Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman akan mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS)  bakal calon anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Minggu (12/8). Dan pada Jumat (10/8) KPU Padang Pariaman mengumpulkan seluruh pimpinan parpol dalam rangka mensinkronkan data bacaleg masing-masing parpol di Kantor KPU di Parit Malintang sebelum diumumkan ke publik.

Ketua KPU, Zulnaidi mengatakan, bahwa agenda sinkronisasi dimaksudkan sebagai pelaksanaan perintah KPU RI melalui surat 829/2018 berkaitan dengan penyusunan DCS, sekaligus upaya koordinasi penyelenggara dengan peserta terkait dengan prinsip kehati-hatian dan transparansi dalam menyusun DSC.

“Kami berupaya memastikan bahwa saat DCS diumumkan tidak ada lagi komplen dari parpol tentang akurasi penulisan nama, jenis kelamin, alamat dan foto masing-masing caleg mereka karena sudah di kroscek kembali oleh masing-masing parpol,” kata Zulnaidi.

Dalam kesempatan yang sama, Komisioner Divisi Teknis KPU, Ory Sativa menyebutkan, bahwa DCS yang beberapa hari belakangan ini disusun, setelah disinkronkan maka esoknya akan diparaf oleh parpol dan ditandatangani oleh KPU, semuanya merupakan hasil final dari pendaftaran caleg setelah diverifikasi dan tidak ada lagi perbaiakan.

DCS adalah daftar bacaleg yang sudah memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan dan yang tidak memenuhi syarat, maka tidak dimasukan ke DCS. Selanjutkan KPU akan mempublikasikan melalui media massa dan media lainnya mulai tanggal (12/8) dan bisa ditanggapi masyarakat dalam rentang 10 hari (12 s/d 21/8/2018).

Kita juga telah agendakan penyerahan hasil verifikasi final sekaligus agenda pimpinan parpol memberikan paraf DCS dimaksud di ruang rapat KPU Parit Malintang. Terkait dengan bacaleg TMS akan dijelaskan melalui surat ke masing-masing parpol sehingga diketahui dan difahami masing-masing pihak sesuai dengan fakta apa adanya. (bus)

loading...