27 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Komnas HAM: Laporan Kekerasan Anak Sumbar Menurun
K

Kategori -

Padang – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Perwakilan Sumatera Barat mengatakan bahwa laporan kejahatan seksual terhadap anak yang diterima pihaknya cenderung menurun dibandingkan 2014.

“Jumlah laporan atas kejahatan yang berkaitan dengan anak pada 2015 sebanyak lima kasus, dua di antaranya kejahatan seksual. Cenderung menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Ketua Komnas HAM Sumbar Sultanul Arifin, di Padang, Selasa.

Dimana pada 2014, katanya, pihaknya menerima sebanyak 19 kasus terhadap anak, enam di antara kasus itu adalah kejahatan seksual.

Hanya saja, ia mengatakan data 2015 tersebut belum merupakan data akhir, karena data diambil dari Januari-September. Data tersebut pun tidak sama dengan komisi ataupun LSM yang lain.

“Tidak tertutup kemungkinan akan bertambah, karena sebelum 2015 berakhir masih tersisa Oktober, November, dan Desember. Namun kami berharap data yang ada saat ini tidak bertambah hingga akhir tahun,” ujarnya.

Ia menyebutkan, dua kasus kejahatan seksual pada 2015 adalah perbuatan pencabulan yang terjadi di Kota Padang, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sedangkan enam kasus 2014 terdiri dari pencabulan, dan pemerkosaan.

Dijelaskannya, yang termasuk dalam kejahatan terhadap anak selain kekerasan seksual, adalah kekerasan fisik, penganiayaan emosional, dan penelantaran.

Sultanul mengatakan, dalam menindaklanjuti laporan pihaknya melakukan koordinasi dengan instansi terkait, hingga pelapor mengatakan selesai.

“Misalkan terhadap pencabulan anak pihak keluarga merasa proses hukum terhadap tersangka lama, maka kami berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Kemudian menerima klarifikasi untuk disampaikan kepada pihak keluarga, jika keluarga mengatakan cukup, maka pendampingan Komnas HAM selesai, jika tidak akan terus dilanjutkan,” jelasnya.

Ia mengimbau, pengawasan terhadap anak dilakukan secara maksimal oleh orang tua sebagai tindakan pencegahan. Terutama pengawasan terhadap lingkungan, pergaulan, dan perubahan sikap para anak.

“Jangan ada jarak antara orang tua dengan anak, sehingga anak dapat merasa dekat dan dapat dengan mudah terbuka tentang apa saja yang dialaminya,” katanya.

Sebelumnya, salah satu kasus kejahatan seksual terhadap anak yang sempat mencuat dari Sumatera Barat pada 2014 adalah yang dialami siswi MTs Muhammadiyah Kubang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluhkota NPD (14). Kasus itu telah divonis oleh hakim pengadilan negeri setempat. (Ant/Altas Maulana)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.
- Advertisement -

BPC. HIPMI Pessel Periode 2021 – 2024 dilantik

Para pengusaha muda di Kabupaten Pesisir Selatan diajak untuk lebih bersatu lagi dalam suatu wadah atau organisasi. Ini diperlukan untuk lebih memproteksi para pengusaha muda hingga meningkatkan kompetensinya.

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.
- Advertisement -

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -