25.5 C
Padang
Senin, Oktober 18, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemkab Pasaman Barat Berikan Pelatihan Industri Rumah Tangga
P

Kategori -
- Advertisement -

Simpang Ampek – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), melakukan pelatihan industri rumah tangga dalam rangka peningkatan skil tenaga muda kelompok industri pada kelompok industri rumah tangga di Hall Swagita Jambak Pasaman Barat, Rabu.

“Pelatihan ini merupakan upaya mengurangi angka pengangguran. Pelatihan itu termasuk pelatihan menjahit di rumah tangga,”kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pasaman Barat, Afrizal Azhar.

Ia mengatakan pelatihan itu diikuti oleh 20 orang industri rumah tangga yang dibagi?empat kelompok. Kelompok menjahit juga dibagi empat dengan jumlah peserta 20 orang.

Pelatihan itu juga diberikan kepada industri rumah tangga emping jagung, pembuatan tahu dan industri rumah tangga lainnya.

“Masing-masing kelompok mendapat bantuan alat rumah tangga sesuai dengan usaha kelompok. Untuk kelompok mesin jahit mendapat satu mesin jahit,”ujarnya.

Ia menyebutkan, kegiatan itu diperoleh dari Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi tahun 2015. Bantuan tersebut, dalam bentuk uang melalui rekening kelompok sesuai dengan Rencana? Anggaran Biaya (RAB)?yang diajukan dalam bentuk proposal.

“Setelah dapat bantuan tersebut, diharapkan kelompok itu?dapat berkembang. Sehingga dapat mengurangi angka pengangguran,”harapnya.

Ia menjelaskan adapun yang dapat bantuan industri rumah tangga tersebut adalah kelompok Kecamatan? Pasaman?dan Luhak Nan Duo.

Sedangkan untuk tenaga muda skill menjahit diberikan untuk Kecamatan Kinali, Talamau, dan Kecamatan Pasaman.

“Tentunya pelatihan yang diberikan hendaknya bisa menambah ilmu dalam rangka meningkatkan kualitas dan muaranya penghasilan rumah tangga,”ujarnya.

Ia menambahkan Pemkab Pasaman Barat akan terus melakukan berbagai pelatihan dan pembinaan bagi pelaku usaha yang ada. Sebelumnya pelatihan bengkel juga sudah dilakukan. (Ant/Oleh Altas Maulana)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img