31 C
Padang
Selasa, Oktober 19, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Keluhkan Sarana Air Bersih, Masyarakat Tanjung Modang Lintau Meminta Pemerintah Lakukan Pengawasan
K

Kategori -
- Advertisement -

Tanah Datar, BeritaSumbar.com, – Kehadiran Program Pamsimas sejak awal diluncurkan dulu adalah untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. terutama didaerah daerah yang belum ada perusahaan air minum daerah. Dan dengan pamsimas ini bisa lahir PDAM mini yang dikelola nagari/jorong atau desa setempat.

Namun tidak seperti yang diharapkan dirasakan masyarakat Jorong tanjuang Modang Nagari Tanjuang Bonai Lintau Buo Utara. Air yang mengalir kerumah warga dari proyek Pamsimas 2013 lalu sudah sulit mereka akses. Air lebih sering tidak mengalir. Sementara kebutuhan air rumah tangga warga setempat sangat tergantung dari aliran air melalui sambungan program Pamsimas tersebut.

Beberapa orang masyarakat Tanjung modang nagari Tanjung bonai kecamatan Lintau Buo Utara merasa kecewa melihat kondisi air bersih yang berasal dari program PAMSIMAS 2013 lalu tidak lagi mengalir dengan baik kerumah warga. Lebih sering mati daripada mengalir, ucap warga yang tidak ingin namanya ditulis pada Selasa 10/11 kemaren.

Ditambahkannya lagi oleh warga lainnya yang juga tidak ingin dituliskan namanya itu, bahwa dengan sulitnya air bersih tersebut masyarakat merasa kesulitan untuk mandi, mencuci dan urusan rumah tangga lainnya.

“Sekarang karena air sering mati, Urusan Mandi Cuci dan Kakus (MKC) jadi sulit” tegasnya

Harapannya semoga kedepan dari pihak pemerintah melalui instansi terkait untuk segera melakukan pengecekan dan pengawasan sumber air bersih yang berasal dari gunung sago tersebut.

” besar harapan kami kepada pemerintah, untuk melakukan pengawasan secara maksimal, guna sarana air bersih ini tetap lancar masuk kerumah warga, sehingga masyarakat tidak lagi mengeluh karena kesulitan air” harapnya tegas.

Selain untuk masyarakat jorong Tanjung Modang air bersih tersebut juga diperuntukkan pada masyarakat jorong duek nagari Tanjung Bonai.

Dari pantauan awak media ini dilapangan diduga pengelolaan keberlanjutan air bersih program Pamsimas ini tidak berjalan sebagaimana mestinya.(Rezki)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img