25.3 C
Padang
Sunday, November 1, 2020

KPU Sawahlunto Gelar Rakor Hadapi Gugakan Pasangan Muslim Kasim -Fauzi Bahar

Sawahlunto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan seluruh Penitia Pemilihan Kecamatan (PPK) guna mempersiapkan materi-materi menghadapi gugatan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Muslim Kasim-Fauzi Bahar (MK-FB), Rabu.

Ketua KPU setempat, Afdhal, di Sawahlunto, Rabu, mengatakan rapat tersebut merupakan tindaklanjut instruksi KPU Provinsi Sumatera Barat sekaitan pengajuan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) oleh pasangan calon tersebut, ke Mahkamah Konstitusi(MK) dengan nomor gugatan 129/PAN.MK/2015 tanggal 22 Desember 2015.

“Kami diminta untuk menginventaris masalah yang muncul pada saat rekapitulasi penghitungan suara pada tingkat PPK dengan melampirkan Model DA2. KWK,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga diminta menyerahkan laporan tentang adanya dugaan pendistribusian surat suara yang berbeda dengan jumlah pada Daftar Pemilih Tetap (DPT), ditambah dua setengah persen baik jumlah lebih maupun kurang.

Kemudian Model C6 KWK yang tidak terdistribusikan kepada pemilih juga diminta untuk dilampirkan, guna mencocokkan kembali antara DPT dengan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya pada tahapan pemungutan suara.

“Seluruhnya sudah harus terdata dengan benar dan diterima oleh pihak KPU Provinsi Sumatera Barat pada 31 Desember 2015,” ujar dia.

Dia mengatakan, sejauh ini pihaknya tidak menemui kendala dalam melakukan inventarisir serta melengkapi bahan lampiran yang diminta dan diperkirakan selesai pada batas akhir tenggat waktu yang diberikan.

Menurutnya, selama pelaksanaan tahapan Pilgub Sumbar 2015, pihaknya tidak menemukan adanya permasalahan yang menonjol serta berpotensi merubah hasil rekapitulasi pemungutan suara, baik di tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), PPK dan tingkat KPU Kota Sawahlunto.

“Seluruh koreksi dalam pengisian dokumen pemungutan suara apabila ada semuanya sudah dilaksanakan atas persetujuan para saksi-saksi pasangan calon dengan disaksikan dan disetujui oleh unsur Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) pada setiap tingkatan,” kata dia.

Sementara itu, Komisioner KPU setempat bidang hukum, Akhaswita, menambahkan seluruh berkas yang dikumpulkan serta invetarisasi permasalahan ditujukan untuk menjawab seluruh gugatan yang diajukan oleh pasangan calon, untuk seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di kota itu apabila ada.

“Berdasarkan data yang ada, masalah yang timbul hanya berkisar pada kesalahan pencatatan di formulir C1 yang tidak terkait dengan perolehan suara sah pasangan calon, seperti pengisian jumlah pemilih perempuan dan laki-laki yang terbalik,” kata dia.

Selanjutnya, kesalahan juga terjadi pada pengisian jumlah pemilih penyandang disabilitas, namun setelah diuji kembali seluruhnya sudah dikoreksi sesuai prosedur berlaku.

Terkait masalah pendistribusian formulir C6, pihaknya juga sudah melakukan pengecekan kepada seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa dan kelurahan, dipastikan seluruhnya sudah sesuai dengan data faktual yang diberikan ke pihak KPU Kota Sawahlunto.

“Secara umum seluruh berkas sudah disiapkan, saat ini kami masih melakukan faktualisasi seluruh berkas sebelum diserahkan ke pihak KPU Provinsi Sumatera Barat,” kata dia. (Ant/Oleh Junisman)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Amrizal Munaf Pimpin Tim Pemenangan Darma Tani Batipuah

Tanah Datar,- Puluhan orang yang tergabung dalam barisan pemenangan darma tani berkumpul sambil santap siang dirumah makan pak martin kota padang panjang...

Pengukuhan Pengurus Baru Forum Kota Sehat Payakumbuh, Erwin Yunaz “Kita Siap Meraih Penghargaan Kota Sehat”

Payakumbuh— Sebagai bentuk usaha dalam mewujudkan kota sehat, Forum Kota Sehat Kota Payakumbuh menggelar Rapat Koordinasi Kota Sehat dan Pengukuhan Pengurus Forum...

Mahyeldi Audy Dan Sumpah Pemuda

Oleh Reido Deskumar Peringatan sumpah pemuda tahun 2020 begitu berbeda dari biasanya. Peringatan sumpah pemuda kali ini bersamaan dengan...

Bawaslu Limapuluh Kota Telah Keluarkan Enam Peringatan Selama Masa Kampanye

Limapuluh Kota, BeritaSumbar - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota telah mengeluarkan enam peringatan tertulis kepada calon yang maju dalam Pilkada...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Bea Serendy Ajak Generasi muda Peduli Pantai di Peringatan Hari Sumpah Pemuda

YOGYAKARTA - Satu nusa jadi isi pertama pada Sumpah Pemuda, dimaknai Bea Serendy dengan peduli pada pantai. Penyanyi lagu U Give Me...

Cuaca Ekstrim, Pemko Tata Pohon Pelindung Yang Berpotensi Tumbang Dan Patah

Payakumbuh --- Petugas kebersihan dinas lingkungan hidup Kota Payakumbuh tampak membenahi beberapa pohon pelindung yang ada di sepanjang Jalan Soekarno Hatta. Upaya...

Menteri PPN Soroti Ketersediaan Air Bersih di Pulau Jawa Pada Acara International Workshop on Coastal Reservoir

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas menjadi narasumber dalam acara International Workshop on Coastal Reservoir: “Water Availabilty, Coastal Security and Sustainability” yang...

Polres Inhil Ungkap Narkoba, 50 KG Sabu Berhasil Diamankan

Riau, - Sat Narkoba Polres Inhil patut diapresiasi karena berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis shabu seberat 50 kilo, di Perkebunan milik PT...
- Advertisement -