27 C
Padang
Sabtu, Oktober 16, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK
K

- Advertisement -

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar di Mahkamah Konstitusi (MK).

Pengacara yang akan mewakilinya tersebut telah memiliki pengalaman dalam mewakili KPU terkait perkara perselisihan hasil Pilkada di MK, kata Anggota KPU Limapuluh Kota Divisi Hukum dan Pengawasan Amfreizer, Sabtu

“Setidaknya yang bersangkutan telah 12 kali mewakili KPU dalam perkara perselisihan hasil Pilkada di MK. Serta juga telah 11 kali memberikan jasa konsultasi dalam penyelenggaraan Pilkada,” kata dia.

Hampir seluruh perkara perselisihan yang dipegang oleh pengacara tersebut berakhir dengan kemenangan KPU di MK, katanya.

Selain itu, anggaran dari pengacara Sudi Prayitno juga sesuai dengan anggaran yang tersedia dalam penunjukkan langsung. Maksimal anggaran dalam penunjukan langsung untuk KPU Kabupaten/kota adalah Rp100 juta.

Seperti diketahui, jadwal sidang untuk perselisihan hasil Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota akan dilaksanakan pada Selasa (26/1) pada pukul 08.00 Wib dengan agenda pemeriksaan pendahuluan.

Pihak KPU  menghormati keputusan dari paslon tersebut karena itu merupakan hak dari paslon atau peserta Pilkada.

“Kami dari KPU tentu berupaya semaksimal mungkin agar tidak ada pihak yang dirugikan. Namun, bila ada yang tidak puas dengan hasil yang ditetapkan tentu dapat menggugatnya,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, pihaknya terus menyiapkan segala hal yang akan dibutuhkan  seperti alat bukti ataupun keterangan lain oleh perwakilan KPU Limapuluh Kota dalam menghadapi gugatan di MK tersebut.

Sebelumnya, berdasarkan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat kabupaten yang diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota 16-17 Desember ditetapkan bahwasannya pasangan calon Safaruddin, Dt. Bandaro Rajo-Rizki Kuniawan Nakasri (Safari) meraih suara terbanyak, yaitu 50.986 suara dari total 162.229 suara sah. Perolehan suara kedua disusul pasangan Darman Sahladi-Maskar dengan meraih 43.338 suara.

Sementara di posisi ketiga ada pasangan calon Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus (Mr-AY) meraih 42.707 suara, dan paslon dari jalur perseorangan Ferizal Ridwan-Nurkhalis meraih 25.198 suara. 

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img