25.4 C
Padang
Friday, October 30, 2020

Komnas HAM: Laporan Kekerasan Anak Sumbar Menurun

Padang – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Perwakilan Sumatera Barat mengatakan bahwa laporan kejahatan seksual terhadap anak yang diterima pihaknya cenderung menurun dibandingkan 2014.

“Jumlah laporan atas kejahatan yang berkaitan dengan anak pada 2015 sebanyak lima kasus, dua di antaranya kejahatan seksual. Cenderung menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Ketua Komnas HAM Sumbar Sultanul Arifin, di Padang, Selasa.

Dimana pada 2014, katanya, pihaknya menerima sebanyak 19 kasus terhadap anak, enam di antara kasus itu adalah kejahatan seksual.

Hanya saja, ia mengatakan data 2015 tersebut belum merupakan data akhir, karena data diambil dari Januari-September. Data tersebut pun tidak sama dengan komisi ataupun LSM yang lain.

“Tidak tertutup kemungkinan akan bertambah, karena sebelum 2015 berakhir masih tersisa Oktober, November, dan Desember. Namun kami berharap data yang ada saat ini tidak bertambah hingga akhir tahun,” ujarnya.

Ia menyebutkan, dua kasus kejahatan seksual pada 2015 adalah perbuatan pencabulan yang terjadi di Kota Padang, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sedangkan enam kasus 2014 terdiri dari pencabulan, dan pemerkosaan.

Dijelaskannya, yang termasuk dalam kejahatan terhadap anak selain kekerasan seksual, adalah kekerasan fisik, penganiayaan emosional, dan penelantaran.

Sultanul mengatakan, dalam menindaklanjuti laporan pihaknya melakukan koordinasi dengan instansi terkait, hingga pelapor mengatakan selesai.

“Misalkan terhadap pencabulan anak pihak keluarga merasa proses hukum terhadap tersangka lama, maka kami berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Kemudian menerima klarifikasi untuk disampaikan kepada pihak keluarga, jika keluarga mengatakan cukup, maka pendampingan Komnas HAM selesai, jika tidak akan terus dilanjutkan,” jelasnya.

Ia mengimbau, pengawasan terhadap anak dilakukan secara maksimal oleh orang tua sebagai tindakan pencegahan. Terutama pengawasan terhadap lingkungan, pergaulan, dan perubahan sikap para anak.

“Jangan ada jarak antara orang tua dengan anak, sehingga anak dapat merasa dekat dan dapat dengan mudah terbuka tentang apa saja yang dialaminya,” katanya.

Sebelumnya, salah satu kasus kejahatan seksual terhadap anak yang sempat mencuat dari Sumatera Barat pada 2014 adalah yang dialami siswi MTs Muhammadiyah Kubang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluhkota NPD (14). Kasus itu telah divonis oleh hakim pengadilan negeri setempat. (Ant/Altas Maulana)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Weekend, 9 WARGA PAYAKUMBUH POSITIF CORONA, Sembuh 5 Orang

Payakumbuh --- Libur akhir pekan atau weekend, Sabtu dan Minggu (24-25/10), kasus positif covid-19, di Kota Payakumbuh masih terjadi. Selama dua hari...

Yola Oksandra Raih Juara 3 Nasional Pemuda Pelopor Bidang Agama, Sosial dan Budaya

Sijunjung, Berita Sumbar-- Yola oksandra, meraih juara 3 ( tiga) Tingkat Nasional Pemuda Pelopor Bidang Agama, Sosial dan Budaya, kata Kadis Parawisata...

Cuaca Ekstrim, Pemko Tata Pohon Pelindung Yang Berpotensi Tumbang Dan Patah

Payakumbuh --- Petugas kebersihan dinas lingkungan hidup Kota Payakumbuh tampak membenahi beberapa pohon pelindung yang ada di sepanjang Jalan Soekarno Hatta. Upaya...

Hari Pertama OPS Zebra Singgalang 2020,Satlantas Polres Tanah Datar Temukan 30 pelanggaran Ranmor

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Hari Pertama Laksanakan Operasi Zebra Singgalang,Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Tanah Datar temukan dan mengamankan 30 Pelanggaran kendaraan bermotor, Selasa...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Tanah Datar Selalu Imbau Pengunjung Pasar Batusangkar Gunakan Masker

Tanah Datar, www.beritasumbar.com- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres tanah Datar selalu mengimbau pengunjung Pasar Batusangkar agar tetap memakai masker, guna mencegah penyebaran...

Polres Limapuluh Kota Berhasil Mengamankan Dua Tersangka yang Miliki 135 Paket Besar Ganja

Limapuluh Kota, www.beritasumbar.com - Kepolisian Resor (Polres) Limapuluh Kota berhasil mengamankan dua tersangka penyalahgunaan narkotika berinisial RS dan YFA yang miliki 135...

Bawaslu Limapuluh Kota Telah Keluarkan Enam Peringatan Selama Masa Kampanye

Limapuluh Kota, BeritaSumbar - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota telah mengeluarkan enam peringatan tertulis kepada calon yang maju dalam Pilkada...

Peringati Sumpah Pemuda, Kodim 0310/SSD Gelar Penegakan Protokol Kesehatan

Sijunjung, www.beritasumbar.com - Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-92 tahun 2020 jajaran Komando Distrik Militer (KODIM) 0310/SSD menggelar penegakan disiplin protokol kesehatan kepada...
- Advertisement -