28 C
Padang
Kamis, September 16, 2021
Beritasumbar.com

Komnas HAM: Laporan Kekerasan Anak Sumbar Menurun
K

Kategori -

Padang – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Perwakilan Sumatera Barat mengatakan bahwa laporan kejahatan seksual terhadap anak yang diterima pihaknya cenderung menurun dibandingkan 2014.

“Jumlah laporan atas kejahatan yang berkaitan dengan anak pada 2015 sebanyak lima kasus, dua di antaranya kejahatan seksual. Cenderung menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Ketua Komnas HAM Sumbar Sultanul Arifin, di Padang, Selasa.

Dimana pada 2014, katanya, pihaknya menerima sebanyak 19 kasus terhadap anak, enam di antara kasus itu adalah kejahatan seksual.

Hanya saja, ia mengatakan data 2015 tersebut belum merupakan data akhir, karena data diambil dari Januari-September. Data tersebut pun tidak sama dengan komisi ataupun LSM yang lain.

“Tidak tertutup kemungkinan akan bertambah, karena sebelum 2015 berakhir masih tersisa Oktober, November, dan Desember. Namun kami berharap data yang ada saat ini tidak bertambah hingga akhir tahun,” ujarnya.

Ia menyebutkan, dua kasus kejahatan seksual pada 2015 adalah perbuatan pencabulan yang terjadi di Kota Padang, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sedangkan enam kasus 2014 terdiri dari pencabulan, dan pemerkosaan.

Dijelaskannya, yang termasuk dalam kejahatan terhadap anak selain kekerasan seksual, adalah kekerasan fisik, penganiayaan emosional, dan penelantaran.

Sultanul mengatakan, dalam menindaklanjuti laporan pihaknya melakukan koordinasi dengan instansi terkait, hingga pelapor mengatakan selesai.

“Misalkan terhadap pencabulan anak pihak keluarga merasa proses hukum terhadap tersangka lama, maka kami berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Kemudian menerima klarifikasi untuk disampaikan kepada pihak keluarga, jika keluarga mengatakan cukup, maka pendampingan Komnas HAM selesai, jika tidak akan terus dilanjutkan,” jelasnya.

Ia mengimbau, pengawasan terhadap anak dilakukan secara maksimal oleh orang tua sebagai tindakan pencegahan. Terutama pengawasan terhadap lingkungan, pergaulan, dan perubahan sikap para anak.

“Jangan ada jarak antara orang tua dengan anak, sehingga anak dapat merasa dekat dan dapat dengan mudah terbuka tentang apa saja yang dialaminya,” katanya.

Sebelumnya, salah satu kasus kejahatan seksual terhadap anak yang sempat mencuat dari Sumatera Barat pada 2014 adalah yang dialami siswi MTs Muhammadiyah Kubang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluhkota NPD (14). Kasus itu telah divonis oleh hakim pengadilan negeri setempat. (Ant/Altas Maulana)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kadisdik Pasaman Barat jadi Narasumber Webinar Kemenkominfo

Pasaman Barat ,BeritaSumbar.com,— Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo RI) kembali menggelar Literasi Digital di Kabupaten Pasaman Barat, Rabu 18 Agustus 2021 lalu. Agenda itu dihelat secara virtual dalam sebuah webinar dengan narasumber berkompeten.
- Advertisement -

Reido Deskumar Pimpin Gema Keadilan Sumatera Barat : Sumatera Barat Adalah Otaknya Indonesia

Padang,BeritaSumbar.com,- Gema Keadilan (GK) Sumatera Barat melaksanakan pelantikan Ketua dan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Periode 2021-2026. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual.

Pemko Bukittinggi Goro Bersama Bersihkan Gorong-Gorong Pasar Bawah

Bukittinggi, beritasumbar.com - Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi menggelar aksi gotong-royong (goro) bersama masyarakat pedagang Pasar Bawah membersihkan gorong-gorong disekitar pasar tersebut, Kamis (16/9/2021). "Seluruh Kepala...
- Advertisement -

Sonsong Porprov 2022 , KONI 50 Kota Akan Gelar Rakor

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Meski pun Pekan Olahraga Propinsi (Porpov) Sumatera Barat akan ditabuh tahun 2022 mendatang, namun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota sudah memasang ancang-ancang untuk bisa tampil sukses pada ajang olahraga dua tahunan yang akan dilaksanakan di Kota Pariaman 2022 mendatang.

DPC Gerindra Sijunjung Gelar Vaksin

Sijunjung, Berita Sumbar--Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kabupaten Sijunjung melaksanakan vaksin sinovac di pada Selasa (14/9) di kantor DPC Partai Gerindra Kabupaten Sijunjung untuk 260 vaksin. Sedangkan untuk 13 lokasi (tiga belas) lagi dilaksanakan mulsi dari tanggal 16 sampai 18 September ini, kata Ketua DPC Gerindra Kabupaten Sijunjung Drs. Syahril Syamra di kantor Gerindra Muaro Sijunjung, Senin (13/9).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -