25.4 C
Padang
Jumat, Januari 22, 2021
Beritasumbar.com

Janganlah Menjadi Budak Mode
J

Kategori -

Penulis: Irma Shalimar (Irma Shalimar graduated from Brigham Young University-Idaho with a Bachelor Degree in English Literature)

Sebagai wanita Anda gemar berdandan, Anda senang dibilang modis dan Anda rajin mengikuti perkembangan zaman. Anda belajar cara berdandan dari majalah kesayangan Anda, dari selebriti favorit Anda dan dari internet. Banyak orang mengajarkan cara merias muka, mengatur rambut di YouTube dan situs-situs lainnya. Tetapi apakah dandanan Anda sesuai dengan diri Anda? Jangan-jangan orang yang melihat Anda bukannya memuji tetapi tertawa dalam hati. Periksalah cara Anda berdandan melalui petunjuk-petunjuk di bawah ini.

Usia

Usia memegang peranan penting dalam berdandan. Anda boleh saja memiliki badan yang langsing, tinggi semampai, tetapi bila Anda sudah berusia di atas 40 dan Anda masih berdandan seperti remaja centil, orang akan geleng-geleng kepala. Bayangkan bila Anda sendiri melihat seseorang yang dari belakang Anda kira gadis remaja karena dia memakai sepatu ‘skets’, rok super mini dan kaos yang memang sengaja dibuat berlubang-lubang, tetapi ketika dia menoleh Anda melihat kerut-kemerut di pinggir matanya yang menandakan bahwa dia sudah lama tidak remaja lagi. Anda mungkin agak kaget dan merasa sedikit “tertipu.”

Berdandanlah sesuai dengan usia Anda, jangan mengikuti mode hanya karena waktu Anda muda tidak ada mode seperti itu. Bukan berarti bila Anda sudah berusia 50 ke atas Anda harus selalu memakai rok semata kaki. Boleh-boleh saja memakai rok mini asalkan tidak keterlaluan pendeknya, satu sampai tiga senti di atas lutut masih pantas, itu pun kalau kaki Anda tidak seperti kaki gajah. Tentu lebih aman lagi kalau Anda memakai celana panjang yang tidak terlalu ketat. Anda boleh memakai legging yang sedang menjamur sekarang ini, tapi ingat pakailah baju yang panjangnya menutupi pantat.

Rias wajah

Betapa pun indahnya tata rias wajah Anda tetapi bila terlalu tebal Anda akan tampak seperti tante girang. Kecuali Anda seorang selebriti yang memang ingin selalu tampak keren untuk difoto para reporter. Yang paling baik ialah memakai tata rias seminim mungkin untuk sehari-hari, yaitu alas dasar, bedak, lipstik, pensil alis. Sedangkan untuk kesempatan istimewa seperti ke pesta Anda dapat menambahkan bayang-bayang mata, maskara, bahkan bulu mata palsu dan pemerah pipi.

Warna kulit

Sementara orang ada yang dikarunia kulit kuning langsat, banyak orang memiliki warna kulit sawo matang. Selain itu ada perbedaan persepsi antara orang Barat dan orang Timur. Di Eropa atau Amerika Utara, di mana kebanyakan orang cuma menikmati panas matahari selama tiga bulan, kulit yang terlalu pucat dianggap tidak menarik. Dengan segala cara, berjemur di bawah sinar matahari atau disemprot dengan cat kulit, orang-orang membuat warna kulit mereka coklat. Sebaliknya di Asia di mana matahari menyorot sepanjang tahun, kaum wanita terutama ingin menjaga agar kulit mereka seputih mungkin.

Warna baju dan tata rias Anda sebaiknya disesuaikan dengan warna kulit Anda. Tidak jarang kita melihat wanita yang wajahnya putih karena rias muka tetapi lehernya coklat. Atau wanita yang memakai baju merah menyala sedangkan kulitnya legam. Pedoman sederhana untuk memadu warna baju dengan kulit Anda: bila kulit Anda pucat pakailah warna terang atau gelap untuk lebih menghidupkan suasana. Jangan memakai warna pastel seperti merah muda, biru muda atau kuning muda. Sebaliknya bila kulit Anda sawo matang pakailah warna pastel untuk memperlembutnya atau warna kuning cerah, kuning emas untuk kontras.

Pendeknya Anda tidak ingin meninggalkan kesan murahan dengan dandanan yang sembarangan. Selera memang tidak bisa dibeli tetapi bisa dipelajari.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).
- Advertisement -

Buntut Tertangkapnya Pembunuh OK, Warga Tanjung Gadang Datangi Mapolres

Buntut dari penangkapan tersangka pembunuhan Ok, Warga Nagari Tanjung Gadang mendatangi Mapolres Sijunjung, Rabu (20/1).

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...
- Advertisement -

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman melaksanakan aksi sosial peduli terhadap korban banjir Solok. Kegiatan aksi sosial itu dilaksanakan di jalan protokol Kota Pariaman, Senin, 18 Januari 2021.

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -