23 C
Padang
Kamis, April 22, 2021
Beritasumbar.com

Janganlah Menjadi Budak Mode
J

Kategori -

Penulis: Irma Shalimar (Irma Shalimar graduated from Brigham Young University-Idaho with a Bachelor Degree in English Literature)

Sebagai wanita Anda gemar berdandan, Anda senang dibilang modis dan Anda rajin mengikuti perkembangan zaman. Anda belajar cara berdandan dari majalah kesayangan Anda, dari selebriti favorit Anda dan dari internet. Banyak orang mengajarkan cara merias muka, mengatur rambut di YouTube dan situs-situs lainnya. Tetapi apakah dandanan Anda sesuai dengan diri Anda? Jangan-jangan orang yang melihat Anda bukannya memuji tetapi tertawa dalam hati. Periksalah cara Anda berdandan melalui petunjuk-petunjuk di bawah ini.

Usia

Usia memegang peranan penting dalam berdandan. Anda boleh saja memiliki badan yang langsing, tinggi semampai, tetapi bila Anda sudah berusia di atas 40 dan Anda masih berdandan seperti remaja centil, orang akan geleng-geleng kepala. Bayangkan bila Anda sendiri melihat seseorang yang dari belakang Anda kira gadis remaja karena dia memakai sepatu ‘skets’, rok super mini dan kaos yang memang sengaja dibuat berlubang-lubang, tetapi ketika dia menoleh Anda melihat kerut-kemerut di pinggir matanya yang menandakan bahwa dia sudah lama tidak remaja lagi. Anda mungkin agak kaget dan merasa sedikit “tertipu.”

Berdandanlah sesuai dengan usia Anda, jangan mengikuti mode hanya karena waktu Anda muda tidak ada mode seperti itu. Bukan berarti bila Anda sudah berusia 50 ke atas Anda harus selalu memakai rok semata kaki. Boleh-boleh saja memakai rok mini asalkan tidak keterlaluan pendeknya, satu sampai tiga senti di atas lutut masih pantas, itu pun kalau kaki Anda tidak seperti kaki gajah. Tentu lebih aman lagi kalau Anda memakai celana panjang yang tidak terlalu ketat. Anda boleh memakai legging yang sedang menjamur sekarang ini, tapi ingat pakailah baju yang panjangnya menutupi pantat.

Rias wajah

Betapa pun indahnya tata rias wajah Anda tetapi bila terlalu tebal Anda akan tampak seperti tante girang. Kecuali Anda seorang selebriti yang memang ingin selalu tampak keren untuk difoto para reporter. Yang paling baik ialah memakai tata rias seminim mungkin untuk sehari-hari, yaitu alas dasar, bedak, lipstik, pensil alis. Sedangkan untuk kesempatan istimewa seperti ke pesta Anda dapat menambahkan bayang-bayang mata, maskara, bahkan bulu mata palsu dan pemerah pipi.

Warna kulit

Sementara orang ada yang dikarunia kulit kuning langsat, banyak orang memiliki warna kulit sawo matang. Selain itu ada perbedaan persepsi antara orang Barat dan orang Timur. Di Eropa atau Amerika Utara, di mana kebanyakan orang cuma menikmati panas matahari selama tiga bulan, kulit yang terlalu pucat dianggap tidak menarik. Dengan segala cara, berjemur di bawah sinar matahari atau disemprot dengan cat kulit, orang-orang membuat warna kulit mereka coklat. Sebaliknya di Asia di mana matahari menyorot sepanjang tahun, kaum wanita terutama ingin menjaga agar kulit mereka seputih mungkin.

Warna baju dan tata rias Anda sebaiknya disesuaikan dengan warna kulit Anda. Tidak jarang kita melihat wanita yang wajahnya putih karena rias muka tetapi lehernya coklat. Atau wanita yang memakai baju merah menyala sedangkan kulitnya legam. Pedoman sederhana untuk memadu warna baju dengan kulit Anda: bila kulit Anda pucat pakailah warna terang atau gelap untuk lebih menghidupkan suasana. Jangan memakai warna pastel seperti merah muda, biru muda atau kuning muda. Sebaliknya bila kulit Anda sawo matang pakailah warna pastel untuk memperlembutnya atau warna kuning cerah, kuning emas untuk kontras.

Pendeknya Anda tidak ingin meninggalkan kesan murahan dengan dandanan yang sembarangan. Selera memang tidak bisa dibeli tetapi bisa dipelajari.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Chairul Anwar Kunjungi Balai Wartawan Luak Limopuluah

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pilkada Kota Payakumbuh tidak jadi dihelat tahun depan. Pilkada Serentak baru akan digelar tahun 2024 mendatang. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat para kandidat yang ingin maju di pilkada Kota Payakumbuh mendatang untuk sosialisasi.
- Advertisement -

Satlantas Polres Pariaman Amankan pelaku Balap Liar

Pariaman, beritasumbar.com,-Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pariaman kembali amankan puluhan kendaraan roda dua yang ditunggangi para Anak Baru Gede (ABG) yang hendak melakukan aksi balap liar di kawasan By Pass Kota Pariaman,Sabtu (malam) 17/4/2021.

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...
- Advertisement -

Lagi Patroli, Polsek Pancung Soal Temukan Warga Asyik Main Judi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Anggota Polsek Pancung Soal saat itu sedang melaksanakan patroli mendapatkan beberapa orang sedang asik bermain judi song atau remi disebuah warung. Tiga pelaku berhasil kabur sedangkan 2 pelaku ditangkap

Bersama Kajati Sumbar, Wako Bersafari Ramadhan Ke masjid Muhsinin

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi bersama rombongan Tim Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat disambut hangat pengurus Masjid dan jamaah Masjid Muhsinin Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur, Sabtu (17/4).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...
- Advertisement -