Pengurus dan anggota Kelompok Ternak (Keltan) Tegar Mandiri Kelurahan Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, berbahagia sepanjang Kamis (12/9). Pasalnya, seekor induk sapi simental mereka melahirkan anak kembar yang sehat-sehat, hari itu. Kadis Pertanian Payakumbuh Ir. Mediar Indra bersama petugas teknis petugas teknis reproduksi ternak, Syafrizal, S.ST dan Arifnal.

 

 

 

“Kita senang menyaksikan sapi Keltan Tegar Mandiri itu lahir kembar. Harapan kita, dengan pembibitan yang baik, mudah-mudahan banyak induk sapi yang lahir kembar,” kataMediar Indra.

 

 

 

Menurutnya, Bidang Peternakan Dinas Pertanian Payakumbuh, terus mendorong petani peternak menggunakan bibit sapi (IB) yang bermutu yang bersertifikasi. Program pemakaian bibit sapi itu, akan memudahkan petugas di lapangan memantau kesehatan sapi yang tengah berbadan dua. Program pembibitan sapi ini, juga akan menjadi ketersediaan sapi dalam memacu swasembada daging pada tahun 2014 nanti, ungkap Mediar.

 

 

 

Di bagian lain, dikatakan, Dinas Pertanian juga mengajak petani peternak mengembangkan program embrio transfer. Program ini, semacam bayi tabung, yang cukup berhasil meningkatkan angka kelahiran ternak yang sehat, sebutnya.

 

 

 

Ketua Keltan Tegar Mandiri A. Dt. Sindo yang dihubungi, membenarkan, kalau seeokar induk simentalnya melahirkan anak kembar. “Kami sangat bahagia, dianugerahi Allah SWT sapi kembar betina yang sehat,” katanya. Menurutnya, bibit yang dapakai IB bersertifikasi yang dikeluarkan Balai Pembibitan Sumbar yang ada di Kelurahan Ibuah, Payakumbuh Barat. Keltan Tegar Mandiri dengan 16 anggota, sekarang ini punya 202 ekor sapi.

loading...