24.8 C
Padang
Minggu, April 18, 2021
Beritasumbar.com

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman
T

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa di depan Kantor DPRD Padang Pariaman, Jumat (22/1/21)

Sampaikan aspirasi, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Lingkar Mahasiswa Pariaman (LIMAPIA) menggeruduk kembali Kantor DPRD Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Kordinator Aksi LIMAPIA, Rahman membuka orasinya mengatakan, kami datang kembali menggelar aksi yang kedua kalinya di kantor DPRD kabupaten padang pariamab untuk meminta hasil atau tuntutan kami yang masih sama dengan tuntutan aksi yang kemarin dalam pembangunan Tarok City, masih ada lahan masyarakat yang terdampak tapi untuk ganti ruginya belum selesai hingga sekarang, dan perizinan tambak udang yang kami duga tidak memiliki izin (ilegal)

“Padahal lahan itu sudah dibangun, tapi ganti rugi belum ada dari pihak terkait dan perizinan tambak udang yang diduga tidak memiliki izin, tentunya dari kedua itu harus segera diambil keputusan untuk menyegel tambak udang yang tidak memiliki izin sebab permasalahan izin itu akan menyebabkkan dampak positif untuk pendapatan daerah dan masyarakat sekitarnya, katanya Rahman.

Lanjut Rahman, bahkan sebagian lahan masyarakat itu dulunya mereka tanami pohon karet, tapi sekarang sudah habis ditebangi dan diganti dengan beton.
“Tanah masyarakat sudah diambil untuk dibangun, tapi ganti rugi belum ada,” ujarnya.

Kemudian kata Rahman, pihaknya mendatangi Kantor DPRD Padang Pariaman, memintak agar tambak udang ilegal yang ada di daerah itu untuk disegel.

“Dugaan kami masih banyak tambak udang ilegal yang masih beroperasi di Pantai Padang Pariaman,” sebutnya.

Rahman menyebutkan, kalau ini dibiarkan bisa merusak ekosistem alam, sebab itu akan bertambah terus pembangunan tambak udangnya.

“Kami akan terus mengawal terkait tambak udang dan pembangunan Tarok City, kemudian kalau aspirasi kami tidak ditanggapi maka kami akan terus melakukan demo,” ungkapnya.
Para anggota dewan kami datang kembali di gedung yang megah ini tolong kalian yang bekerja untuk kami yang sewaktu belum menjabat kalian menemui kami mengapa kini kalian tidak menemui kami atas tuntutan kami pada aksi kemarin, apakah kalian telah lupa? Atau kalian sedang dilema, maka jika benar kalian wakil kami temui kami di tengah terik matahari yang panas ini. Ujar Aldino Ketua lingkaran mahasiswa Piamandalam orasinya

Selain itu ketua himpunan mahasiswa islam komisariat Universitas Eka Sakti Deri mengatakan pemerintah ataubanggota dewan kabupaten padang pariaman segera mengambil tindak keras terhadap pelaku usaha tambak udang yang tidak mematuhi aturan-aturan dalam usahanya harus segera disegel dan jangan sampai mereka memperoleh keuntungan yang besar dan masyarakat kita hanya mendapat keuntungan yang tidak seberapa.

Selain itu ia mengatakan terkait permasalahan pembangunan Tarok City ini tidak bisa dibiarkan pembangunan yang kami duga masih ada aturan hukum yang masih simpang siur dan mempunyai dampak kerugian bagi masyarakat kabupaten Padang Pariaman sehingga ketika hal ini tidak diselesaikan dengan baik maka segera mundur dari jabatan kekuasaan.

Sementara itu, Wakil ketua DPRD Padang Pariaman Aprinaldi, Ketua komisi 3, komisi 2 serta Kadis penanaman modal mengapresiasi langkah demonstran membawa persoalan Tarok City dan Tambak Udang ke DPRD.

“Kami apresiasi langkah yang diambil kawan mahasiswa. Hal yang mereka sampaikan senada dengan apa yang kami bahas,” jelasnya.

