26 C
Padang
Selasa, April 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Ikuti Lomba Dasawisma Se-Kabupaten, Mahasiswa KKN UNAND Bantu Hiasi Dasawisma Anggrek Korong Kabun Kopi, Lubuk Alung
I

Kategori -
- Advertisement -

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,– Mahasiswa KKN Universitas Andalas (UNAND) Nagari Lubuk Alung melaksanakan gotong royong untuk menghias dan mempercantik taman Dasawisma Anggrek di Korong Kabun Kopi, Nagari Lubuk Alung, Kecamatan Padang Pariaman. Adapun kegiatan ini juga dilaksanakan bersama ibu-ibu dari Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Nagari Lubuk Alung. Bukan tanpa alasan, kegiatan goro taman dasawisma Anggrek ini bertujuan mempersiapkan dasawisma untuk diperlombakan dan dinilai selama bulan Agustus. Hal ini karena, dasawisma Korong Kabun Kopi akan diseleksi menjadi perwakilan Nagari Lubuk Alung di Lomba Dasawisma tingkat Kabupaten/Kota Sumatera Barat.

Adapun Ketua Kelompok KKN UNAND Nagari Lubuk Alung, Vedro Satria Wardana mengaku meski kegiatan goro dirampungkan dalam satu hari, namun untuk persiapan sendiri telah dimulai sejak lama.

“Untuk persiapan goro dasawisma sendiri membutuhkan waktu sekitar semingguan, karena ada cukup banyak yang dipersiapkan, mulai dari ide hiasan taman, alat-alat dan perlengkapan yang dibutuhkan, jadi memang saat goro ke dasawisma, kami maksimalkan selesai dalam satu hari,” jelas Vedro.

Kelompok KKN UNAND yang dibimbing oleh Drs. Yoserizal, M. Si, ini pun berhasil memperindah taman dasawisma Anggrek yang sebelumnya sempat terbengkalai, hingga akhirnya berkontribusi membawa taman dasawisma untuk maju dalam perlombaan tingkat Kabupaten. Adapun penilaian dasawisma sendiri dimulai dari awal bulan Agustus hingga pertengahan Agustus lalu.

“Penilaian taman dasawisma dimulainya di bulan Agustus, tepatnya awal Agustus hingga pertengahan Agustus lalu. Namun, sayangnya pada pengumuman akhir Agustus lalu, dasawisma Anggrek tidak berhasil masuk kategori, karena memang dasawisma yang dipilih terbatas dan persaingannya cukup ketat,” ungkap Yurmita, Sekretaris PKK Nagari Lubuk Alung, saat diwawancarai Selasa, (29/8/2023).

Meski akhirnya dasawisma Anggrek tidak masuk kategori dan tidak keluar menjadi pemenang, namun warga sekitar turut berterimakasih kepada mahasiswa KKN UNAND karena kembali menghidupkan dasawisma Anggrek. Mewakili masyarakat, Sekretaris PKK, Yurmita juga mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap mahasiswa-mahasiswa KKN UNAND dan berharap semoga bantuan dari mahasiswa UNAND setidaknya dapat kembali menumbuhkan semangat warga untuk sama-sama menjaga dasawisma.

“Saya sangat berterimakasih kepada adik-adik KKN, karena mau meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk menghiasi kembali taman dasawisma Anggrek di Kabun Kopi, yang memang sebelumnya lama tak terawat. Saya juga berharap dengan adanya kegiatan goro adik-adik KKN, dapat menumbuhkan semangat warga sekitar untuk seterusnya sama-sama menjaga taman dasawisma Anggrek,” ungkap Yurmita.

Ketua Kelompok KKN UNAND Nagari Lubuk Alung, Vedro pun berharap semoga adanya kegiatan goro dasawisma ini dapat menjadi kontribusi kecil bagi masyarakat, dalam pengimplementasian salah satu aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat.

Penulis : Muhammad Issamuddin Mahasiswa Ilmu Sejarah, Universitas Andalas
& Drs. Yoserizal, M. Si, (dosen Pembimbing)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img