25 C
Padang
Jumat, Mei 14, 2021
Beritasumbar.com

Keluarga Korban Mina Bisa Ziarah ke Mekkah
K

Kategori -

Jeddah – Keluarga korban tragedi Mina bisa menziarahi makam anggota mereka yang meninggal dalam peristiwa yang terjadi pada tanggal 24 September 2015.

“Kami memiliki catatan yang lengkap dari pihak Al Mu’ashim (pemulasaran mayat), tidak hanya nomor jenazah, tapi juga nomor makam,” kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah, Arsyad Hidayat di Jeddah, Arab Saudi, Selasa (13/10).

Hal itu sengaja dilakukan, kata dia, agar bila ada keluarga dari jamaah yang meninggal dalam peristiwa Mina ingin ziarah bisa langsung ke makam di sisi kanan, pemulasaran mayat Al Mu’ashim, Mekkah.

“Jika ada kesempatan keluarga berhaji atau umrah dan ingin ziarah, mereka bisa catat nomor makamnya, agar mereka tidak putus ikatan terhadap keluarga yang jadi korban Mina,” kata Arsyad sebelum bersama Konjen RI Jeddah Dharmakirty Syailendra Putra melepas keberangkatan Tim DVI Mabes Polri kembali ke Tanah Air.

Sampai Selasa pukul 02.00 Waktu Arab Saudi (WAS), Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi berhasil mengidentifikasi 127 jamaah Indonesia yang menjadi korban peristiwa Mina.

Mereka terdiri dari 122 jamaah yang berangkat dari Tanah Air dan lima jamaah yang merupakan WNI mukimin di Arab Saudi.

“Masih ada dua jamaah yang dilaporkan hilang belum kami temukan. Besar harapan kami mereka masih hidup,” ujar Arsyad.

Diakuinya, tim perlindungan jamaah Daker Mekkah sebenarnya telah menemukan dua jenazah yang memiliki kemiripan dengan jamaah Indonesia yang dicari, namun setelah ditelusuri secara seksama melalui dokumen yang ada di Al Mu’ashim, ternyata keduanya warganegara China.

“Kami harus yakin betul sebelum informasi (kematian jamaah) disampaikan, agar valid dan bernilai,” kata Arsyad.

Lebih jauh ia mengatakan pencarian dan pengidentifikasian jenazah korban Mina merupakan tugas yang berat.

Namun berkat kerja sama PPIH dengan tim Kesehatan, dan KJRI, serta kemudian datang bantuan dari Tim DVI, maka tugas tersebut dapat dikerjakan dengan baik.

“Kami berharap dalam jangka waktu yang ada bisa teridentifikasi semua (jamaah yang hilang), mengingat pada 16 Oktober PPIH Arab Saudi Daker Mekkah akan berhenti operasi,” katanya.

Konjen RI di Jeddah, Dharmakirty Syailendra Putra, mengatakan kendati Daker Mekkah berhenti operasi dan jamaah belum ditemukan, maka pihaknya akan melanjutkan pencarian tersebut.

“Itu menjadi bagian dari tugas kami melakukan perlindungan terhadap warga negara Indonesia,” katanya.

Selain itu, ia juga membantah adanya pemberitaan yang menyatakan ada korban Mina yang dimakamkan sebelum diidentifikasi lebih dulu.

“Seluruh korban Mina yang wafat baik dari ONH dan WNI, mereka sudah dikuburkan dan semua sudah teridentifikasi (oleh otoritas Arab Saudi),” katanya.

Data mengenai jenazah tersebut ada di pemulasaran mayat.

Dharmakirty juga mengatakan pada musim haji mendatang akan dibentuk tim khusus menangani situasi krisis seperti tragedi Mina itu. (Ant/Oleh Risbiani Fardaniah)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

HKP Sedunia, Balai Wartawan – BPJS Kesehatan Payakumbuh Bagikan Ta’jil Gratis

PAYAKUMBUH - Balai Wartawan Luak Limopuluah bersama BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh membagikan sekitar 1.000 ta'jil gratis kepada masyarakat di pusat pasar Kota Payakumbuh. Aksi tersebut dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Pers (HKP) Sedunia setiap tanggal 3 Mei.
- Advertisement -

Banjir Bandang Tapan-Pessel; TRC BPBD Ingatkan 1078 KK Masih Tetap Waspada & Mengungsi di Rumah-Rumah Saudara Terdekat

Tapan-Pessel (12/5/2021). Sehari pasca banjir bandang yang berasal dari meluapnya sungai Batang Tapan Pesisir Selatan, Tim TCR BPBD masih mengingatkan dan menyarankan warga tetap...

Wawako Bukittinggi Marfendi Kunjungi Komplek PeWI di Ngarai

Bukittinggi, beritasumbar.com - Usai shalat tarawih dan berceramah di masjid, Wakil Wali Kota (Wawako) Bukittinggi, Marfendi, ditengah kesibukannya, masih sempatkan diri bersilaturrahmi mengunjungi masyarakat....
- Advertisement -

Azwar Siri Ketum LPPKI Mengecam Tindakan Oknum Debt Colektor yang Melakukan Upaya Paksa

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) melalui Ketua Umumnya Azwar Siri.SH mengecam tindakan oknum puluhan Debt Colektor yang mengepung anggota TNI AD Serda Nurhadi anggota Babinsa Semper Timur Kodim 0502 Jakut yang sedang membantu warga nyetir mobil di Tol Koja Barat Jakut pada hari kamis 6 Mei 2021 sebagaimana video yang viral dan beredar luas dikalangan medsos. Hal tersebut disampaikannya saat berbincang-bincang dengan awak media di Kantor Advokatnya di Padang Sumatera Barat pada Minggu 9/5/2021.

Tapan-Pessel di Rundung Banjir; ‘Sedih, Idul Fitri Di Dahului Banjir’

Tapan-Pessel (11/5/21) Banjir menghantam dan menenggelamkan beberapa nagari di kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan. Dari informasi di lapangan diketahui empat nagari terparah, yaitu; Binjai...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...
- Advertisement -