Rombongan Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat dibawah pimpinan Ny. Hj. Ida Muslim Kasim melakukan pembinaan dan tampil sebagai nara sumber dalam kegiatan bimbingan teknis tahun 2013 kepada Pengurus dan anggota PKK Kota Payakumbuh. Kegiatan bimtek itu berlangsung di aula Kantor TP-PKK, Kamis (12/9). Turut hadir dalam acara tersebut, Walikota Payakumbuh diwakili Staf Ahli Walikota, Drs. Edvianus dan Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh, Ny. Dr. Henny Riza Falepi.

 

Dalam sambutannya, Walikota Payakumbuh diwakili staf ahli Walikota Drs. Edvianus mengucapkan selamat datang kepada rombongan Tim Penggerak PKK Provinsi dan menyebutkan bahwa PKK merupakan mitra pemerintah dalam pembangunan. Peran perempuan dalam mendukung suami sangatlah penting. Untuk itu diharapkan perlu adanya keseimbangan tugas dan peran istri. Disamping itu, program PKK hendaknya sesuai dengan visi dan misi pemerintah Kota Payakumbuh.

 

 

 

Sementara itu, Ida Muslim Kasim Wakil Ketua PKK Provinsi Sumatera Barat menyampaikan TP-PKK harus peka terhadap perkembangan zaman dan tantangan globalisasi serta mampu mengambil langkah pro aktif melalui pengembangan dan pelaksanaan kegiatan PKK sesuai dengan 10 program pokok PKK. Dan dengan ikhlas bersungguh-sungguh serta berkesinambungan melakukan berbagai kegiatan sampai ke tingkat kelompok Dasawisma.

 

 

 

Ditambahkan Ida Muslim Kasim dalam melaksnakan gerakan PKK, yang paling utama harus dilakukan adalah bagaimana dapat memperkuat kelembagaan Gerakan PKK sampai ke kelompok Dasawisma, karena dengan kelembagaan yang kuat maka program-program dan kegiatan dapat digerakkan dan dilaksanakan dengan baik.

 

 

 

Pada kunjungan pembinaan ini, Tim membagi peserta menjadi beberapa kelompok yang terbagi dalam POKJA-POKJA serta kesekretariatan PKK. Setelah dilakukan pembinaan dan Bimbingan Teknis oleh TP PKK Provinsi maka dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke kelurahan Binaan TP-PKK Kota Payakumbuh yaitu PKK Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat.

 

 

 

Sementara, Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi, melaporkan, kegiatan TP-PKK di Payakumbuh cukup berkembang pesat. TP-PKK Payolansek yang menjadi objek kunjungan, merupakan salah satu di antara PKK yang menonjol di Payakumbuh dan dipersiapkan untuk lomba gerak PKK mencakup 10 program pokok PKK dan kelembagaan. .

 

 

 

Di kelurahan ini, ibu-ibu PKK sudah punya lahan tanaman pekarangan dengan multi tanaman yang memberikan kontribusi terhadap pendapatan keluarga. Seluruh kaum hawa di Payolansek, saling berpacu memanfaatkan lahan-lahan pekarangan, di antaranya sayuran dan cabe Kopay.

loading...