkan, guna mencocokkan kembali antara DPT dengan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya pada tahapan pemungutan suara.

“Seluruhnya sudah harus terdata dengan benar dan diterima oleh pihak KPU Provinsi Sumatera Barat pada 31 Desember 2015,” ujar dia.

Dia mengatakan, sejauh ini pihaknya tidak menemui kendala dalam melakukan inventarisir serta melengkapi bahan lampiran yang diminta dan diperkirakan selesai pada batas akhir tenggat waktu yang diberikan.

Menurutnya, selama pelaksanaan tahapan Pilgub Sumbar 2015, pihaknya tidak menemukan adanya permasalahan yang menonjol serta berpotensi merubah hasil rekapitulasi pemungutan suara, baik di tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), PPK dan tingkat KPU Kota Sawahlunto.

“Seluruh koreksi dalam pengisian dokumen pemungutan suara apabila ada semuanya sudah dilaksanakan atas persetujuan para saksi-saksi pasangan calon dengan disaksikan dan disetujui oleh unsur Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) pada setiap tingkatan,” kata dia.

Sementara itu, Komisioner KPU setempat bidang hukum, Akhaswita, menambahkan seluruh berkas yang dikumpulkan serta invetarisasi permasalahan ditujukan untuk menjawab seluruh gugatan yang diajukan oleh pasangan calon, untuk seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di kota itu apabila ada.

“Berdasarkan data yang ada, masalah yang timbul hanya berkisar pada kesalahan pencatatan di formulir C1 yang tidak terkait dengan perolehan suara sah pasangan calon, seperti pengisian jumlah pemilih perempuan dan laki-laki yang terbalik,” kata dia.

Selanjutnya, kesalahan juga terjadi pada pengisian jumlah pemilih penyandang disabilitas, namun setelah diuji kembali seluruhnya sudah dikoreksi sesuai prosedur berlaku.

Terkait masalah pendistribusian formulir C6, pihaknya juga sudah melakukan pengecekan kepada seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa dan kelurahan, dipastikan seluruhnya sudah sesuai dengan data faktual yang diberikan ke pihak KPU Kota Sawahlunto.

“Secara umum seluruh berkas sudah disiapkan, saat ini kami masih melakukan faktualisasi seluruh berkas sebelum diserahkan ke pihak KPU Provinsi Sumatera Barat,” kata dia. (Ant/Oleh Junisman)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Hampir Dipastikan Peternak Ayam Petelur Kabupaten Tanah Datar Gagal Bayar Kredit Bank

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Situasi harga pakan yang tinggi dan anjloknya harga jual telur, membuat para peternak di Kabupaten Tanah Datar hampir dipastikan gagal dalam pembayaran cicilan kredit Bank.
- Advertisement -

Pemko Bukittinggi Goro Bersama Bersihkan Gorong-Gorong Pasar Bawah

Bukittinggi, beritasumbar.com - Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi menggelar aksi gotong-royong (goro) bersama masyarakat pedagang Pasar Bawah membersihkan gorong-gorong disekitar pasar tersebut, Kamis (16/9/2021). "Seluruh Kepala...

Literasi Digital di Agam, Ini Kata Kepsek SMAN 1 Palembayan

Agam,BeritaSumbar.com, — Kepala SMAN 1 Palembayan, Kabupaten Agam, Harpizon Astani menyebut kebebasan berekspresi yang termaktub dalam pasal 28 UUD 45 dan merupakan hak azasi manusia.
- Advertisement -

Kemenkominfo RI Sentuh Warga Solsel melalui Literasi Digital dan Literasi Dakwah

Solok Selatan,BeritaSumbar.com, — Direktri Radio Citra Solok, Erna Yuliarti menjabarkan sifat yang harus diperhatikan dalam berinternet. Katanya, informasi yang akan diunggah akan sulit bisa dihapus.

Literasi Digital di Agam, Ini Kata Kepsek SMAN 1 Palembayan

Agam,BeritaSumbar.com, — Kepala SMAN 1 Palembayan, Kabupaten Agam, Harpizon Astani menyebut kebebasan berekspresi yang termaktub dalam pasal 28 UUD 45 dan merupakan hak azasi manusia.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pelatihan Bahasa Isyarat di MKS, Marfendi: Mungkin Pertama di Indonesia

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pelatihan bahasa isyarat dilaksanakan di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi diikuti berbagai kalangan, seperti dari pemerintahan kota, kepolisian dan perbankan. Wakil...

Tinjau Pelaksanaan Seleksi CPNS 2021, Bupati Lima Puluh Kota Ingatkan Prokes Covid 19 dan Motivasi Pada Peserta

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-- Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo melakukan peninjauan secara langsung pelaksanaan Tes Sekeksi Kemampuan Dasar (SKD) hari pertama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di SMPN 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota pada, Rabu (15/9/2021)

Tinjau Belajar Tatap Muka di Sekolah, Bupati: Kolaborasi Pemda dan Satgas Covid-19

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Menyikapi kondisi pandemi Covid-19 dan pembelajaran di tahun ajaran baru 2021/2022 bersifat dinamis mengacu pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah, dan Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo meninjau dan langsung beberapa sekolah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

Cara Aman Transaksi Elektronik, Ini Webinar Kemenkominfo RI di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,— Era digital ditandai dengan transaksi finansial yang tidak lagi menggunakan uang tunai. Melainkan menggunakan sarana elektronik, seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debet, kartu kredit, serta transaksi yang menggunakan teknologi tinggi seperti e-banking, e-commerce, atau epayment.

Bukittinggi Apresiasi Kerja Tim Pemadam yang Menjinakkan Api di Pasar Bawah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran tim pemadam kebakaran, yang terjun menjinakkan api membakar los dan kios...

Polres Padang Pariaman Amankan Pencuri Besi Rel Kereta Api

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman gabungan dengan anggota Polsek Lubuk Alung telah menangkap tersangka pencurian besi padu rel...

dr. Reisa: Daftar Vaksin Sekarang Juga, Stok Vaksin Tersedia

Jakarta,- Juru Bicara Pemerintah, dr. Reisa Broto Asmoro, mendorong masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk segera mendaftarkan dirinya. Menurutnya, Bio Farma telah menyatakan siap untuk mengirim 18 juta dosis vaksin Covid-19 ke seluruh Provinsi di Indonesia di bulan September ini.

Konsepsi: Harapan & Kecemasan

Artikel Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia (ABSAB) Seri 14/1000 “Konsepsi: Harapan & Kecemasan” ------------------------------------------------------------------------------------- Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sebuah ungkapan “kau datang, aku tunggu”, demikian...

Kadis Kominfo Padang Pariaman Beberkan Tips Produktif di Dunia Maya

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Melalui webinar literasi digital yang digelar secara virtual baru-baru ini, Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman, Zahirman membeberkan tips memanfaatkan internet secara bijak dan produktif.

Sikapi Surat Bupati Padang Pariaman, Forkopimca Ulakan Tapakih Lakukan Pengawasan dan Penertiban Usaha Tambak di Wilayahnya.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Menindaklanjuti Surat Bupati Padang Pariaman nomor 300/313/DPMPTP/VIII-2021 tentang Pengawasan dan Penertiban Pelaksanaan Kegiatan Usaha Tambak Udang, diperintahkan kepada Camat yang ada di wilayah pesisir untuk berkoordinasi dengan Forkopimca dan instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan.
- Advertisement -