25.5 C
Padang
Minggu, Mei 9, 2021
Beritasumbar.com

Kemenag: Tidak Ada Jamaah Jambi Jadi Korban
K

Kategori -

Jambi – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi M Thahir memastikan bahwa jamaah haji asal Jambi tidak ada yang menjadi korban jiwa atas beberapa peristiwa yang terjadi di tanah suci, Mekkah.

“Tidak ada Jamaah Provinsi Jambi yang menjadi korban berbagai peristiwa di Mekkah seperti puting beliung, badai pasir, robohnya ‘crane’ di Masjidil Haram, tragedi di Mina dan kebakaran hotel,” kata M Thahir di Jambi, Senin.

Jamaah haji saat ini katanya terkonsentrasi ibadah sunat di Masjidil Haram sembari menunggu waktu ke Madinah dalam rangka melaksanakan ibadah “Arbain”.

“Para jamaah sudah kembali dari Mina, mereka sekarang melaksanakan rangkaian ibadah sunat di Masjidil Haram, Mekkah. Kita berharap dalam rangka melaksanakan ibadah ‘Arbain’ dan semua kegiatan jamaah di Madinah nanti dapat berjalan normal,” kata Thahir.

Jamaah kata Thahir mulai diberangkatkan ke Madinah pada tanggal 10 Oktober. Dan delapan hari kemudian jamaah Jambi kloter 16 mulai kembali ke tanah air, langsung menuju Bandara Hang Nadim Batam.

Sementara terkait kepulangan jamaah dari Batam ke Jambi, Thahir mengatakan masih akan dirapatkan dengan Kemenag empat Provinsi karena jalur pemulangan bisa saja tidak sesuai jadwal awal mengingat bencana kabut asap di Jambi hingga hari ini masih terjadi.

“Saya akan rapat koordinasi di Batam pada tanggal 2 Oktober bersama perwakilan empat provinsi di Sumatera.

Rapat itu membahas bagaimana pemulangan jamaah jika cuaca memburuk akibat asap. Tapi mudah-mudahan cuaca akan membaik dan jamaah dari Batam bisa diterbangkan ke Bandara Jambi,” katanya menjelaskan.

Jika kondisi kabut asap masih pekat menyelimuti Jambi saat jadwal pemulangan jamaah dan tidak memungkinkan untuk pesawat mendarat di Bandara Sultan Thaha Jambi, maka ada dua alternatif pemulangan.

Pertama, jamaah terbang dari Batam menuju Bandara Palembang lalu jamaah menempuh jalur darat menuju Jambi.

Alternatif kedua yakni dari Batam jamaah dipulangkan melalui jalur laut dan berlabuh di pelabuhan Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kemudian dari Tungkal jamaah menempuh jalur darat untuk sampai di Jambi.

Namun Thahir belum bisa memastikan pilihan yang diambil karena masih akan berkoordinasi dengan empat perwakilan daerah dan pemerintah Provinsi Jambi.

“Ada dua alternatif, lewat Bandara Palembang atau lewat laut. Akan kita kaji dulu. Tapi kita semua berdoa mudah-mudahan cuaca di Jambi saat jadwal pemulangan jamaah membaik. Dan mudah-mudahan pemulangan sesuai ‘schedule’ (jadwal),” ujarnya.

Hingga saat ini, lanjutnya, empat jamaah haji Jambi meninggal di tanah suci. Terakhir jamaah kloter 17 atas nama Sopii Rani Said bin Rani (62) karena gagal jantung. Sopii merupakan jamaah asal Kota Jambi yang bertempat tinggal di Kecamatan Jelutung.

“Empat jamaah Jambi semua meninggal karena sakit. Dan satu jamaah sempat dirawat karena terkena percikan batu saat robohnya ‘crane’ di Masjidil Haram. Tapi itu tidak membahayakan dan jamaah itu kembali bergabung dan melaksanakan puncak haji,” katanya menambahkan.

Dengan kondisi cuaca ekstrem di Mekkah, Kemenag Jambi kata Thahir terus mengimbau jamaah melalui ketua kloter dan tim medis untuk tidak banyak menghabiskan waktu di luar pemondokan.

Jamaah juga dianjurkan untuk lebih banyak minum air sebagai upaya menghindari dehidrasi. (Ant/Oleh Dodi Saputra)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kunjungi Tiga Kementerian, Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi Ingin Percepatan Pembangunan di Sumbar

Jakarta,BeritaSumbar.com,- Kunjungan kerja Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi yang didampingi oleh tujuh orang kepala OPD Provinsi Sumatera Barat ke Jakarta, Selasa (4/5) diisi pertemuan dengan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju
- Advertisement -

DPRD Limapuluh Kota Telah Bentuk Pansus Aset

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra menyampaikan kalau panitia khusus (pansus) aset telah disepakati dalam rapat paripurna DPRD, beberapa waktu lalu.

XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo Nikmati Ramadhan Dengan Berbagi Takjil Gratis

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Menikmati menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, siswa siswi XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo berbagi takjil gratis di Simpang Tugu Jorong Sawahan Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo kepada pengendara,Rabu 05/05/2021.
- Advertisement -

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Terkait Akad Kontrak Kerja Di Universitas Muhammadiyah Sumbar, Komunitas Amar Ma’ruf Nahi Mungkar Layangkan Petisi

Sesuai dengan khittahnya, Muhammadiyah sebagai Persyarikatan memilih dan menempatkan diri sebagai Gerakan Islam amar-ma'ruf nahi mungkar dalam masyarakat, dengan maksud yang terutama ialah membentuk keluarga dan masyarakat sejahtera sesuai dengan Dakwah Jamaah.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...
- Advertisement -