Sebab kata Aprinaldi , terkait Tarok City tersebut untuk 2020 ini rencana pembangunan tarok city haram untuk kami mengeluarkan anggaran untuk tersebut sebab ini adalah tanah milik negara sebagai tempat strategis nasional sehingga kami tidak perlu menganggarkan dengan keuangan daerah, jika kami diminta pun kami menunggu putusan dan aturan tersebut jelas agar keuangan daerah tidak terbuang dengan sia-sia di tengah defisit anggaran kita.

Begitupun dengan Tambak Udang, kata Aprinaldi , selama ini tambak yang ilegal sudah dirazia bersama pihak polisi dan satpol PP.

Wakil ketua komisi 2 Syafrinaldi mengatakan, bahwa beliau mengapresiasi kehadiran kawan-kawan mahasiswa Lingkaran mahasiswa Piaman, himpunan mahasiswa Islam komisariat universitas esa unggul, pemuda XTC kota pariaman, dan pemuda amal beramal sebab inilah yang harus kita lakukan kalian sebagai generasi muda harus memperhatikan kondisi masyarakat kita dan kalian menyampaikan kepada kami merupakan kerjasama yang harus senantiasa dilakukan agar wilayah kita menjadi kesejahteraan dan keadilan untuk semua dan saya katakan bahwa saya tidak mau masyarakat saya tertindas.

Selain itu kepala dinas penanaman modal kabupaten padang pariaman mengatakan, dari penelusauran kami dan dalam pengurusan izin usaha tambak udang ada 35 tambak udang di pantai padang pariaman.
” Kepala dinas penanaman modal pengurusan tambak udang ini mula berlakunya pada tahun 2018 para pengusaha tersebut hanya menjalankan usahanya terlebih dahulu tanpa mengurus surat izin usahanya, sehabis itu 2019 kami mengadakan razia sehingga mereka sekarang mengurus izin. Para pengusaha tersebut yang mengurus izinya ada 35 tambak dari pengurusan tersebut ada 15 sudah keluar izinnya, 13 kami kembalikan izin karena tidak sesuai ketetapan dalam pengurusan izin dan 6 sedang diproses.

Lalu rahman mengatakan bahwa rahman ingin mengetahui lokasi mana yang telah memiliki izin dan yang belum memiliki izin sebab rahman menduga pembangunan tambak udang hari demi hari pembangunan tambak udang semakin banyak, ini hasil kami menyelidiki dan memantau dilapangan loh. Maka kami dengan tegas segara tertibkanndan segel tambak udang yang belum patuh dengan aturan sebab negara indonesia adalah negara hukum, ketika hukum tidak dipatuhi maka yakin sungguh huru-hara akan timbul.

Dalam menutup Aksi dan audiensinya rahman mengatakan beliau akan sampaikan permasalahan pembangunan tarok city dan tambak udang ilegal ini kepada instansi pemerintah yang lebih tinggi dan beliau pastikan kami akan tetap turun menyampaikan aspirasi masyarakat sebelum pemerintah memperhatikan masyarakat kami agar tidak ada penindasan , ini aspirasi kami dan masyarakat bukan bentuk penolakan atau perlawanan tetapi kami ingin kabupaten padang pariaman maju bersama sejahtera bersama dan makmur bersama.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).
- Advertisement -

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).
- Advertisement -

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPPKB Padang Pariaman Adakan Pertemuan Pokja di Kampung KB Kencana Saiyo Nagari Tapakih.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman bersama Kecamatan, Wali Nagari dan Penyuluh KB serta para Kader Pokja melakukan pertemuan, hal itu dilakukan dalam rangka kegiatan Integrasi Pembangunan Lintas Sektor dan Kelompok Kerja di Kampung KB Kencana Saiyo, di Surau Rimbo Karambia, Nagari Tapakih, Rabu (31/3).

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...
- Advertisement -